Sukses

Bukan Hanya Berat Badan, Ini 5 Tanda Anda Masih Sehat Walau BMI Tinggi

BMI sering dijadikan patokan tentang seberapa sehat tubuh Anda. Namun, jika Anda memiliki beberapa tanda di bawah ini, tidak usah khawatir jika dianggap "obesitas" atau "tidak sehat" oleh angka BMI.

Liputan6.com, Jakarta BMI atau body mass index yang dikenal juga dengan indeks massa tubuh merupakan perhitungan tinggi dan berat badan yang digunakan untuk menyaring orang yang mengalami obesitas dan kelebihan berat badan. Biasanya hal ini sering digunakan seberapa ideal berat badan kita dan apa yang harus dilakukan untuk menurunkannya.

Seperti yang kami lansir dari Business Insider, Kamis (15/8/2024), rumus dalam mengukur BMI yaitu dengan menggunakan berat badan dalam kilogram dibagi dengan kuadrat tinggi badan dalam meter, diciptakan pada awal abad ke-19 sebagai pengukuran mudah untuk obesitas pada populasi umum dan tidak harus untuk kegemukan individu, menurut NPR.

Sampai saat ini, BMI masih digunakan secara teratur saat ini oleh para profesional medis untuk menentukan apakah seseorang memiliki jumlah lemak tubuh yang sehat atau tergolong obesitas. Meskipun dapat bermanfaat secara umum, BMI mengabaikan faktor-faktor penting seperti riwayat keluarga, genetika, gaya hidup, usia, jenis kelamin, dan massa otot saat mempertimbangkan kesehatan seseorang secara keseluruhan dan risiko mereka terkena penyakit.

Faktanya, banyak orang yang dianggap berada dalam kisaran BMI "normal" ditemukan tidak sehat berdasarkan faktor-faktor lain, menurut sebuah studi yang dipimpin UCLA yang dirilis pada tahun 2016.

Berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda sebenarnya sehat, bahkan jika BMI Anda menunjukkan Anda kelebihan berat badan atau obesitas. Jadi, jangan terlalu mengkhawatirkan hal tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Lingkar pinggang kurang dari 35 hingga 40 inci

Insider sebelumnya melaporkan bahwa ukuran pinggang sebenarnya bisa menjadi salah satu faktor terpenting dalam mengukur kesehatan seseorang secara keseluruhan. Anda mungkin memiliki BMI yang tinggi, tetapi jika lingkar pinggang Anda di bawah 35 inci untuk wanita dan 40 inci untuk pria, kemungkinan besar Anda memiliki berat badan yang lebih sehat.

"Lingkar pinggang yang lebih dari 35 inci pada wanita dan lebih dari 40 inci pada pria tidak hanya dapat menentukan status kelebihan berat badan tetapi juga memberikan angka pasti tentang kesehatan seseorang," kata ahli gizi Michelle Routhenstein, MS, RD, CDE, CDN, kepada Healthline.

"Lingkar pinggang di atas angka-angka ini menunjukkan lemak perut yang berlebihan, jenis lemak berbahaya yang mengelilingi organ vital, yang meningkatkan risiko diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan sindrom metabolik," tambahnya.

3 dari 5 halaman

2. Lemak sebagian besar tersimpan di pinggul, bukan di sekitar perut

Demikian pula, tempat tubuh Anda menyimpan lemak merupakan indikator kesehatan Anda yang tidak terdeteksi oleh BMI.

"[BMI] juga tidak memberi tahu kita distribusi lemak tubuh pada seseorang," kata Eva Tseng, MD, MPH, Assistant Professor of Medicine di Johns Hopkins, kepada PopSugar. "Kita tahu bahwa orang dengan adipositas sentral atau perut yang lebih banyak [obesitas] memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular dini, diabetes, dan kematian dibandingkan dengan orang dengan BMI yang sama tetapi adipositas perut yang lebih sedikit."

Dengan kata lain, lemak yang menumpuk di sekitar pinggang dan perut lebih berbahaya daripada lemak yang tersimpan di sekitar paha dan pinggul.

3. Anda secara umum bugar dan aktif

Jika Anda secara umum bugar dan aktif, Anda akan lebih sehat daripada orang yang tidak bugar dan aktif, terlepas dari BMI mereka.

Menurut sebuah studi tahun 2007 yang dilakukan pada veteran dengan diabetes tipe 2, tingkat kebugaran seseorang memprediksi mortalitas mereka lebih baik daripada BMI.

"Jauh lebih penting untuk menghindari kebugaran yang rendah daripada menghindari kegemukan," kata ahli jantung Carl Lavie MD, FACC, FACP, FCCP kepada Mother Jones.

4 dari 5 halaman

4. Massa otot membentuk sebagian besar berat badan

BMI tidak memperhitungkan komposisi tubuh, yang berarti BMI tidak memperhitungkan perbedaan antara massa otot dan lemak. Karena otot lebih padat dan lebih berat daripada lemak, binaragawan dan atlet profesional lainnya seperti pemain sepak bola sering dianggap obesitas atau kelebihan berat badan berdasarkan BMI mereka saja.

Seseorang yang memiliki BMI tinggi karena massa otot kemungkinan besar tidak perlu khawatir tentang masalah kesehatan yang terkait dengan obesitas dan kelebihan berat badan.

5. Etnis juga dapat memengaruhi BMI Anda

Tergantung pada etnis Anda, BMI Anda bisa lebih atau kurang tidak sehat daripada yang Anda kira. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang Asia memiliki risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2 pada BMI yang lebih rendah dan memiliki risiko kematian lebih tinggi karena kelebihan berat badan pada BMI yang lebih rendah.

Sebaliknya, orang Afrika-Amerika mungkin memiliki BMI yang lebih tinggi tanpa risiko kesehatan yang sama dengan yang mungkin dimiliki orang kulit putih, menurut WebMD. Mereka juga cenderung tidak memiliki lemak yang terkonsentrasi di area perut.

5 dari 5 halaman

6. Tes metabolisme Anda normal

Dr. Scott Kahan, direktur National Center for Weight and Wellness, memberi tahu WebMD bahwa ada banyak orang yang kelebihan berat badan menurut BMI, tetapi masih sehat menurut indikator lainnya.

"Mereka berat," katanya. "BMI mereka menempatkan mereka dalam kisaran obesitas. Namun, pada setiap tingkat yang kami lihat, kesehatan mereka sebenarnya cukup baik. Kolesterol dan tekanan darah mereka sangat baik. Gula darah mereka sangat baik. Mereka tampaknya tidak memiliki efek kesehatan apa pun yang terkait dengan kelebihan berat badan mereka."

Ini terkadang disebut obesitas yang sehat secara metabolik. Karena BMI tidak dapat menunjukkan kesehatan seseorang secara holistik, meminta dokter menguji kolesterol, tekanan darah, dan gula darah Anda adalah cara yang baik untuk mengevaluasi bagaimana ukuran tubuh Anda benar-benar memengaruhi kesehatan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.