Sukses

Jangan Abaikan 4 Tanda Awal Kanker Usus Besar Seperti Ini

Berikut ini tanda awal kanker usus besar yang sebaiknya tidak Anda abaikan

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita dengan berani berbagi empat tanda awal kanker usus besar yang dialaminya sebelum diagnosisnya dan mendesak orang lain untuk "tidak seperti dia."

Penyintas kanker usus besar stadium 4 Ellie Wilcock, menggunakan platform media sosial TikTok, untuk berbagi tanda-tanda peringatan yang terlewatkan olehnya. Penyintas kanker, yang dikenal dengan nama EllieWilcock0, mengatakan bahwa dia membagikan klip tersebut untuk meningkatkan kesadaran. 

"Gejala-gejala yang menyebabkan diagnosis kanker usus besar stadium 4 saya," katanya.

"Jadi, yang pertama adalah nyeri di sisi kiri perut dan panggul saya. Saya pikir untuk waktu yang lama bahwa itu adalah infeksi saluran kemih dan mungkin telah menjalar ke ginjal saya karena itu hanya di satu sisi. Itu menjalar dari bagian depan ke belakang saya."

Namun, Ellie menambahkan bahwa semua penanda infeksi telah kembali bersih. Hal ini membuat Ellie akhirnya menjalani lebih banyak tes untuk mengetahui apa akar penyebab nyeri tersebut, WalesOnline melaporkan. 

"Yang kedua, bagi saya adalah kelelahan," tambahnya. "Biasanya saya bangun, pergi bekerja, pulang ke rumah, lalu mungkin pergi ke pusat kebugaran atau memasak makan malam atau bertemu teman. Namun, saya pada dasarnya pulang kerja dan tertidur sepanjang malam."

Gejala ketiganya, ia gambarkan sebagai sesuatu yang tidak ia sadari saat itu. "Namun, satu hal yang mungkin saya alami adalah perubahan kebiasaan buang air besar dan darah dalam tinja saya," jelasnya. 

Ia melanjutkan: "Ini adalah salah satu hal yang harus benar-benar diperhatikan dan diperiksa tinja Anda. Saya sangat menganjurkan hal itu. Jika saya melakukan itu, yang tidak saya lakukan, saya akan menemukan kanker saya lebih awal sebelum mencapai stadium 4."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala selanjutnya

Gejala keempat yang ingin ia soroti adalah kurang nafsu makan dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. "Saya tidak benar-benar kehilangan berat badan, karena kurang nafsu makan cukup jarang terjadi," katanya. 

"Sebagian besar nafsu makan saya baik-baik saja, tetapi jika dipikir-pikir, saya ingat mengalami mual dan tidak ingin makan banyak karena usus saya jelas tidak normal." Dia kemudian mengakhiri videonya dengan mengatakan kepada pemirsa: "Semoga ini membantu." 

Meskipun gejala-gejala Ellie dapat mengindikasikan adanya kanker, kenali gejala-gejala kanker usus besar, terutama jika Anda menduga ada yang tidak beres dengan tubuh Anda.

 

3 dari 4 halaman

Apa saja gejala kanker usus besar?

Menurut NHS, ada beberapa gejala yang dapat mengindikasikan Anda menderita kanker usus besar, yang meliputi:

  • perubahan pada tinja Anda, seperti tinja yang lebih lunak, diare atau sembelit yang tidak biasa bagi Anda
  • perlu buang air besar lebih sering atau lebih jarang dari biasanya
  • darah pada tinja Anda, yang mungkin tampak merah atau hitam
  • pendarahan dari pantat Anda
  • sering merasa ingin buang air besar, bahkan jika Anda baru saja ke toilet
  • nyeri perut
  • benjolan di perut Anda
  • kembung
  • berat badan turun tanpa berusaha
  • merasa sangat lelah tanpa alasan

Meskipun kebanyakan orang yang didiagnosis menderita kanker usus besar cenderung berusia lebih tua, hal itu juga dapat terjadi pada orang yang lebih muda.

 

4 dari 4 halaman

Kapan harus menemui dokter?

Kapan Anda harus menemui dokter umum jika menduga menderita kanker usus? NHS menyarankan orang untuk berbicara dengan dokter umum dan membuat janji temu jika gejala mereka telah berlangsung selama tiga minggu atau lebih. Jangan malu. Dokter atau perawat akan terbiasa membicarakan gejala-gejala tersebut.

Jika feses Anda berwarna hitam, merah tua, atau jika Anda mengalami diare berdarah, mintalah janji temu segera atau dapatkan bantuan dari layanan kesehatan terdekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.