Sukses

6 Tanda Anda Memiliki Chemically Bonded dengan Pasangan, Salah Satunya Menyukai Aromanya

Cinta dapat memengaruhi tubuh Anda dengan beberapa cara yang aneh. Termasuk perasaan mengantuk.

Liputan6.com, Jakarta - Jatuh cinta dapat membuatmu merasakan berbagai hal yang luar biasa. Jantung Anda mungkin berdebar kencang setiap kali pasangan Anda berada di dekatnya dan Anda bahkan mungkin merasakan kupu-kupu di perutmu.

Namun, meskipun cinta itu ajaib, cinta didasarkan pada beberapa ilmu pengetahuan yang cukup menarik. Meskipun mungkin terdengar sedikit aneh, Anda dapat terikat secara kimiawi dengan pasangan. Istilah ini dikenal juga dengan chemically bonded, apakah pernah mendengarnya?

Seperti yang dikatakan psikolog berlisensi Danielle Forshee, PsyD kepada Bustle, cinta sangat sulit untuk didefinisikan dan diukur karena sifatnya yang subjektif. Beberapa orang melihat jatuh cinta sebagai fenomena yang sepenuhnya psikologis, tetapi biologi dan zat kimia juga berperan besar di dalamnya.

Misalnya, ketika Anda bertemu seseorang yang sangat Anda sukai, tubuh Anda melepaskan "attraction hormones" seperti serotonin, dopamine, dan norepinephrine. Ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk memberimu perasaan euforia ketika Anda benar-benar menyukai seseorang.

Lalu ada oksitosin, hormon yang terkait dengan pembangunan hubungan, seks, kepercayaan, dan empati, yang dilepaskan ketika pasangan berpelukan, berciuman, atau berpelukan.

"Hormon ini dikaitkan dengan perasaan hangat, menenangkan, dan menyenangkan, meningkatkan ikatan, kesejahteraan, dan cinta, dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa hormon ini dapat menurunkan kecemasan dan stres," kata ahli saraf Dr. Sanam Hafeez kepada Bustle.

"Ketika perasaan bahagia dan tenang muncul selama interaksi fisik ini, perasaan ini menjadi terkait dengan orang tertentu. Oleh karena itu, mungkin sulit untuk tidak merasa chemically bonded dengan penyebab hubungan tersebut."

Bukan rahasia lagi bahwa hubungan asmara dapat memengaruhi tubuhmu dengan berbagai cara. Banyak di antaranya, yang mungkin tidak Anda sadari. Jadi, berikut beberapa tanda bahwa Anda dan pasangan mengalami chemically bonded, menurut sains.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Anda Menyukai Aroma Pasangan

Saat Anda merasakan chemically bonded dengan pasangan, Anda akan terbuai oleh aroma alami mereka. Menurut Phillips, ini adalah feromon, yang menarik Anda ke hadapan pasangan. Itulah yang membantumu menarik satu sama lain sejak awal.

Saat Anda menjalin hubungan, aroma alami pasangan dapat membuat Anda merasa nyaman dan betah.

Seperti yang dikatakan Dr. Navya Mysore, M.D., penyedia layanan kesehatan di One Medical, kepada Bustle, "Saat kita mengenali aroma orang yang kita cintai, ini dapat melepaskan oksitosin, yang merupakan hormon dan neurotransmitter yang terlibat dalam persalinan dan menyusui."

Jadi, zat kimia yang sama yang dilepaskan saat Anda berpelukan, berciuman, atau berhubungan seks, juga dilepaskan saat Anda mencium kaus favorit pasangan.

2. Tidak pernah puas dengan pasangan

Saat Anda sedang jatuh cinta, otak dan tubuh Anda bekerja sama untuk memberikan Anda aliran zat kimia yang "membuat Anda merasa senang."

Menurut seksolog Dr. Jess O'Reilly, norepinephrine memberi Anda "energi yang kuat," serotonin memberi Anda dorongan rasa percaya diri, dan dopamin membuat hampir semua hal yang Anda alami di awal terasa menyenangkan.

"Rasa senang selama fase ini begitu kuat sehingga ketika para peneliti memeriksa aktivasi otak orang-orang yang baru saja jatuh cinta, mereka melihat aktivitas yang mirip dengan otak pengguna kokain," kata Dr. O'Reilly.

Meskipun hal itu tidak berarti Anda menjadi "kecanduan" pada pasanganmu, Anda merasa tidak akan pernah merasa cukup dengan mereka.

3 dari 5 halaman

3. Bertindak tidak rasional bila di dekatnya

Seperti yang mungkin pernah Anda alami, "rasa senang" yang Anda rasakan saat jatuh cinta tidak selalu bertahan lama. Namun, seperti yang dikatakan Dr. O'Reilly, hal itu mungkin bukan hal yang buruk.

Ketika semua hormon yang membuat Anda merasa senang meningkat, ada kecenderungan untuk menjadi tidak rasional.

"Ketika neurotransmiter Anda tidak stabil karena cinta romantis yang baru, suasana hatimu menjadi tidak stabil," katanya.

"Anda tidak selalu membuat keputusan yang paling bijaksana. Karena Anda tergila-gila dan Anda membuat semua keputusan itu berdasarkan objek kasih sayang Anda yang baru, berkilau, dan tampak sempurna ini."

Jadi, jika Anda merasa jatuh cinta membuatmu membuat keputusan yang meragukan, kemungkinan besar Anda terikat secara kimiawi dengan pasanganmu.

4 dari 5 halaman

4. Merasakan perasaan buruk yang dialami pasangan

Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa pasangan yang memiliki hubungan dekat memiliki kadar hormon stres, kortisol, yang sama.

Meskipun studi ini menemukan bahwa hormon pasangan dapat selaras, hal itu belum tentu merupakan hal yang baik dalam kasus ini.

Kortisol adalah hormon stres, jadi ini menunjukkan bahwa saat salah satu pasangan sedang dalam suasana hati yang buruk, pasangan lainnya juga cenderung merasakannya. Faktanya, sebuah studi lanjutan menemukan bahwa pasangan yang kadar kortisolnya selaras memiliki tingkat kepuasan hubungan yang rendah.

Sebaliknya, para peneliti mengatakan bahwa hubungan yang seimbang adalah hubungan di mana salah satu pasangan dapat membantu menenangkan pasangannya saat mereka merasa kewalahan.

5. Dapat "merasakan" rasa sakit pasangan

Ada banyak empati dalam hubungan di mana pasangan saling terikat erat.

"Saat mereka terluka, Anda pun ikut terluka," terapis Dr. Tracey M. Phillips, memberi tahu Bustle. "Terkadang, ini berarti merasakan sakit fisik yang dirasakan pasangan Anda."

Jika kedengarannya gila, itu tidak terlalu jauh. Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam jurnal Science menemukan bahwa kita terprogram untuk memproses rasa sakit saat orang yang kita cintai terluka. Peneliti melakukan studi terhadap 16 pasangan heteroseksual dan mengukur aktivitas otak salah satu pasangan sementara yang lain merasakan sakit yang singkat.

Saat salah satu pihak merasakan sakit, aktivitas otak pasangannya cukup terpicu untuk memunculkan respons empati.

5 dari 5 halaman

6. Tidak memikirkan orang ketiga

Adanya chemistry yang membuat Anda merasa senang di tahap awal hubungan Anda pasti akan memudar. Namun seperti yang kita ketahui, hal itu tidak selalu menjadi masalah.

Faktanya, menurut Dr. O'Reilly, sekitar enam hingga 18 bulan dalam hubungan Anda, Anda akan mengalami perubahan zat kimia dalam tubuh Anda.

"Cinta yang penuh gairah ini akhirnya beralih ke fase cinta kedua, yaitu cinta yang penuh kasih sayang atau keterikatan, saat Anda semakin mengenal satu sama lain," katanya.

Anda kehilangan "perasaan cinta yang tak terkendali" karena tubuh Anda beralih dari melepaskan dopamin, adrenalin, dan serotonin ke vasopresin dan oksitosin.

"Zat-zat ini diyakini berperan dalam ikatan orang tua dengan anak melalui pemberian ASI, pelukan, dan ciuman," kata Dr. O'Reilly. "Zat-zat ini sangat penting untuk ikatan dan menciptakan hubungan yang langgeng sehingga ketika Anda menekan vasopresin dalam percobaan hewan, orang tua akan menelantarkan anak-anak mereka."

Penelitian juga menemukan bahwa oksitosin membantu pria khususnya untuk tetap monogami. Jadi, meskipun ada begitu banyak pilihan di luar sana, hormon ikatan ini membuat Anda tetap setia pada satu orang saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.