Sukses

6 Alasan Tersembunyi Mengapa Berat Badan Tidak Kunjung Turun Menurut Ahli Diet

Lupakan diet ketat dan olahraga yang tidak menyenangkan—sekarang saatnya untuk melihat bagaimana Anda dapat mendukung kesehatan jangka panjang dan menemukan keseimbangan yang sehat dengan makanan dalam prosesnya.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin menurunkan berat badan, mungkin ada berbagai alasan, mulai dari keinginan untuk lebih dekat dengan keluarga hingga meningkatkan biomarker kesehatan tertentu. Apa pun yang memotivasi Anda, akan sangat membuat frustrasi jika timbangan tidak mau bergerak meskipun Anda sudah berusaha diet dan berolahraga.

Lupakan diet ketat dan olahraga yang tidak menyenangkan—sekarang saatnya untuk melihat bagaimana Anda dapat mendukung kesehatan jangka panjang dan menemukan keseimbangan yang sehat dengan makanan dalam prosesnya. Berikut ini penjelasan alasan tersembunyi mengapa berat badan tak kunjung turun meski telah diet seperti dihimpun dari Eatingwell.

1. Anda Berfokus pada Eliminasi dan Pembatasan

Kebanyakan orang dengan cepat menghilangkan makanan dan sangat membatasi kalori untuk menurunkan berat badan, tetapi terlalu membatasi sering kali dapat menjadi bumerang dan mencegah penurunan berat badan—atau bahkan menyebabkan penambahan berat badan.

“Pembatasan sering kali menyebabkan perasaan kekurangan, yang dapat memicu makan berlebihan atau makan berlebihan. Sebaliknya, fokuslah untuk menyeimbangkan makanan Anda dengan banyak protein, serat, dan makanan yang Anda sukai,” Jessica Barron, M.S., RD,.

Berfokus pada apa yang dapat Anda tambahkan ke dalam diet Anda adalah cara yang jauh lebih berkelanjutan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Perhatikan kebiasaan makan Anda secara menyeluruh dan cari apa yang mungkin hilang.

Apakah Anda mendapatkan cukup protein? Buah dan sayuran? Cari peluang untuk menambahkan lebih banyak makanan padat nutrisi ke dalam diet Anda daripada berfokus pada apa yang perlu Anda hilangkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Anda Melewatkan Makan

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa melewatkan makan akan membantu Anda menurunkan berat badan, hal itu sering kali meningkatkan asupan kalori secara keseluruhan di kemudian hari. Melewatkan makan atau tidak makan terlalu lama sering kali menyebabkan rasa lapar dan keinginan yang kuat.

Hal ini dapat menyebabkan makan kompulsif, makan terlalu cepat, atau makan lebih banyak dari yang terasa enak bagi tubuh Anda. Dan makan berlebihan dapat membuat Anda merasa malu dan ingin melewatkan makan, sehingga siklus itu dapat berakhir.

Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan Anda dan membuat Anda sulit untuk menghormati isyarat lapar dan kenyang tubuh Anda.

Daripada melewatkan makan, "Sadari isyarat lapar dan kenyang, dan fokuslah untuk menambahkan lebih banyak makanan bergizi dan memuaskan untuk meningkatkan hubungan Anda dengan makanan dan mendukung berat badan yang sehat," kata Cayleigh McKenna, RD, LDN.

 

3 dari 5 halaman

3. Anda Melakukan Diet Kronis

Diet kronis dan kekurangan kalori dapat memperlambat metabolisme Anda, sehingga lebih sulit untuk menurunkan berat badan dan lebih mudah untuk mendapatkannya kembali. Bila Anda mengalami defisit kalori ekstrem dalam waktu lama, metabolisme tubuh melambat untuk menghemat energi.

Jika Anda telah berdiet selama beberapa waktu dan berat badan tidak turun, tubuh Anda mungkin perlu istirahat dan waktu untuk pulih dari defisit kalori.

Bicaralah dengan ahli seperti ahli diet terdaftar untuk mengetahui berapa banyak kalori yang Anda butuhkan dan defisit yang aman untuk mendukung penurunan berat badan Anda.

4. Anda Makan Terlalu Sedikit Karbohidrat & Tidak Cukup Serat

Diet rendah karbohidrat, keto, dan karnivora adalah diet populer yang menurut banyak orang membantu mereka menurunkan berat badan—dan cepat! Namun, sains menunjukkan bahwa tidak mengonsumsi karbohidrat dalam waktu lama, atau mengonsumsi karbohidrat terlalu sedikit, dapat menyebabkan keinginan makan berlebihan dan asupan kalori berlebih.

“Karbohidrat sangat penting untuk energi dan fungsi otak. Diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan kelelahan, konsentrasi buruk, dan kekurangan nutrisi,” kata Andrea Hinojosa, M.S., RDN, LDN, CLC, pendiri Honest Health & Wellness.

Daripada menghindari karbohidrat, usahakan untuk memasukkan karbohidrat dalam jumlah sedang pada setiap kali makan.

 

4 dari 5 halaman

5. Anda Tidak Cukup Tidur

Tidur penting untuk banyak aspek kesehatan, karena membantu mengatur hormon yang terkait dengan nafsu makan, stres, dan metabolisme. "Meskipun tidur itu sendiri tidak menyebabkan penurunan berat badan, kurang tidur dapat mengganggu metabolisme Anda dan telah dikaitkan dengan asupan kalori yang lebih besar sepanjang hari, sehingga lebih sulit untuk menurunkan berat badan," kata McKenna.

Hinojosa mengatakan bahwa kurang tidur “dapat mengganggu keseimbangan hormon ini, yang berpotensi menyebabkan peningkatan keinginan dan tantangan dalam mengelola pola makan sehat.”

“Kurang tidur memengaruhi fungsi kognitif, suasana hati, dan kesejahteraan secara keseluruhan, yang selanjutnya dapat mempersulit upaya untuk mempertahankan hubungan yang seimbang dan mendukung dengan makanan dan citra tubuh,” imbuh Hinojosa.

 

5 dari 5 halaman

6. Anda Terlalu Berfokus pada Timbangan

“Terlalu berfokus pada timbangan dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda,” kata Kourtney Johnson, RD, seorang ahli diet terdaftar dan penulis. Penelitian telah menunjukkan bahwa menimbang berat badan setiap hari dapat menyebabkan depresi dan kecemasan, penurunan harga diri, dan penurunan kepuasan terhadap tubuh.

Menggunakan berat badan sebagai satu-satunya penanda kemajuan tidaklah membantu. Berat badan berfluktuasi setiap hari karena berbagai alasan, termasuk buang air besar, hormon, dan asupan karbohidrat atau garam.

“Terpaku pada timbangan dapat mengurangi motivasi Anda, yang menyebabkan lingkaran setan pembatasan makanan dan pesta makan,” kata Barron.

“Dengan mengalihkan fokus dari timbangan, Anda dapat mengambil pendekatan yang lebih holistik terhadap kesehatan dan kesejahteraan Anda,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.