Sukses

Menurut Dokter, Cek 5 Tanda Anda Makan Terlalu Banyak Daging Merah

Dari masalah pencernaan hingga penyakit ginjal, berikut ini adalah kemungkinan efek dari makan terlalu banyak daging merah.

Liputan6.com, Jakarta - Kita pasti ingin berupaya untuk meningkatkan kesehatan. Bukan hanya supaya panjang umur, tapi juga mencegah sakit akut di hari tua nanti.

Nah, salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan padat nutrisi. Tidak hanya dengan makanan nabati, tapi juga sumber protein rendah lemak lainnya, sebagai bahan penyusun otot, tulang, tulang rawan, darah, kulit, enzim, dan banyak lagi, juga berperan penting.

Melansir dari Best Life, Senin (19/8/2024), para ahli menyarankan untuk mengonsumsi ayam, kalkun, ikan berlemak, telur, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan, sekaligus membatasi asupan daging merah dan daging olahan, seperti steak, babi, dan sosis.

"Mengonsumsi daging merah dalam jumlah besar, terutama jenis olahan, dikaitkan dengan risiko penyakit kronis yang lebih tinggi seperti kanker kolorektal dan diabetes tipe 2. Hal ini seringkali disebabkan oleh adanya senyawa karsinogenik yang terbentuk selama pemrosesan atau pemasakan daging," kata Michelle Routhenstein, preventive cardiology dietitian di Entirely Nourished.

Menurut Harvard Health Publishing, rata-rata orang Amerika makan setidaknya lima porsi daging merah atau olahan per minggu—tetapi World Cancer Research Fund International mengatakan kita tidak boleh makan lebih dari tiga. 

"Dengan makan filet steakhouse, yang biasanya beratnya mencapai 12 ons, Anda bisa mengonsumsi sekitar tiga setengah porsi dalam satu kali makan," para ahli Harvard memperingatkan.

Ingin tahu bagaimana makan daging berlebihan dapat memengaruhi kesehatan Anda? Berikut lima tanda Anda mengonsumsi terlalu banyak, menurut dokter dan ahli gizi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Masalah pencernaan

Salah satu masalah paling umum yang terkait dengan makan terlalu banyak daging merah adalah timbulnya masalah pencernaan. Seperti yang dijelaskan Routhenstein, karena daging merah rendah serat, memakannya dapat menyebabkan sembelit atau kembung. Daging merah juga dapat mengiritasi lambung dan menyebabkan diare.

Brynna Connor, MD, dokter keluarga bersertifikat dan duta kesehatan di NorthWestPharmacy.com, menjelaskan mengapa serat dapat berdampak besar pada kesehatan usus.

"Serat memiliki beberapa fungsi dalam saluran pencernaan. Serat membantu limbah bergerak melalui tubuh, meningkatkan ukuran tinja, melunakkannya (sehingga lebih mudah dikeluarkan), dan mengatur pergerakan usus," kata Connor.

"Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup serat makanan, limbah tidak bergerak melalui tubuh secara efisien, dan tinja mengeras dan menjadi lebih sulit dikeluarkan. Kotoran kemudian berada di usus besar lebih lama, memungkinkan bakteri berfermentasi, yang melepaskan gas yang menyebabkan kembung," kata dokter tersebut kepada Best Life.

3 dari 4 halaman

2. Penyakit ginjal

Orang yang makan terlalu banyak daging merah mungkin juga mengonsumsi terlalu banyak protein secara keseluruhan. Salah satu gejala hipoproteinemia yang paling umum adalah dapat memengaruhi fungsi ginjal.

Raj Dasgupta, MD, seorang peninjau medis untuk NCOA dan dokter bersertifikat ABIM yang mengkhususkan diri dalam penyakit dalam, pulmonologi, perawatan kritis, dan pengobatan tidur, sebelumnya mengatakan kepada Best Life bahwa jika Anda sudah menderita penyakit ginjal, mengikuti diet tinggi protein dapat memperburuk fungsi ginjalmu.

Ini karena tubuh mungkin tidak dapat membuang semua produk limbah yang terkait dengan protein.

Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa beberapa orang mungkin mengalami gejala ginjal, meskipun mereka tidak memiliki riwayat gangguan fungsi ginjal.

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Journal of the American Society of Nephrology (JASN) menemukan bahwa diet tinggi protein dikaitkan dengan peningkatan kejadian penyakit ginjal kronis.

3. Kelelahan atau kelemahan otot

Mengonsumsi banyak protein biasanya dikaitkan dengan vitalitas dan kekuatan fisik karena otot Anda membutuhkan protein untuk tumbuh dan memperbaiki diri. Namun, para ahli menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak daging merah dapat membuat Anda merasa lelah atau lemah.

"Meskipun asupan protein Anda mungkin tinggi jika Anda mengonsumsi banyak daging merah, hal itu dapat mengorbankan vitamin, mineral, dan/atau nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh Anda agar berfungsi dengan baik," kata Connor.

"Seringkali, kekurangan nutrisi dapat bermanifestasi sebagai kelelahan atau kelemahan, yang dapat disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi daging merah."

4 dari 4 halaman

4. Masalah kulit

Masalah kulit juga dapat disebabkan oleh pola makan Anda jika Anda cenderung mengonsumsi terlalu banyak daging merah.

"Konsumsi daging merah yang berlebihan, terutama yang mengandung lemak jenuh tinggi, dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat atau kulit kusam karena dampaknya pada tingkat peradangan secara keseluruhan," Routhenstein menjelaskan.

5. Bau badan

Bau badan juga bukan hal yang aneh jika terjadi akibat terlalu banyak makan daging merah.

"Bau badan yang tidak sedap dapat disebabkan oleh terlalu banyak makan daging merah, dan itu terjadi karena daging merah sulit dicerna oleh tubuh," jelas Connor.

"Daging merah meninggalkan residu di saluran pencernaan, yang bercampur dengan bakteri untuk menghasilkan asam lemak dan kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui keringat. Ketika asam lemak bercampur dengan bakteri di kulit (terutama dalam jumlah yang lebih banyak, yang dapat terjadi saat makan terlalu banyak daging merah), baunya dapat menyengat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.