Sukses

6 Alasan Banyak Minum Air Putih Membantu Menurunkan Berat Badan dan Mendukung Kesehatan Mental

Berikut ini beberapa alasan mengapa minum banyak air putih dapat membantu menurunkan berat badan dan mendukung kesehatan mental

Liputan6.com, Jakarta Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting agar tubuh kita berfungsi dengan baik - dengan orang dewasa direkomendasikan untuk minum setidaknya enam hingga delapan gelas cairan per hari.

Dalam cuaca panas atau saat berolahraga, tubuh berkeringat lebih banyak dari biasanya, jadi penting untuk mengganti cairan yang hilang guna mencegah dehidrasi. Harvard Health mengatakan tanda-tanda tidak cukup minum cairan meliputi kelemahan, tekanan darah rendah, kebingungan, pusing, atau urin berwarna gelap.

Dr Charlotte Norton, kepala staf medis The Slimming Clinic, ingin membuat orang sadar akan pentingnya hidrasi untuk menurunkan berat badan. Di sini, ia mengungkap lima alasan mengapa minum lebih banyak air dapat membantu Anda menurunkan berat badan - serta meningkatkan kesehatan Anda. Dihimpun dari Mirror, ini dia.

1. Air akan membantu mengendalikan rasa lapar Anda

"Air menghabiskan ruang di perut," jelas Dr Norton. "Saat perut tahu bahwa ia sudah kenyang, ia mengirimkan sinyal ke otak yang memerintahkannya untuk berhenti makan. Sangat umum bagi orang untuk berpikir bahwa mereka lapar padahal sebenarnya mereka haus." 

"Jadi, meraih segelas air akan membantu mengelabui otak Anda agar berpikir bahwa Anda sudah kenyang, sehingga Anda tidak merasa lapar." 

2. Minum air putih akan merangsang metabolisme Anda

"Metabolisme adalah proses kimia yang dilakukan tubuh Anda untuk mengubah makanan dan minuman menjadi energi," jelasnya. 

"Meskipun prosesnya rumit, minum air putih diyakini dapat membantu merangsang metabolisme. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa minum 500 ml air putih meningkatkan laju metabolisme hingga 30 persen. Ini berarti tubuh dapat membakar lebih banyak kalori.'

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Air putih dapat membantu tubuh membakar lemak

"Minum air putih merangsang pemecahan lemak tanpa meningkatkan gula darah atau insulin, yang berarti air putih merupakan cara yang ideal untuk membantu penurunan berat badan," jelasnya.

4. Tetap terhidrasi membantu pencernaan - membantu tubuh membuang limbah dengan lebih efisien

"Pencernaan penting untuk penurunan berat badan karena memastikan semua nutrisi yang Anda konsumsi diserap ke dalam tubuh. Tetap terhidrasi sangat penting agar sistem pencernaan Anda tetap sehat, dan agar tubuh menyerap semua vitamin dan mineral yang dibutuhkannya."

"Air berperan dalam semua aspek proses pencernaan, mulai dari saat Anda memasukkan makanan ke dalam mulut dan membutuhkan air liur untuk mulai melarutkannya dan menelannya, hingga saat makanan dikeluarkan dari tubuh. Jika tubuh mengalami dehidrasi, hal itu dapat berdampak negatif pada seluruh sistem pencernaan, yang mengakibatkan penambahan berat badan."

 

3 dari 4 halaman

5. Hidrasi mendukung kesehatan mental

Dr. Norton berkata: "Banyak orang tidak mengaitkan minum air dengan kesehatan mental. Namun, tetap terhidrasi penting untuk fungsi otak yang tepat dan mendukung kesehatan mental dengan meningkatkan konsentrasi dan suasana hati. Dehidrasi dapat menyebabkan peningkatan tingkat stres dan kecemasan yang dapat menggagalkan upaya penurunan berat badan serta berdampak lebih luas pada kebahagiaan seseorang." 

6. Tetap terhidrasi dapat mendukung pengobatan penurunan berat badan

“Orang yang mengonsumsi obat penurunan berat badan seperti Wegovy dan Mounjaro harus memastikan mereka tetap terhidrasi. Minum air putih saat mengonsumsi obat penurunan berat badan akan membantu meningkatkan penyerapan obat dan mendukung fungsi ginjal, memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik dari obat tersebut,” katanya.

Bahaya hiponatremia

Mayo Clinic mengatakan minum terlalu banyak air jarang menjadi masalah bagi orang dewasa yang sehat dan bergizi baik. Namun, hal itu bisa saja terjadi. Bila Anda minum terlalu banyak, ginjal Anda tidak dapat membuang kelebihan air tersebut. Kandungan natrium dalam darah Anda menjadi encer, yang disebut hiponatremia dan dapat mengancam jiwa.

4 dari 4 halaman

6 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Bantu Menurunkan Berat Badan

Memulai hari dengan berjalan kaki menjadi kebiasaan yang sehat dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Berjalan kaki merupakan sebuah aktivitas fisik yang paling sederhana, namun memiliki manfaat yang luar biasa jika dilakukan secara rutin. Tujuan berjalan kaki adalah meningkatkan denyut jantung, mempercepat pernapasan, dan mengeluarkan keringat untuk memperoleh manfaat kesehatan yang optimal.

Berjalan kaki merupakan bentuk olahraga yang banyak memiliki manfaat, misalnya meningkatkan daya tahan tubuh, membakar kalori, meningkatkan kekuatan otot, dan memperbaiki kesehatan mental.

Berjalan kaki juga merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang mencari alternatif olahraga dengan dampak rendah pada sendi dan otot, serta dapat dilakukan dengan fleksibilitas di mana saja, baik di luar ruangan atau di dalam ruangan.

Selain itu, jalan kaki juga bisa menjadi bentuk olahraga atau rekreasi, dengan melakukan perjalanan jarak jauh atau berjalan santai untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Ketika Anda bangun tidur di pagi hari, bergerak mungkin bukan prioritas utama Anda. Namun, memulai harimu dengan berjalan kaki di sekitar lingkunganmu atau bagian dari perjalananmu ke tempat kerja atau sekolah dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuhmu.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat jalan kaki yang didapat jika dilakukan secara rutin, seperti melansir dari Health Line, Selasa (23/7/2024).

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.