Sukses

Penerapan Sistem Hemat Energi Bantu Pengelolaan Mall Lebih Efisien

Sebagai bagian dari strategi PT Lippo Karawaci Tbk dalam menghadapi perubahan iklim, PT Lippo Malls Indonesia telah mengimplementasikan sistem dan langkah-langkah hemat energi di dua mall andalannya

Liputan6.com, Jakarta Sebagai bagian dari strategi PT Lippo Karawaci Tbk dalam menghadapi perubahan iklim, PT Lippo Malls Indonesia telah mengimplementasikan sistem dan langkah-langkah hemat energi di dua mall andalannya, yang berhasil mencapai penghematan energi signifikan. 

Pada tahun 2023, Lippo Mall Puri mencatat penghematan sebesar 21%, sementara Sun Plaza Medan mencapai 24%. Penghematan ini setara dengan manfaat lingkungan seperti penanaman 182.000 pohon per tahun di Lippo Mall Puri dan 146.000 pohon di Sun Plaza Medan.

Selain menerapkan tindakan hemat energi, kedua mall tersebut juga telah memanfaatkan sistem penampungan air hujan yang menghasilkan penghematan air sebesar 31% di Lippo Mall Puri dan 35% di Sun Plaza Medan.

Inisiatif-inisiatif ini berhasil memberikan penghematan biaya utilitas masing-masing sebesar Rp 9.087,43 miliar dan Rp 8.495,41 miliar per tahun untuk Lippo Mall Puri dan Sun Plaza Medan.

Berkat komitmen dalam menerapkan sistem dan tindakan hemat energi ini, kedua mall tersebut mendapatkan sertifikasi EDGE (Excellence in Design for Greater Efficiencies), sebuah standar bangunan hijau dan sertifikasi global yang dikembangkan oleh International Finance Corporation (IFC), anggota Grup Bank Dunia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya serius menghemat energi

Marlo Budiman, selaku President Director PT Lippo Malls Indonesia, menyampaikan, "ESG adalah salah satu aspek bisnis yang dinilai dan ditindaklanjuti dengan serius oleh PT Lippo Malls Indonesia. Penghematan energi dan air yang terverifikasi oleh EDGE ini tidak hanya berarti pengurangan biaya operasional, tetapi juga dampak lingkungan yang berkurang secara signifikan melalui kinerja perusahaan yang berfokus pada keberlanjutan."

Untuk diketahui, sertifikasi EDGE diberikan kepada bangunan yang mampu menunjukkan efisiensi minimal 20% dalam penggunaan energi, air, dan energi material dibandingkan dengan bangunan konvensional. Di Indonesia, sertifikasi EDGE dikeluarkan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI).

 

3 dari 3 halaman

Usaha peningkatan efesiensi sumber daya

Sun Plaza bahkan menjadi gedung pertama di Kota Medan yang berhasil meraih sertifikasi Green Building EDGE setelah memenuhi serangkaian kriteria ketat. Hingga saat ini, hanya sekitar 120 gedung di seluruh Indonesia yang telah berhasil mendapatkan sertifikasi EDGE.

Pencapaian sertifikasi EDGE ini sejalan dengan komitmen PT Lippo Malls Indonesia untuk terus meningkatkan efisiensi sumber daya melalui desain yang berkelanjutan serta penerapan praktik lingkungan terbaik dalam operasionalnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.