Sukses

Pentingnya Edukasi Peran Broker Asuransi di Tengah Rendahnya Literasi

Masih banyak yang belum mengetahui peran broker asuransi di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dengan agen asuransi yang biasanya mewakili satu perusahaan, broker asuransi bersifat independen dan bekerja untuk kepentingan nasabah. Sebagai pihak perantara yang membantu nasabah dalam memilih dan mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mereka, broker asuransi bertugas memberikan saran dan rekomendasi berdasarkan analisis kebutuhan klien, membandingkan berbagai produk asuransi dan membantu proses negosiasi serta pengurusan klaim.

Meski peran broker asuransi cukup krusial, nyatanya masih banyak yang tidak mengetahui fungsi dari broker asuransi tersebut. Malahan, masih banyak orang Indonesia yang tidak mengetahui pentingnya memiliki asuransi. 

Hal ini tergambar dari data Roadmap for the Development and Strengthening of the Indonesia Insurarance Industry 2023-2027 yang memaparkan bahwa tingkat penetrasi asuransi di Indonesia masih tergolong rendah. 

Berdasarkan data mereka, diketahui bahwa tingkat penetrasi asuransi pada tahun 2022 berada pada angka 2,27%, sementara tingkat literasi asuransi mencapai 31,7% dan inklusi asuransi hanya 16,6%. Ini menunjukkan masih terdapat kesenjangan yang signifikan antara literasi dan inklusi asuransi di Indonesia. 

Di sisi lain, Laporan Risiko Global menyoroti tantangan global yang berkelanjutan dengan misinformasi dan disinformasi menjadi risiko utama dalam jangka pendek, sementara cuaca ekstrem dan perubahan kritis pada Bumi dapat menjadi risiko utama dalam jangka panjang. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran penting broker asuransi dalam manajemen risiko bisnis

CEO of Marsh McLennan Indonesia Douglas Ure meyakini bahwa broker asuransi memiliki peran penting dalam melakukan manajemen risiko bagi bisnis di Indonesia. 

"Kami berkomitmen memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran di Indonesia tentang pentingnya peran broker asuransi dalam mengelola risiko untuk melindungi bisnis dan tenaga kerja mereka agar tetap tangguh," ungkap Douglas saat ditemui di Jakarta, Senin (21/8/2024).

"Tanggung jawab utama broker asuransi lebih dari sekadar merekomendasikan polis asuransi. Saat risiko menjadi berkembang ke arah yang sulit dikelola, penting bagi perusahaan utnuk mendapatkan pemahaman terkait risiko bisnis yang paling mendesak dan meningkatkan upaya manajemen risiko perusahaan," tambahnya. 

Hal ini diamini oleh SVP Business Development Leader Marsh Indonesia Nova Tambunan yang menjelaskan beberapa manfaat menggunakan jasa broker asuransi yang banyak tak diketahui orang. 

"Broker asuransi dapat membantu merancang polis asuransi yang paling sesuai, mencari cakupan perlindungan asuransi dan layanan terbaik atas nama Anda sehingga Anda dapat lebih fokus untuk mengembangkan bisnis," ungkap Nova. 

 

3 dari 3 halaman

Beberapa manfaat menggunakan jasa broker asuransi

Ia juga menjelaskan bahwa peran dan tanggung jawab broker asuransi tak berhenti setelah nasabah membeli polis. Selama polis berjalan, broker asuransi akan terus memberikan layanan yang terbaik secara hari ke hari dan memantau cakupan batas perlindungan dan ketentuan kebijakan seiring kondisi pasar. 

"Malahan, broker asuransi dapat melakukan penelitian industri tentang potensi risiko, dan atau memberikan informasi terkini mengenai perkembangan industri asuransi dan peraturan di bidang perasuransian, serta masukan untuk meminimalkan risiko bisnis Anda!" tambahnya. 

Tak sampai di situ, broker asuransi juga dapat membantu nasabah dalam memberikan konsultasi dan pemenuhan persyaratan pengajuan klaim sehingga klaim dapat selesai dengan cepat dan efisien.

"Terakhir, broker asuransi dapat bertindak seabgai penasihat atau konsultan. Jadi mereka dapat membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat untuk bisnis Anda!" pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini