Sukses

Mahasiswa Wajib Tahu! Ini Daftar Kegiatan yang Bikin CV Kamu Dilirik dan Bermutu

Kamu bisa memaksimalkannya dengan mengikuti berbagai aktivitas untuk diisi dalam portofolio sebagai hasil kerja nyata dan bentuk kualitas diri.

Liputan6.com, Jakarta Ketika menjadi seorang mahasiswa, sebenarnya hasil akhirnya bukan sekadar mendapatkan gelar. Selama menempuh pendidikan di dunia perkuliahan, ada baiknya kamu membangun pondasi kuat untuk masa depan. Hal tersebut bisa dimulai dari mengikuti berbagai kegiatan kampus yang dapat memperkaya pengalaman. 

Perlu diketahui bahwa, angka penilaian akademik bukan menjadi satu-satunya tolak ukur kesuksesan. Namun, kamu bisa memaksimalkannya dengan mengikuti berbagai aktivitas untuk diisi dalam portofolio sebagai hasil kerja nyata dan bentuk kualitas diri. Jika akademik diiringi dengan pengalaman tersebut, berbagai peluang karier tentu akan semakin terbuka untukmu. Lebih lanjut, inilah daftar kegiatan yang bisa membuat CV kamu jadi lebih menjual:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mengikuti UKM

Hampir semua kampus memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Fasilitas ini menjadi kegiatan yang bernilai untuk mencantumkannya dalam CV. Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu adalah mahasiswa yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan kampus. Selain itu, UKM juga bisa membuka peluang bagi kamu yang ingin memiliki pengalaman lomba, mulai dari internal kampus hingga eksternal.

3 dari 7 halaman

2. Mengikuti Organisasi

Seperti yang diketahui, organisasi di kampus sangatlah melimpah. Mulai dari tingkat jurusan, fakultas, hingga kampus. Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika berkecimpung di dalam organisasi, beberapa di antaranya adalah melatih soft skill, kepemimpinan, dan kemampuan berkomunikasi. Inilah yang jadi nilai tambah! Dengan mengikuti organisasi, kamu juga akan memahami bagaimana caranya merancang dan menjalankan sebuah kegiatan. Cobalah untuk menduduki jabatan sesuai dengan jurusanmu agar output-nya relevan dengan pekerjaan yang kamu incar di masa depan.

4 dari 7 halaman

3. Menjadi Volunteer

Belakangan ini kegiatan volunteer atau kepanitiaan semakin meningkat di kalangan mahasiswa. Hal ini biasanya hadir dengan bidang yang bermacam-macam, mulai dari kesenian, pengembangan diri, hingga pengabdian masyarakat. Tak perlu pusing mencari kegiatan volunteer, karena kamu bisa menemukannya di organisasi kampus yang umumnya menggelar banyak acara. Bersamaan dengan itu, kamu bisa langsung mendaftarkan diri pada divisi yang diinginkan. 

5 dari 7 halaman

4. Mengikuti Perlombaan

Bagi kamu yang menyukai tantangan, cobalah untuk mengikuti perlombaan atau kompetisi. Jika kamu berhasil memenangkannya, tentu ini akan menjadi nilai jual yang tinggi untuk CV dan portofoliomu. Prestasi dalam sebuah perlombaan sekaligus menunjukkan kemampuan dan kompetensi kamu dalam bidang yang ditekuni. Dengan begitu, para rekruiter akan merasa bahwa kompetensimu terbukti valid.

6 dari 7 halaman

5. Mengikuti Seminar atau Pelatihan

Selanjutnya, untuk memperkuat minat dalam bidang tertentu, cobalah untuk mendaftarkan diri pada seminar atau pelatihan yang relevan. Hal tersebut bisa menunjukkan keseriusanmu dalam proses pengembangan diri. Selain itu, wawasan dan pengetahuan baru akan kamu dapatkan sebagai bekal sebelum terjun ke dunia kerja. 

7 dari 7 halaman

6. Magang

Magang menjadi salah satu cara paling efektif untuk mempercantik CV dan portofolio. Kegiatan ini memberikan pengalaman nyata dalam lingkungan kerja yang sesungguhnya. Ini juga memberikan kesempatan kamu untuk mengaplikasikan pengetahuan akademik yang diberikan di kelas perkuliahan. Jangan lupa untuk menjalin hubungan baik dengan rekan kerja dalam upaya membangun networking yang berkualitas!

Nah, dengan menjalani dan mendalami keenam kegiatan yang telah dibahas, kamu dapat merancang masa depan yang lebih tertata. Tidak hanya untuk CV dan portofolio, tetapi kamu juga akan mendapatkan wawasan tak ternilai, keterampilan, serta networking yang kuat. Oh y selama kamu mengikuti berbagai kegiatan di kampus, jangan abaikan kesehatan! Pastikan kamu selalu menjaga kesehatan tubuh, mulai dari beristirahat yang cukup hingga mengonsumsi suplemen kesehatan untuk mendukung daya tahan tubuh. 

Kamu bisa memilih suplemen daya tahan tubuh yang mengandung Buffered Vitamin C 1000 mg, Vitamin D3, dan Zinc. Buffered Vitamin C lebih tidak asam, sehingga nyaman di lambung. Pilih juga suplemen dengan format minuman siap saji yang mengandung Formula Total Care, untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada pertahanan tubuh. 

 

 

(*)

 

 

Penulis: Nihel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini