Sukses

Momen Haru Gajah Diselamatkan Setelah 24 Tahun di Kandang Beton, Bikin Netizen Pilu

Video tersebut menunjukkan Guillermina, yang dijuluki Guille, akhirnya merasakan kebebasan setelah menghabiskan sebagian besar hidupnya di kandang beton.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video mengharukan telah membuat haru netizen ketika Guillermina, seekor gajah yang menghabiskan 24 tahun di penangkaran, pertama kali melangkah keluar ke tempat perlindungan barunya di Brasil.

Klip tersebut, yang dibagikan di TikTok oleh @globalelephants, telah viral dan menarik perhatian. Klip tersebut menunjukkan Guillermina, yang dijuluki Guille, akhirnya merasakan kebebasan setelah menghabiskan sebagian besar hidupnya di kandang beton.

Guillermina, yang kini berusia 25 tahun, dan ibunya dikurung di lubang bawah tanah selama beberapa dekade. "Guillermina bahkan tidak pernah menginjak rumput, jadi semuanya terasa baru baginya," kata seorang perwakilan dari Global Sanctuary for Elephants kepada Newsweek. Transisi ke tempat perlindungan itu sangat membebani bagi kedua gajah, yang telah terbiasa dengan lingkungan dinding semen yang keras.

@globalelephants One of the favorite memories that a few of you brought up over the past few days was when we watched Guille take her first step backward, out of the barn. Scott and Kat rewatched the video and gave these thoughts on this moment: It’s amazing to see how different she was. She has grown so much. She’s come so far and just completely transformed. They were so sheltered; I think it’s a reminder of how isolated their world was. When we saw them in that pit, it was hard to imagine them being anywhere else. But seeing her here now, immersed in sanctuary life, you can’t imagine her anywhere else. Looking back, it’s easy to forget the little tiny steps that were so impactful. Pocha and Guillermina took hours to come out of their crate. The reality is, that with the limited life that they lived before sanctuary, autonomy was intimidating. Though they had the ability to leave, they spent a few days in the barn for most of the time. While a lot of people were anxiously waiting for them to leave the barn, explore, and meet other elephants, we were anticipating this being a longer process for them. Our role at this time was to simply watch, listen, and let them know that we were there for them, for whatever they needed.� This first step, backwards, out of the barn, was incredibly brave. We were so proud of her, Pocha was proud of her, and Guille was proud of herself. For the first time, they were given choice, and Guille chose to take that first step on a new journey — all on her own. #elephants #sanctuary #healing #animalrescue #animalsoftiktok #animallover #elephantlover #fyp #rescue #gseGUILLE #amazinganimals #elephant #wildliferescue ♬ original sound - Global Sanctuary for Elephants

Setelah tiba, pasangan itu menghabiskan beberapa minggu di pusat perawatan tempat perlindungan atas pilihan mereka sendiri. Guillermina menunjukkan perilaku yang aneh, awalnya keluar dari semua gerbang dan berjalan mundur ke halaman. Meskipun alasan di balik ini masih belum jelas, hal itu menambah pesonanya.

Tragisnya, ibu Guillermina meninggal dunia tak lama setelah mereka tiba di tempat perlindungan tersebut. Meskipun mengalami kehilangan ini, Guillermina telah beradaptasi dengan baik dengan lingkungan barunya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proyek Global Sanctuary for Elephants

Untungnya, Guillermina telah menjalin ikatan dengan gajah-gajah lain di tempat perlindungan tersebut, membawa kegembiraan dan energi muda ke dalam kelompok tersebut.

"Dia sehat dan berkembang sebagai anggota termuda dari kawanan gajah di tempat perlindungan kami. Dia memiliki energi yang sangat besar dan suka menjelajahi habitat untuk menghibur dirinya sendiri," kata perwakilan tersebut. 

Elephant Sanctuary Brazil, tempat Guillermina sekarang tinggal, adalah proyek awal Global Sanctuary for Elephants. Tempat perlindungan tersebut membentang seluas 2.800 hektar di tepi hutan hujan Amazon dan dipilih karena iklimnya yang sedang dan vegetasi yang rimbun, yang menyediakan kondisi ideal bagi gajah untuk tumbuh subur.

Suaka margasatwa ini, yang dipimpin oleh para ahli perawatan gajah ternama, menampung lima hewan, yang sebagian besar sudah memasuki usia senja. Suaka margasatwa ini menawarkan perawatan yang penting, otonomi maksimal, dan kesempatan untuk hidup dalam kawanan sambil menjelajahi habitat alam yang luas.

 

3 dari 4 halaman

Dampak buruk penangkaran gajah

The Smithsonian Magazine menyoroti dampak buruk penangkaran pada gajah, dengan menambahkan bahwa gajah yang ditangkap mati tujuh tahun lebih cepat daripada gajah yang dibiakkan di penangkaran.

Suaka margasatwa ini bertujuan untuk menangkal dampak tersebut dengan menawarkan lingkungan yang lebih alami dan lebih kaya. Pintu pusat perawatan di sana tetap terbuka, sehingga gajah seperti Guillermina bebas datang dan pergi sesuka hati, memastikan mereka hidup di luar sepanjang tahun.

Kisah Guillermina dan perjalanannya menuju kebebasan telah menyentuh hati banyak orang. Upaya suaka margasatwa ini tidak hanya mengubah hidupnya, tetapi juga menarik perhatian pada nasib gajah di penangkaran. "Ayah Guille, Tamy, yang tinggal di dekat Guille di bagian yang berdekatan dari lubang bawah tanah di Mendoza Ecoparque, sedang menunggu pemindahan ke Elephant Sanctuary Brazil," tambah perwakilan tersebut.

Mendoza Ecoparque telah membuat keputusan sukarela untuk memindahkan gajah-gajahnya ke tempat perlindungan tersebut, termasuk Tamy, yang sedang menjalani pelatihan penguatan positif untuk mempersiapkan pemindahan.

 

4 dari 4 halaman

Respons netizen

Video tersebut dengan cepat menjadi viral di media sosial, ditonton oleh banyak orang di seluruh TikTok. Sejauh ini, video tersebut telah disukai lebih dari 1,3 juta kali di platform tersebut.

Seorang pengguna, Melissa Elayne DuBoi, berkomentar: "Sangat menyedihkan bahwa mereka diperlakukan dengan buruk sampai-sampai rumput, pohon, alam menjadi menakutkan bagi mereka. Bayi-bayi yang malang, terima kasih telah menyayangi mereka."

Claire Noble berkata: "Gadis pemberani Guillermina.. Kamu bisa melakukannya.. Beberapa manusia seharusnya tidak boleh berada di dekat hewan. Terima kasih telah menyelamatkannya."

Asosiasi Bunga Matahari menambahkan: "Fakta bahwa gajah dapat mendengarkan dunia melalui kaki mereka membuat hal ini semakin menyedihkan karena dia terjebak tanpa sensasi alami tersebut."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.