Sukses

5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Anda Kehilangan Massa Otot

Jika Anda kehilangan massa otot, Anda mungkin melakukan beberapa kebiasaan buruk ini dalam rutinitas harian Anda

Liputan6.com, Jakarta Seperti sudah menjadi sebuah fakta umum, bahwa seiring bertambahnya usia, maka massa otot seseorang akan berkurang. Oleh karenanya, mengapa sangat penting untuk mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam rutinitas harian Anda.

Terlebih bagi Anda yang memang sedang berusaha untuk berolahraga dan membentuk massa otot. Maka, artikel ini penting sekali untuk Anda baca.

Dilansir dari Eat This, Not That!, Selasa (13/8/2024), Antonio Reyes, pelatih utama untuk Body Fit Training, akan menguraikan beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan Anda kehilangan massa otot. Berikut penjelasannya.

"Ketika banyak dari kita memulai perjalanan kebugaran untuk pertama kalinya atau yang lain yang sudah mantap menjalaninya, sering kali kita dapat melakukan hal-hal yang, disadari atau tidak, dapat menggagalkan kemajuan kita," kata Reyes kepada.

"Lakukan sesuatu cukup sering, dan itu akan segera menjadi kebiasaan. Sudah terdokumentasi dengan baik dan lebih umum dipahami bahwa membangun dan menjaga lean tissue (otot) sangat penting untuk kinerja, kesehatan, dan kualitas hidup. Banyak dari Anda yang pergi ke pusat kebugaran, mengikuti kelas strength, dan melakukan semua yang diperlukan untuk membangun dan menjaga otot."

Untuk membantu menjaga "massa otot dalam tahap pembentukan" Anda, Reyes menyebutkan lima kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan Anda kehilangan massa otot. Ia juga membagikan beberapa kiat terbaiknya untuk membantu Anda mempertahankan lean tissue seiring bertambahnya usia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tidak mengonsumsi cukup protein

Sederhana saja, protein sangat penting jika Anda ingin membangun dan mempertahankan otot. Namun, apakah Anda cukup mengonsumsinya dalam diet mingguan Anda?

Reyes mengemukakan, "Aturan praktis yang baik adalah 80% dari berat badan [Anda] (diukur dalam pon) dalam gram protein per hari. Gunakan itu sebagai titik awal dan jadilah konsisten."

2. Mengonsumsi terlalu banyak protein

Terlalu banyak hal apa pun tidak akan pernah menjadi hal yang baik, dan protein pun tidak terkecuali. Jika Anda mengonsumsi protein secara berlebihan, protein akan "menggantikan" zat gizi makro penting lainnya.

"Tetaplah berpegang pada pedoman pada poin pertama di atas," saran Reyes. "[Anda] dapat mengonsumsi hingga 100% hingga 120% dari berat badan [Anda] dengan asumsi bahwa Anda melakukan latihan beban dengan volume yang sangat tinggi."

3 dari 4 halaman

3. Tidak minum cukup air putih

Anda mungkin tidak tahu ini, tetapi otot terdiri dari banyak air dan membutuhkan air agar tetap sehat.

Reyes menjelaskan, "Mekanisme rasa haus tubuh tertunda. Pada saat Anda haus, Anda sudah mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, mengandalkan rasa haus sebagai ukuran hidrasi agak tidak akurat."

Rencanakan untuk minum air dalam jumlah yang cukup sepanjang hari. Misalnya, minum delapan ons setiap dua jam adalah rencana yang bagus.

Ukuran yang pasti adalah memperhatikan warna urin Anda. Jika warnanya bening hingga kuning muda, berarti Anda mendapat cukup air. Jika warnanya kuning tua, berarti Anda mengalami dehidrasi dan perlu minum lebih banyak air.

4 dari 4 halaman

4. Tidak memiliki rutinitas latihan yang progresif

Untuk membangun otot dan mempertahankannya, Anda harus menantang diri sendiri. Ada banyak cara untuk mencapainya, termasuk menambah beban, melakukan lebih banyak repetisi, mengganti latihan, mengubah kecepatan, dan banyak lagi.

Reyes mengemukakan, "Terlepas dari bagaimana kita memilih untuk menciptakan 'beban progresif' ini, hal itu sangat penting untuk mempertahankan massa otot. Ini adalah satu-satunya stimulus yang akan diterima tubuh Anda sebagai 'mengapa ia harus mempertahankan otot yang sangat mahal untuk dibuat.'

Keluarkan buku catatan dan lacak latihan Anda. Atau, beberapa aplikasi dapat digunakan atau profesional dapat disewa untuk melakukan pemrograman Anda."

5. Jarang memantau komposisi tubuh

Terkadang dalam hidup, apa yang tidak Anda ketahui tidak akan merugikan Anda. Namun, jika menyangkut komposisi tubuh dan penurunan berat badan, Anda perlu mengetahuinya.

"Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda bertambah, berkurang, atau mempertahankannya adalah dengan menilai komposisi tubuh," kata Reyes. "Ada banyak metode dan beberapa lebih baik atau lebih akurat daripada yang lain. Namun, yang penting adalah melakukannya, melakukannya secara teratur (setiap dua hingga empat minggu), dan mencoba melakukannya dalam kondisi yang sama (waktu, kondisi hidrasi, dll.)."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.