Sukses

Menlu AS Antony Blinken Desak Israel Terima Usulan Gencatan Senjata, Ini Kata Benjamin Netanyahu

Hal itu terjadi setelah Blinken mengatakan sebelumnya pada hari Senin bahwa sekarang adalah saatnya untuk Israel menyetujui gencatan senjata.

Liputan6.com, Jakarta Israel telah menerima usulan untuk gencatan senjata dan pembebasan sandera di Gaza dan telah meminta Hamas untuk melakukan hal yang sama. Demikian menurut Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken seperti dilaporkan oleh Mirror.

Menteri Luar Negeri AS itu mengonfirmasi pembaruan tersebut pada hari Senin setelah mengadakan pembicaraan penting dengan Benjamin Netanyahu. Hal itu terjadi setelah Blinken mengatakan sebelumnya pada hari Senin bahwa sekarang adalah saatnya untuk Israel menyetujui gencatan senjata. Pertemuan mereka berlangsung selama dua setengah jam.

Ribuan warga Palestina telah tewas setelah lebih dari 10 bulan serangan di Gaza menyusul serangan 7 Oktober. Blinken melakukan perjalanan kesembilannya ke Timur Tengah sejak konflik dimulai untuk perundingan gencatan senjata.

Namun, Hamas mengesampingkan kemungkinan menghadiri perundingan tersebut minggu lalu dan menyatakan ketidakpuasan yang mendalam dengan usulan terbaru, sementara Israel juga mengatakan ada beberapa hal yang tidak ingin dikompromikan. 

Perjalanan tersebut, beberapa hari sebelum perundingan baru yang diharapkan minggu ini di Mesir, dilakukan di tengah kekhawatiran bahwa konflik tersebut dapat meluas menjadi perang regional yang lebih dalam menyusul pembunuhan yang disengaja terhadap dua militan utama di Lebanon dan Iran yang dikaitkan dengan Israel.

Berbicara saat membuka perundingan dengan Presiden Israel Isaac Herzog, Blinken mengatakan: "Ini adalah momen yang menentukan, mungkin yang terbaik, mungkin yang terakhir, kesempatan untuk membawa para sandera pulang, untuk mencapai gencatan senjata dan untuk menempatkan semua orang di jalur yang lebih baik menuju perdamaian dan keamanan yang langgeng."

Dalam referensi yang terselubung ke Iran, ia menambahkan: "Ini juga saatnya untuk memastikan bahwa tidak seorang pun mengambil langkah apa pun yang dapat menggagalkan proses ini. Jadi, kami berupaya untuk memastikan bahwa tidak ada eskalasi, tidak ada provokasi, tidak ada tindakan yang dengan cara apa pun menjauhkan kita dari mencapai kesepakatan ini, atau dalam hal ini, meningkatkan konflik ke tempat lain dan ke intensitas yang lebih besar."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ungkapan terima kasih Presiden Israel

Herzog berterima kasih kepada Blinken atas dukungan pemerintahan Biden terhadap Israel dan menyesalkan serangkaian serangan baru-baru ini terhadap warga Israel dalam 24 jam terakhir. 

"Beginilah cara kita hidup saat ini," kata Herzog. "Kita dikelilingi oleh terorisme dari keempat penjuru bumi dan kita melawan balik sebagai bangsa yang tangguh dan kuat."

Para mediator akan bertemu lagi minggu ini di Kairo untuk mencoba memperkuat gencatan senjata. Blinken akan melakukan perjalanan ke Mesir pada hari Selasa untuk pertemuan di kota Mediterania el-Alamein setelah ia menyelesaikan kunjungannya ke Israel.

 Sesaat sebelum Blinken tiba di Tel Aviv pada hari Minggu, Netanyahu mengatakan dalam rapat Kabinet bahwa ada beberapa area di mana Israel dapat bersikap fleksibel dan beberapa area yang tidak ditentukan di mana Israel tidak akan bersikap fleksibel.

"Kami sedang melakukan negosiasi dan bukan skenario di mana kami hanya memberi dan memberi," katanya. 

Usulan yang berkembang menyerukan proses tiga fase di mana Hamas akan membebaskan semua sandera yang diculik selama serangannya pada tanggal 7 Oktober. Sebagai gantinya, Israel akan menarik pasukannya dari Gaza dan membebaskan tahanan Palestina.

 

3 dari 4 halaman

Hamas masih menentang 'proposal' gencatan senjata bikinan AS

Hamas menuduh Israel menambahkan tuntutan baru agar Israel mempertahankan kehadiran militer di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir untuk mencegah penyelundupan senjata dan di sepanjang garis yang membelah wilayah tersebut sehingga Israel dapat menggeledah warga Palestina yang kembali ke rumah mereka di utara. 

Israel mengatakan itu bukanlah tuntutan baru, tetapi klarifikasi dari proposal sebelumnya. Para pejabat mengatakan AS telah mengajukan proposal untuk menjembatani semua kesenjangan yang tersisa antara posisi Israel dan Hamas.

Tanggapan formal terhadap garis besar gencatan senjata bikinan AS diharapkan minggu ini dan dapat mengarah pada deklarasi gencatan senjata kecuali perundingan terhenti, seperti yang telah terjadi pada beberapa upaya sebelumnya. 

Minggu malam, Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Netanyahu terus menetapkan hambatan terhadap kesepakatan dengan menuntut persyaratan baru, menuduhnya ingin memperpanjang perang. Dikatakan bahwa tawaran terbaru para mediator adalah kapitulasi kepada Israel.

"Proposal baru tersebut menanggapi persyaratan Netanyahu," kata Hamas. Blinken mengatakan pada hari Senin bahwa kedua belah pihak harus memanfaatkan kesempatan ini untuk mencapai kesepakatan, dengan mengatakan: "Sudah saatnya bagi semua orang untuk mengatakan 'ya' dan tidak mencari alasan untuk mengatakan 'tidak'."

 

4 dari 4 halaman

Israel bersikeras mempertahankan kendali

Delegasi Israel mengadakan pembicaraan dengan pejabat Mesir sebagai bagian dari upaya gencatan senjata, kata seorang pejabat Mesir pada hari Senin. Pertemuan yang berlangsung selama berjam-jam pada hari Minggu difokuskan pada koridor Philadelphia di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir, tetapi tidak mencapai terobosan, menurut pejabat tersebut, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas negosiasi yang sedang berlangsung. 

Pejabat tersebut mengatakan bahwa Israel masih bersikeras untuk mempertahankan kendali atas perbatasan dan rute timur-barat yang membelah Gaza. Ia mengatakan bahwa delegasi tersebut tidak menawarkan sesuatu yang baru dalam pertemuan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.