Sukses

Mengenal Empty Nest Syndrome, Perasaan Kesepian Saat Anak-anak Sudah Dewasa dan Beberapa Tandanya

Pelajari cara mengenali perasaan yang terkait dengan empty nest syndrome, termasuk dalam mengelola emosi Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bagi para orang tua yang memiliki anak yang sudah beranjak dewasa, mungkin rasanya baru kemarin ada momen di mana Anda menggendong bayi Anda yang baru lahir. Sekarang anak yang sama itu akan meninggalkan rumah atau pergi ke perguruan tinggi, dan Anda mungkin tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan diri Anda sendiri.

Jika Anda merasakan hal itu tidak usah khawatir, karena semuanya termasuk hal yang normal. Istilah itu sendiri dikenal dengan empty nest syndrome.

Apa Itu Empty Nest Syndrome?

Melansir dari Parent, Kamis (15/8/2024), empty nest syndrome menggambarkan berbagai macam perasaan yang terkait dengan kesehatan mental yang kerap dialami orang tua saat anak-anak beranjak dewasa. Sebagai contoh seperti kesedihan, kesepian, mudah tersinggung, tertekan, dan bahkan kesedihan, yang mungkin dirasakan orang tua ketika anak-anak mereka pindah.

Empty Nest Syndrome dapat memengaruhi orang tua dari semua jenis kelamin dan usia. Sindrom ini dapat terjadi pada waktu yang berbeda dalam hidup Anda sebagai orang tua, dari saat anak-anak Anda masuk sekolah hingga saat anak terakhir Anda secara resmi "meninggalkan sarang" dan pindah dari rumah keluarga.

Kabar baiknya adalah bahwa empty nest syndrome adalah hal yang normal dan umum—dan ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk berhasil mengatasi hal tersebut. Berikut adalah lima tanda empty nest syndrome yang paling umum, beserta beberapa kiat untuk mengendalikan emosi Anda dan melangkah ke tahap berikutnya dalam hidup Anda sebagai orang tua dari anak-anak dewasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kehilangan tujuan

Dulu, hari-hari Anda diisi dengan latihan sepak bola, les piano, pertemuan orang tua-guru, bermain bersama, naik mobil bersama, dan pesta ulang tahun. Kini, kesibukan membesarkan anak sudah menjadi masa lalu. Meskipun Anda memiliki teman, keluarga, pekerjaan, dan aktivitas lainnya, hari-hari Anda mungkin masih terasa sedikit lebih hampa sekarang.

Perasaan ini umum dialami orang tua yang anak-anaknya baru saja meninggalkan rumah. Melepaskan tugas-tugas aktif dan sehari-hari sebagai orang tua bisa menjadi transisi yang sulit, terutama jika Anda mendefinisikan diri Anda sebagian besar berdasarkan peran Anda sebagai orang tua saat anak Anda tinggal di rumah.

Saat Anda menyesuaikan diri, wajar saja jika Anda merasa sedih saat menerima kenyataan bahwa satu babak dalam hidup Anda telah berakhir. Jangan lupakan babak baru yang sedang dimulai—dalam kehidupan anak Anda maupun kehidupan Anda sendiri.

Kabar baiknya adalah bahwa setelah masa penyesuaian, Anda dapat menemukan tujuan baru dalam hidup Anda. Hal ini khususnya berlaku jika Anda menggunakan waktu tersebut untuk menekuni hobi baru, menghadapi tantangan baru, atau berfokus sepenuhnya pada diri sendiri.

3 dari 7 halaman

2. Frustrasi karena kurangnya kontrol

Selama bertahun-tahun, Anda memiliki cukup banyak kendali atas penjadwalan kehidupan anak-anak Anda, tetapi itu berubah ketika anak-anak Anda pindah. Karena anak Anda hidup sendiri, Anda tidak akan tahu banyak detail tentang hari-hari mereka seperti dulu.

Kurangnya kendali atas kapan anak Anda masuk kelas, pergi bekerja, pergi berkencan, atau berkumpul dengan teman-teman bisa membuat frustrasi. Anda mungkin juga merasa sedikit tersisih ketika Anda tidak mengetahui detail jadwal harian anak Anda.

Meskipun Anda memiliki niat baik, anak Anda yang sudah dewasa mungkin merasa kesal karena mereka melihat Anda mengganggu kehidupan mereka yang baru mandiri. Meskipun mereka menghargai bimbingan dan perhatian Anda, terlalu banyak mengawasi dan memberi arahan akan menghalangi anak Anda yang masih muda untuk belajar membuat keputusan yang baik dan menangani kehidupan mereka sendiri.

Penelitian tentang helicopter parenting—yang dicirikan oleh keterlibatan berlebihan dan "mengawasi" seorang anak—bahkan telah menunjukkan bahwa hal itu justru menjadi bumerang, yang justru menghasilkan rasa kesejahteraan yang lebih rendah pada mahasiswa usia kuliah.

Ingatlah bahwa anak Anda menggunakan keterampilan yang telah Anda ajarkan untuk mulai menjalani hidup mereka sendiri, dan ini adalah saat yang menyenangkan bagi mereka. Cobalah untuk percaya diri pada kemampuan mereka untuk belajar dan berkembang secara mandiri.

4 dari 7 halaman

3. Gangguan emosional

Jika Anda menangis saat menonton iklan sedih atau saat berkendara di jalan, ketahuilah bahwa ini adalah hal yang wajar. Anda sedang dalam kondisi emosional saat ini, dan tidak mengherankan jika situasi atau komentar yang biasanya tidak akan memengaruhi Anda menjadi masalah yang jauh lebih besar.

Menjadi orang tua yang anaknya sudah dewasa dapat menimbulkan berbagai emosi. Anda mungkin merasa:

  • Sedih karena anak Anda telah tumbuh dewasa
  • Marah pada diri sendiri karena tidak lebih banyak tersedia bagi mereka di masa lalu
  • Kegugupan tentang keadaan pernikahan Anda
  • Ketakutan tentang bertambahnya usia
  • Frustrasi karena Anda tidak berada di tempat yang Anda bayangkan pada fase ini dalam hidup Anda

Biarkan diri Anda merasakan emosi apa pun yang muncul, dan ingatlah bahwa perasaan Anda tidak benar atau salah—itu adalah cerminan dari situasi yang Anda hadapi.

Mengalami emosi yang tidak nyaman sepenuhnya, selama diperlukan hingga mereda dengan sendirinya, sebenarnya dapat membantu perasaan tersebut mereda dan memudar lebih cepat.

5 dari 7 halaman

4. Stres dalam pernikahan

Dalam proses membesarkan anak, banyak pasangan mengesampingkan hubungan mereka dan menjadikan anak-anak sebagai pusat perhatian keluarga. Jika Anda telah mengabaikan pernikahan selama bertahun-tahun, Anda mungkin merasa hubungan Anda perlu diperbaiki setelah anak-anak pergi.

Anda mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan sebagai pasangan jika kegiatan Anda selalu berpusat pada sekolah dan kegiatan anak-anak. Mengenal satu sama lain lagi bisa terasa seperti tantangan.

Beberapa pasangan merasa reaksi mereka berbeda saat anak-anak mereka sudah dewasa. Jika salah satu dari Anda beradaptasi dengan lebih baik atau lebih menghargai hidup tanpa anak di rumah daripada yang lain, Anda mungkin mengalami lebih banyak ketegangan dalam hubungan tersebut.

Jadikan tujuan untuk membiasakan diri kembali dengan kehidupan sebagai pasangan.

6 dari 7 halaman

5. Anxiety

Baik anak Anda sudah kuliah atau baru saja pindah ke tempat tinggal sendiri, wajar saja jika Anda khawatir tentang keadaan mereka setelah meninggalkan rumah. Namun, yang tidak normal adalah merasa cemas terus-menerus tentang bagaimana anak Anda menjalani kehidupan.

Memeriksa keadaan anak Anda beberapa kali sehari atau menghabiskan waktu berjam-jam untuk memeriksa akun media sosial anak Anda tidak akan membantu Anda berdua. Hindari menelepon untuk menanyakan apakah mereka ingat untuk membersihkan gigi atau mengomeli mereka tentang mengerjakan pekerjaan rumah.

Ini adalah kesempatan bagi anak Anda untuk mengembangkan sayapnya dan berlatih menggunakan semua keterampilan yang Anda ajarkan saat mereka tinggal di rumah.

Seimbangkan keinginan Anda untuk memeriksa keadaan anak Anda dengan kebutuhan privasi anak Anda dan buat rencana tentang bagaimana Anda akan tetap terhubung. Anda dapat mengatur panggilan telepon mingguan, berkomunikasi secara sering melalui teks atau email, atau mengadakan kencan makan malam mingguan jika anak Anda tinggal di dekat rumah.

7 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Empty Nest Syndrome

Dengan 18 tahun atau lebih sebagai orang tua, ini bisa menjadi saat yang menakutkan dan emosional dalam hidup Anda. Yakinlah, perasaan yang Anda alami sekarang akan memudar saat Anda terbiasa dengan rumah yang lebih tenang dan kehidupan yang lebih berfokus pada keinginan dan rutinitas Anda sendiri.

Anak Anda masih membutuhkan Anda dan akan selalu membutuhkan Anda, tetapi peran Anda sekarang seharusnya menjadi penasihat, bukan sumber instruksi atau koreksi yang konstan dalam kehidupan mereka. Alih-alih mencoba mengendalikan detail kehidupan anak Anda, fokuslah untuk mengatasi ketidaknyamanan Anda dengan cara yang sehat.

Cobalah salah satu ide berikut:

  • Mengejar minat yang tidak sempat Anda lakukan saat anak-anak Anda di rumah
  • Mengikuti kelas tentang topik yang menarik
  • Berhubungan kembali dengan teman-teman
  • Mempelajari keterampilan baru
  • Bepergian tanpa anak-anak Anda

Seiring berjalannya waktu, memiliki "sarang kosong" akan menjadi lebih mudah. ​​Anda akan terbiasa dengan anak Anda yang bertanggung jawab atas kehidupan mereka sendiri dan Anda akan mengembangkan rasa normal baru dalam hidup Anda.

Jika Anda merasa hidup Anda tidak lagi memiliki makna atau Anda pikir depresi atau kecemasan Anda mungkin lebih dari yang dapat Anda tangani sendiri, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional. Meskipun Anda hanya membutuhkan dukungan untuk sementara, tidak ada alasan untuk menderita dalam diam dan sendirian. Bicaralah dengan dokter perawatan primer Anda atau hubungi terapis atau konselor untuk mendiskusikan pilihan Anda.

Sama seperti Anda pernah belajar menjadi orang tua dari bayi yang baru lahir, balita, dan remaja, Anda juga akan belajar menjadi orang tua dari anak yang sudah dewasa. Untuk saat ini, jalani hidup Anda satu hari demi satu hari dan berikan diri Anda banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan peran baru Anda sebagai orang tua yang anaknya sudah dewasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.