Sukses

5 Manfaat Tidur Telanjang Bagi Pria, Bisa Tingkatkan Kepercayaan Diri

Banyak penelitian menunjukkan bahwa tidur telanjang tidak hanya bermanfaat untuk organ reproduksi pria, tetapi juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut penelitian dari Institut Nasional Kesehatan Anak dan Pengembangan Manusia di Maryland serta Universitas Stanford di AS, pria yang tidur telanjang dapat mengurangi risiko kerusakan sperma hingga 25 persen.

Studi lain yang dilaporkan oleh Daily Telegraph melibatkan 500 pria untuk mengamati hubungan antara pilihan pakaian dalam dan kualitas sperma mereka selama 12 bulan. Hasilnya menunjukkan bahwa pria yang tidur telanjang memiliki peluang lebih besar untuk membuat pasangannya hamil dibandingkan dengan pria yang tidur mengenakan pakaian lengkap.

Menanggapi temuan ini, Allan Pacey, seorang ahli kesuburan dan Profesor Andrologi di Universitas Sheffield, menjelaskan, “Kami telah mengetahui selama beberapa waktu bahwa pria yang meningkatkan suhu testis mereka, baik melalui paparan panas di tempat kerja atau dengan memakai celana dalam yang ketat, memiliki kualitas sperma yang lebih buruk.”

Selain itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa tidur telanjang tidak hanya bermanfaat untuk organ reproduksi pria, tetapi juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat tidur telanjang bagi pria, seperti melansir dari Fatherly, Kamis (22/8/2024).

1. Membantu menurunkan berat badan

Mungkin terdengar aneh, tetapi tidur telanjang bisa membantumu menurunkan berat badan. Sebuah studi dari NIH mengungkapkan bahwa menjaga kulit tetap dingin saat tidur dapat memicu tubuh untuk membakar kalori secara alami.

Ini berhubungan dengan peningkatan lemak cokelat dalam tubuh. Lemak cokelat adalah jenis lemak yang aktif ketika tubuh merasa dingin. Lemak ini bekerja dengan cara memecah glukosa dan lemak untuk menjaga suhu tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa pria yang tidur dalam lingkungan dingin selama sebulan mengalami peningkatan lemak cokelat serta perubahan metabolisme yang mendukung proses penurunan berat badan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Happiness Studies menemukan bahwa menghabiskan lebih banyak waktu dalam keadaan telanjang dapat memperbaiki citra tubuh Anda, meningkatkan harga diri, dan memberikan kepuasan hidup yang lebih besar. Dengan merasa lebih nyaman dan positif tentang tubuh Anda, kepercayaan diri pun ikut meningkat.

3 dari 5 halaman

3. Meningkatkan kesuburan

Ternyata, suhu skrotum yang terlalu tinggi bisa berdampak buruk pada kualitas sperma. Beberapa jenis pakaian dalam dapat meningkatkan suhu ini dan mengurangi jumlah sperma yang aktif.

Penelitian menunjukkan bahwa tidur telanjang dapat membantu menjaga suhu skrotum tetap optimal, yang berdampak positif pada kualitas sperma. Ini adalah metode sederhana dan murah untuk meningkatkan kesuburan pria, tanpa perlu usaha atau biaya tambahan.

4 dari 5 halaman

4. Mengatasi stres dan meningkatkan kedekatan dengan pasangan

Penelitian dari Swedia menunjukkan bahwa kontak kulit-ke-kulit dengan pasangan dapat merangsang pelepasan hormon oksitosin di otak. Hormon ini berfungsi untuk mengurangi stres, meningkatkan rasa kedekatan dan memperkuat gairah seksual.

Jadi, tidur telanjang bersama pasangan tidak hanya meningkatkan hubungan emosional, tetapi juga membantu Anda merasa lebih santai dan terhubung.

5 dari 5 halaman

5. Meningkatkan kualitas tidur

Menjaga suhu tidur yang ideal sangat penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Penelitian menunjukkan bahwa tidur dalam kondisi dingin membantu Anda tidur lebih nyenyak dan mengurangi kemungkinan terbangun di tengah malam.

Jika kamar tidur Anda tidak dilengkapi dengan pendingin udara, tidur telanjang bisa menjadi solusi efektif untuk mencapai suhu yang tepat dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.