Sukses

3 Cara Atasi Nasi Kering di Rice Cooker, Jadi Lebih Pulen

Atasi nasi kering di rice cooker dengan trik sederhana: gunakan segelas air dan mode warm Intro

Liputan6.com, Jakarta Memasak nasi menggunakan rice cooker memang sangat mudah dan praktis. Namun, kadang-kadang kita menghadapi masalah seperti nasi yang menjadi kering. Situasi ini bisa membuat kita bingung, terutama jika nasi yang kering tersebut masih dalam jumlah yang cukup banyak. Tapi jangan khawatir, ada solusi sederhana untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa trik yang bisa Anda coba.

Nasi yang kering di rice cooker bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, nasi yang sudah terlalu lama dibiarkan di dalam rice cooker dapat mengering karena panci yang panas akan terus membuat nasi kehilangan kelembapannya, terutama di bagian bawah dan pinggir. Kedua, nasi bisa menjadi kering jika rice cooker dibiarkan terbuka dalam waktu yang lama. Beberapa jenis rice cooker bisa terbuka dengan sendirinya, dan jika ini terjadi, udara luar yang masuk akan menyebabkan nasi menjadi kering.

Jangan terburu-buru membuang nasi yang sudah kering. Meskipun nasi kering mungkin kurang enak untuk disantap, masih ada cara untuk mengembalikannya ke tekstur yang lebih pulen. Berikut adalah trik yang bisa Anda coba, seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan akun @ownerbumicampernik.

Menurut TikTok/@ownerbumicampernik, salah satu cara untuk mengatasi nasi kering adalah dengan menggunakan air. Berikut adalah langkah-langkahnya yang dirangkum pada Jumat (23/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Siapkan Segelas Air

Tempatkan sebuah gelas berisi air di tengah-tengah nasi. Pastikan Anda menggunakan gelas kaca atau plastik yang tahan panas dan aman untuk makanan.

3 dari 11 halaman

Tutup Rice Cooker

Setelah menempatkan gelas berisi air ke dalam rice cooker, tutup rapat dan biarkan dalam mode hangat selama sekitar satu jam.

4 dari 11 halaman

Biarkan Uap Bekerja

Air dalam gelas akan memanas dan berubah menjadi uap. Uap ini kemudian akan mengembun di permukaan nasi yang kering, membuatnya kembali lembut dan lezat.

Nasi sampai kering seperti kerak karena lupa menutup Magicom, ujar TikTok/@ownerbumicampernik dalam unggahan terbarunya, sebagaimana dilaporkan oleh BrilioFood.

5 dari 11 halaman

Hasil dan Reaksi Pengguna

Setelah satu jam, buka rice cooker dan keluarkan gelas berisi air. Anda akan melihat nasi yang lebih pulen dan siap untuk dinikmati kembali. Trik ini sangat mudah dilakukan dan sangat berguna jika nasi Anda sudah terlanjur mengering.

Meskipun trik ini sangat praktis, ternyata belum banyak yang mengetahuinya. Banyak warganet yang merasa terbantu dan mengucapkan terima kasih di kolom komentar TikTok/@ownerbumicampernik, seperti:

Wah, bermanfaat banget buat aku yang sering lupa menutup magic com, kata TikTok/@irma_ajaah.

Akhirnya ada tips ini, capek banget lihat nasi banyak yang kering. Makasih tipsnya, kak, sambut TikTok/@ulandrcans.

Terima kasih, kemarin saya buang, ungkap TikTok/@karinayliya.

Trik ini bisa menjadi solusi praktis untuk masalah nasi kering dan membantu Anda menghindari pemborosan makanan. Cobalah di rumah dan nikmati nasi pulen yang kembali lezat!

6 dari 11 halaman

Netizen Bertanya Seputar Nasi

7 dari 11 halaman

Apa tips agar nasi tidak kering setelah dimasak?

Gunakan perbandingan air yang tepat, masak dengan api kecil setelah air mendidih, dan biarkan nasi dalam keadaan tertutup setelah dimasak.

8 dari 11 halaman

Bagaimana cara menyimpan nasi agar tetap pulen?

Simpan nasi dalam wadah tertutup dan bisa menambahkan sedikit air sebelum memanaskannya kembali.

9 dari 11 halaman

Kenapa nasi bisa menjadi keras setelah didiamkan?

Nasi bisa menjadi keras setelah didiamkan karena kehilangan kelembapan. Memanaskannya dengan sedikit air bisa membantu.

10 dari 11 halaman

Apakah nasi yang sudah kering bisa digunakan untuk masakan lain?

Ya, nasi kering bisa digunakan untuk membuat nasi goreng atau hidangan lain yang memerlukan nasi matang.

11 dari 11 halaman

Apa perbedaan antara nasi pulen dan nasi kering?

Nasi pulen memiliki tekstur lembut dan agak lengket, sedangkan nasi kering cenderung terpisah dan keras.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini