Sukses

5 Cara Bikin Minuman Soda Rumahan dengan Bahan Alami yang Rendah Gula dan Kalori

Cara mudah membuat soda sehat di rumah dengan bahan alami, rendah gula, dan kalori.

Liputan6.com, Jakarta Menikmati soda memang memberikan sensasi kesegaran yang tiada duanya, apalagi jika diminum dalam keadaan dingin. Beragam varian rasa seperti jeruk nipis, kola, stroberi, dan jeruk membuat minuman ini semakin digemari. Di antara semua varian tersebut, soda rasa stroberi dengan warna merahnya yang mencolok kerap menjadi favorit banyak orang.

Namun, di balik kenikmatannya, terlalu sering mengonsumsi soda bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kandungan gula yang tinggi adalah salah satu faktor utama yang perlu diwaspadai, terutama jika soda diminum dalam jumlah besar atau terlalu sering.

Menurut Glacierfreshfilter.com, soda yang banyak dijual di pasaran tidak hanya mengandung gula yang tinggi, tetapi juga banyak mengandung pewarna, pemanis buatan, pengawet, serta zat-zat kimia lain yang berpotensi membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk lebih selektif dalam memilih minuman, terutama yang rendah kandungan gula dan bebas dari zat berbahaya.

Alih-alih sepenuhnya menghindari minuman soda, ada trik sederhana yang bisa kamu coba untuk tetap menikmati kesegarannya tanpa khawatir dengan kandungan gula dan bahan kimia berbahaya. Salah satu caranya adalah dengan membuat soda versi sehat di rumah, seperti yang dijelaskan oleh kreator konten TikTok @elainehanafi.

Elaine mengungkapkan bahwa satu botol soda ukuran 390 ml biasanya mengandung sekitar 75 kalori dan 17 gram gula. Namun, dengan membuat soda sendiri, kandungan kalori dan gula bisa ditekan hingga 75 persen. Kalorinya bisa hanya 25 dan gulanya cuma 4 gram, ungkap Elaine dalam videonya yang diunggah pada Selasa, 20 Agustus.

Berikut adalah langkah-langkah membuat soda di rumah yang dirangkum pada Rabu (21/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Siapkan Buah Naga

Bahan utama dalam menciptakan soda sehat yang menyegarkan ini adalah buah naga. Warna merah mencolok dari buah naga akan memberikan kesan visual yang mirip dengan soda stroberi yang populer di pasaran. Ambil setengah buah naga, potong, dan masukkan ke dalam gelas untuk menikmati minuman yang menyehatkan dan menggoda selera.

3 dari 13 halaman

Tambahkan Air Jeruk Nipis

Untuk memberikan sentuhan kesegaran ekstra, kamu bisa menambahkan air perasan jeruk nipis sesuai dengan seleramu.

4 dari 13 halaman

Tuangkan Air Soda

Langkah berikutnya, tuangkan air soda atau soda plain ke dalam gelas. Pastikan Anda memeriksa label pada kemasan untuk memastikan bahwa air soda yang Anda gunakan benar-benar bebas gula dan memiliki 0 kalori.

5 dari 13 halaman

Tambahkan Gula Stevia

Jika kamu ingin menambahkan rasa manis yang lebih sehat, cobalah menggunakan sedikit gula stevia. Gula ini memiliki kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan gula biasa, sehingga lebih baik untuk kesehatanmu.

6 dari 13 halaman

Aduk dan Sajikan

Setelah semua bahan tercampur sempurna, aduk minuman soda buatanmu hingga merata. Sajikan dengan es batu untuk sensasi yang lebih segar. Nikmati minuman ini bersama potongan buah naga yang segar, atau jika kamu lebih suka, sajikan buah naga secara terpisah.

7 dari 13 halaman

Manfaat Soda Buatan Sendiri

Elaine menjelaskan bahwa minuman soda sehat ini memiliki kalori yang sangat rendah, tergantung cara kamu mengonsumsinya. Jika diminum bersama buah naga, kalorinya hanya 25. Namun, jika buah naganya tidak dimakan, kalorinya hanya 5, jelasnya dengan tegas.

Resep soda sehat ala Elaine ini mendapatkan sambutan hangat dari warganet di TikTok. Banyak yang antusias untuk mencoba dan bertanya mengenai bahan-bahan yang digunakan. Di mana bisa membeli air soda? tanya salah satu pengguna TikTok, @Jay. Elaine pun menjawab, Di supermarket ada. Cari saja soda water atau air soda.

Dengan trik ini, kamu bisa tetap menikmati soda tanpa khawatir akan dampak negatif bagi kesehatan. Selamat mencoba!

8 dari 13 halaman

Netizen Juga Bertanya Seputar Soda

9 dari 13 halaman

Mengapa soda berbahaya bagi gigi?

Soda bersifat asam dan mengandung gula tinggi, yang dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Asam karbonat dalam soda juga dapat melemahkan enamel seiring waktu.

10 dari 13 halaman

Apakah soda bebas gula lebih sehat?

Soda bebas gula memang memiliki lebih sedikit kalori, tetapi masih bisa memiliki dampak negatif pada kesehatan, seperti peningkatan risiko sindrom metabolik dan gangguan kesehatan lainnya. Konsumsi berlebihan soda bebas gula juga bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

11 dari 13 halaman

Apakah ada soda yang lebih sehat?

Soda yang lebih sehat biasanya mengandung bahan-bahan alami dan rendah gula, seperti soda dengan perasa buah alami tanpa tambahan gula atau pemanis buatan. Namun, air mineral dan jus segar tetap menjadi pilihan yang lebih sehat dibandingkan soda.

12 dari 13 halaman

Mengapa soda bersifat adiktif?

Soda bisa bersifat adiktif karena kandungan gula dan kafeinnya yang dapat merangsang otak untuk melepaskan dopamin, hormon yang membuat kita merasa senang. Konsumsi soda secara berulang dapat menyebabkan ketergantungan.

13 dari 13 halaman

Bagaimana cara berhenti minum soda?

Cara terbaik untuk berhenti minum soda adalah dengan mengurangi konsumsi secara bertahap, mengganti soda dengan minuman yang lebih sehat seperti air atau teh herbal, dan menghindari situasi yang memicu keinginan untuk minum soda.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.