Sukses

Meski Rasanya Asam, Ada 6 Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan

Suka makan strawberry? Ternyata ada banyak manfaatnya untuk kesehatanmu, lho.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak menyukai manis dan asamnya buah strawberry? Apalagi paling enak dikonsumsi saat dingin dan di cuaca panas seperti sekarang ini.

Namun, tahukah Anda kalau buah strawberry juga banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Seperti kaya antioksidan, vitamin C, dan nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh, semisalnya serat dan asam folat.

Buah-buahan ini termasuk dalam famili Rosaceae, atau mawar, yang meliputi apel, pir, ceri, almond, dan rasberi. Melansir dari Health, Selasa (13/8/2024), berikut ini manfaat utama strawberry bagi kesehatan.

Selain itu, ada juga beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menambahkannya ke dalam makanan Anda:

1. Kaya akan Antioksidan

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa strawberry memang kaya akan antioksidan. Untuk yang belum tahu, antioksidan sendiri adalah molekul yang ada di dalam tubuh dan ditemukan dalam makanan nabati yang menangkal stres oksidatif.

Stres oksidatif terjadi ketika ada lebih banyak radikal bebas di dalam tubuh tetapi lebih sedikit antioksidan yang tersedia untuk menghilangkannya. Maka, dengan mengurangi stres oksidatif dan kerusakan jaringan, antioksidan dapat membantu mengurangi risiko-risiko Anda agar tidak terkena beberapa penyakit kronis seiring berjalannya waktu.

Strawberry mengandung banyak antioksidan, termasuk antosianin (yang memberi warna cerah pada buah beri) dan vitamin C.

2. Rendah Gula

Strawberry relatif lebih rendah kadar gula alami fruktosanya dibandingkan buah lainnya. Misalnya, satu cangkir anggur dapat mengandung 23 gram (g) gula alami, sedangkan satu cangkir strawberry mengandung sekitar 7 g gula alami.

Jika tujuan Anda adalah menurunkan asupan gula karena kondisi medis seperti resistensi insulin, penyakit hati berlemak non-alkohol, atau diabetes tipe 2, memilih buah rendah gula seperti beri dapat membantu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mendukung Kesehatan Sistem Kekebalan Tubuh

Secangkir strawberry menyediakan 100% kebutuhan vitamin C harian Anda. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang mendukung sel-sel sistem kekebalan tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C mendorong proliferasi sel T dan B.4 yang merupakan sel darah putih dan membantu melawan penyerang penyebab penyakit, termasuk virus, bakteri, dan bahkan kanker.

Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C juga dikaitkan dengan risiko lebih rendah terhadap kondisi kesehatan umum seperti katarak dan penyakit kardiovaskular.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Antioksidan yang ditemukan dalam strawberry juga mendukung kesehatan jantung. Sebuah studi epidemiologi besar melaporkan hubungan terbalik antara konsumsi antosianin dan risiko serangan jantung di kalangan wanita muda dan setengah baya.

Para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari tiga porsi buah beri setiap minggu memiliki risiko serangan jantung yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang lebih jarang mengonsumsi buah tersebut.

Perlu dicatat bahwa studi observasional tidak dapat menetapkan hubungan sebab akibat, dan wanita yang mengonsumsi lebih banyak makanan kaya antioksidan, seperti strawberry, mungkin juga lebih cenderung menjalani gaya hidup yang lebih sehat secara keseluruhan yang mengurangi risiko serangan jantung.

3 dari 4 halaman

5. Dapat Melindungi dari Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada strawberry dapat membantu menurunkan risiko kanker. Meskipun mekanisme pastinya masih belum jelas, para peneliti menyarankan bahwa antioksidan alami buah ini dapat meminimalkan peradangan yang disebabkan oleh kanker dan menghambat penyebaran sel kanker dalam tubuh.

6. Kaya akan Folat

Strawberry merupakan sumber folat yang baik, yang juga dikenal sebagai vitamin B9. Folat diperlukan untuk reaksi-reaksi utama, termasuk sintesis DNA dan pemecahan asam amino, bahan penyusun protein.

Vitamin B juga penting untuk perkembangan tabung saraf yang sehat selama awal kehamilan, yang menjadi alasan mengapa vitamin ini menjadi salah satu nutrisi terpenting dalam vitamin prenatal.

Vitamin B9 yang terdapat secara alami dalam makanan disebut folat. Vitamin B9 sintetis, atau buatan manusia (jenis yang ditemukan dalam suplemen) disebut asam folat. Hanya satu cangkir strawberry menyediakan hampir 10% dari kebutuhan folat harian Anda.

4 dari 4 halaman

Tips Menambahkan Strawberry ke Dalam Diet Anda

Strawberry segar paling baik dikonsumsi saat musimnya. Membeli strawberry beku selama bulan-bulan musim dingin merupakan cara yang bermanfaat untuk menikmati buah yang padat nutrisi ini sepanjang tahun, tanpa menghabiskan banyak uang.

  • Beri segar apa pun dapat cepat rusak, jadi pastikan untuk menyimpan strawberry dengan benar. Berikut beberapa kiatnya:
  • Keluarkan beri dari kemasan plastiknya dan simpan di lemari es dalam wadah kedap udara yang dilapisi tisu dapur.
  • Pastikan wadahnya cukup besar sehingga beri tidak saling menumpuk. Jika Anda tidak memiliki wadah sebesar ini, cukup simpan beri di dalam lemari es di atas piring yang dilapisi tisu dapur.
  • Jangan cuci strawberry hingga tepat sebelum Anda berencana memakannya. Membiarkan beri berada di sekitar dengan kelembapan berlebih dapat mempercepat perkembangan jamur.

Nikmati strawberry saat makan dan camilan dengan:

  • Menambahkannya ke sarapan bergizi seperti mangkuk oatmeal dan yogurt
  • Mencampurnya menjadi smoothie
  • Menggunakannya di atas roti panggang beraroma, seperti sepotong roti sourdough yang diberi keju ricotta, irisan strawberry, dan sedikit cuka balsamic
  • Memanaskannya di atas kompor dengan jus lemon dan gula atau sirup maple untuk membuat 'selai' buatan sendiri yang sederhana
  • Menambahkannya ke makanan manis, seperti panekuk dan muffin
  • Menambahkannya ke salad hijau untuk memberi semburat warna

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.