Sukses

Sinergi IMDE dan SMK Sint Joseph untuk Generasi Digital Masa Depan

Sinergi antara SMK Sint. Joseph dan IMDE (Institut Media Digital EMTEK) semakin erat, dengan fokus pada pengembangan keterampilan dan teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Semangat dan harapan membara terlihat jelas di wajah Gerry, siswa SMK Sint. Joseph dari Bajawa, Flores, saat ia menyatakan, “Senang sekolah di Jakarta, karena nanti kalau pulang bisa buka bengkel motor di kampung.”

Pernyataan ini menggambarkan tekad kuat para siswa dari berbagai pelosok Indonesia yang datang ke ibu kota untuk mengejar impian mereka.

Bahasa menjadi salah satu tantangan utama bagi siswa SMK Sint. Joseph yang berasal dari Mentawai, Nias, Ende, dan daerah lainnya, mengingat mereka baru memulai studi di Jakarta pada awal Juli tahun ini.

Meskipun ada kendala dalam berkomunikasi, interaksi yang hangat dan produktif tetap terjalin di Lab Teknologi dan Bisnis SMK yang berlokasi di Jakarta Pusat. Sekolah ini mendidik 85 persen siswa dari luar Jakarta yang menerima beasiswa penuh, tinggal di asrama, dan hanya bisa pulang setelah lulus.

Kepala SMK Sint. Joseph, Dodot Willy Edi Wibowo, mengungkapkan bahwa pihaknya kini membuka peminatan Desain Komunikasi Visual untuk menjawab kebutuhan dan minat anak-anak milenial. Namun, pengalaman di Jakarta membawa tantangan tersendiri, terutama dalam hal teknologi dan bahasa.

“Anak-anak lebih cepat belajar komputer dibandingkan bahasa,” tambah Dodot.

Sinergi antara SMK Sint. Joseph dan IMDE (Institut Media Digital EMTEK) semakin erat, dengan fokus pada pengembangan keterampilan dan teknologi.

Sementara itu, Rektor IMDE, Totok Amin Soefijanto, menegaskan, “Kita punya semangat yang sama dalam mencerdaskan anak bangsa. Tidak hanya mendidik untuk meraih gelar sarjana tetapi juga berdampak untuk adik-adik SMK."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

IMDE menawarkan berbagai program studi

IMDE, yang sebelumnya dikenal sebagai ATVI (Akademi Televisi Indonesia), menawarkan berbagai program studi termasuk S1 Bisnis Digital, S1 Produksi Entertain, S1 Kajian Film, Televisi dan Media, D4 Produksi Media, dan D3 Digital Media Advertising.

Selain itu, IMDE menyelenggarakan berbagai workshop untuk kepala sekolah dan humas SMK serta SMA. Workshop ini meliputi pelatihan kehumasan, pengelolaan branding di media sosial, dan training lighting, yang dilaksanakan di kampus yang terintegrasi langsung dengan studio-studio Indosiar di EMTEK City.

 

3 dari 3 halaman

Kolaborasi ini diharapkan bisa membuka banyak peluang bagi siswa SMK Sint. Joseph

Dalam rangka meningkatkan kerjasama, IMDE dan SMK Sint. Joseph pada, Kamis (22/8/2024), menandatangani MoU yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan teknologi dan keterampilan yang dibutuhkan di bidang kreativitas.

“IMDE memiliki inisiatif-inisiatif yang dapat dilakukan bersama dengan SMK Sint. Joseph terutama dalam hal peningkatan seperti penguasaan teknologi dan skil yang diperlukan untuk bekerja dalam area pekerjaan kreativitas nantinya," jelas Totok.

Kolaborasi ini diharapkan akan membuka lebih banyak peluang bagi siswa SMK Sint. Joseph dan memperkuat jembatan antara pendidikan dan dunia industri kreatif di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.