Sukses

Dukung UMK Menuju Pangan Lezat dan Sehat Lewat Kolaborasi Frisian Flag dan Grab Food

Acara ini bertujuan untuk memperkuat sektor Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Indonesia dengan fokus pada peningkatan kualitas pangan, serta edukasi mengenai standar keamanan pangan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka merayakan bulan UMK Nasional Indonesia, Frisian Flag Indonesia (FFI) dan GrabFood Perwira menggelar acara bertajuk Teras Perwira x Frisian Flag: Hari UMK. Acara ini bertujuan untuk memperkuat sektor Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Indonesia dengan fokus pada peningkatan kualitas pangan, serta edukasi mengenai standar keamanan pangan.

UMKM berperan penting dalam perekonomian Indonesia, berkontribusi sebesar 61% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), setara dengan Rp9.580 triliun.

UMKM juga menyerap 97% tenaga kerja di Tanah Air, dengan total 66 juta UMKM yang terdaftar pada tahun 2023 menurut data KADIN Indonesia. Melihat peran vital ini, FFI berkomitmen untuk mendukung UMK dalam meningkatkan daya saing dan kualitas produk mereka.

Sebagai bagian dari program 'Orang Tua Angkat' yang diprakarsai oleh Badan POM, FFI bersama GrabFood Perwira menghadirkan berbagai inisiatif untuk membantu UMK.

Program Teras Perwira x Frisian Flag: Hari UMK mencakup edukasi tentang standar kualitas dan sertifikasi keamanan pangan. Kolaborasi ini juga bertujuan memberikan kesempatan kepada UMK untuk berinovasi dalam bidang makanan dan minuman dengan menggunakan produk dari Frisian Flag.

Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, mengatakan bahwa peran FFI selaku Orang Tua Angkat UMK Pangan Olahan Program BPOM adalah amanat yang diemban untuk berkontribusi pada pembangunan bangsa Indonesia, khususnya pelaku UMK. Kontribusi ini disalurkan lewat sosialisasi dan edukasi pangan sehat dan aman.

“Kolaborasi FFI dengan komunitas GrabFood Perwira memberikan kesempatan kepada UMK terkhusus merchant GrabFood, untuk berinovasi dan menggali peluang di bidang makanan dan minuman yang kami fasilitasi yakni dengan menggunakan produk Frisian Flag," ucap Andrew, dalam keterangannya, Jumat (22/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komitmen membangun Indonesia yang sehat, sejahtera dan selaras

Lebih lanjut ia mengatakan, "Kesadaran akan produksi pangan sehat dan aman akan meningkatkan daya saing UMK pangan olahan dan diharapkan akan meningkatkan penjualan dan kesejahteraan pelaku UMK."

Kolaborasi ini adalah salah satu program yang ditujukan untuk membantu mewujudkan misi FFI membangun Indonesia yang sehat, sejahtera, dan selaras, yang selaras dengan visi kami yaitu, Nourishing Indonesia to Progress.

3 dari 4 halaman

Edukasi dan sosialisasi

Acara ini juga menyajikan rangkaian lokakarya kreatif, di mana FFI akan memfasilitasi pelaku UMKM, khususnya merchant GrabFood, dengan produk-produk seperti susu kental manis dan susu cair.

Edukasi tentang sertifikasi keamanan pangan akan diberikan kepada sekitar 80 hingga 100 merchant GrabFood dari berbagai daerah di Jabodetabek, Karawang, Serang, dan Cilegon.

 

4 dari 4 halaman

Dukungan berkelanjutan untuk UMK

FFI terus berkomitmen untuk mendukung UMK melalui berbagai kegiatan interaktif yang melibatkan pembicara ahli di bidang kualitas pangan, keamanan produk, pemasaran, hingga fotografi makanan.

Selain itu, acara ini juga menyajikan demo memasak menggunakan bahan dasar susu sebagai salah satu kegiatan menarik untuk mempromosikan inovasi dalam pengolahan pangan.

"Dengan kolaborasi ini, Frisian Flag Indonesia dan GrabFood Perwira berharap dapat mendorong UMK untuk berkembang, meningkatkan kualitas produk mereka, dan berkontribusi lebih besar pada perekonomian nasional," tutup Andrew.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.