Sukses

Terlihat Sepele, Ternyata Ada 5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Bantu Membakar Lemak Perut

Menghilangkan lemak perut dari rumah dapat dilakukan melalui pekerjaan rumah tangga sehari-hari, seperti yang diungkapkan dalam artikel ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kesibukan sehari-hari, ditambah dengan kurangnya bergerak dan berolahraga membuat lemak perut menumpuk. Coba siapa di antara Anda yang berat badannya naik dalam jangka waktu setahun belakangan, terutama di sekitar perut? Jika Anda salah satunya, pastikan untuk membaca artikel ini sampai tuntas.

Walaupun sulit mengatasi lemak membandel ini di rumah, tapi Anda harus memiliki tekad yang kuat untuk menguranginya. Sebab, jika dibiarkan hal ini dapat meningkatkan risiko terhadap beberapa penyakit seperti serangan jantung, stroke, dan kolesterol tinggi.

Melansir dari Times of India, Kamis (15/8/2024), kabar baiknya adalah beberapa jenis gerakan bahkan pekerjaan rumah tangga dapat membantu Anda mengatasi lemak perut.

Berolahraga atau menggerakkan tubuh dapat membantu mengurangi lemak perut karena dapat membantu mengurangi kadar insulin dalam sirkulasi yang akan menyebabkan penyimpanan lemak visceral atau visceral fat.

Mengapa Kelebihan Lemak Perut Berbahaya?

Lemak perut atau visceral fat berada jauh di dalam perut Anda dan bisa lebih berbahaya dari yang terlihat. Itu menumpuk di sekitar jantung, paru-paru, hati, dan organ lainnya.

Meskipun sejumlah visceral fat penting untuk melindungi organ Anda, kelebihannya dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit jantung, demensia, dan kanker tertentu.

Dalam menjaga kesehatan jangka panjang Anda, penting untuk terus bergerak dan menghilangkan lemak perut. Ini dia daftar pekerjaan rumah tangga yang bisa membantu Anda membakar lemak perut itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Berkebun

Ingin tahu cara yang menyenangkan dan mudah mengatasi perut buncit? Jadilah orang tua tanaman dan tekuni hobi berkebun dengan merawat tanaman kesayangan.

Walaupun tetap disarankan untuk melakukan olahraga sedang hingga berat selama 30 menit seperti berjalan kaki dan bersepeda, tapi tidak ada salahnya memulai dengan berkebun lebih dulu.

Berkebun melibatkan menggali, membungkuk, menyiram tanaman, dan lain-lain dan ini dapat membantu melatih kelompok otot utama Anda di kaki, bokong, lengan, bahu, punggung, dan perut.

Hal ini dapat membantu pembentukan otot selain menghilangkan lemak-lemak di perut. Jadi, jika Anda mempunyai taman kecil di rumah yang sudah tidak terawat atau terpakai lagi, tidak ada salahnya untuk merapikannya dengan berkebun sendiri.

3 dari 4 halaman

2. Membersihkan kamar mandi

Membersihkan kamar mandi melibatkan serangkaian tugas mulai dari menggosok dinding, mengepel lantai, membersihkan baskom, membersihkan toilet, dan memberi Anda kesempatan untuk melatih otot inti Anda.

Cobalah untuk mengatasi semua plak dan kotoran yang membandel di berbagai permukaan mulai dari pancuran hingga toilet dapat membantu Anda melatih kelompok otot yang berbeda.

3. Mengepel

Jika Anda seorang pecinta kebersihan dan senang melihat rumah Anda bersih, mengepel bisa menjadi latihan menghilangkan lemak perut yang sempurna untuk Anda. Saat Anda melakukan pekerjaan rumah tangga ini, Anda melatih otot inti Anda dan dapat memberikan peregangan dan latihan yang baik pada bahu, trisep, dan bisep Anda.

Disarankan untuk terus mengubah posisi tangan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari aktivitas ini.

4 dari 4 halaman

4. Mencuci pakaian

Mencuci pakaian melibatkan banyak langkah mulai dari mencuci hingga mengeringkan dan proses ini juga dianggap sebagai latihan lemak perut saat Anda membungkuk, mengangkat, dan bergerak.

Jika Anda bertekad untuk menghilangkan lemak perut, Anda dapat dengan mudah mengubah rumah Anda menjadi pusat kebugaran dan beralih ke gaya hidup sehat.

5. Membersihkan pintu dan jendela

Penelitian Lancet Public Health telah menunjukkan bagaimana aktivitas singkat dapat mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan kematian dini. Jika Anda sudah menyelesaikan pekerjaan mengepel dan membersihkan kamar mandi, Anda dapat membersihkan pintu dan jendela.

Meskipun olahraga ringan akan sangat membantu Anda tetap aktif dan dapat menghilangkan lemak perut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.