Sukses

5 Tanda Hubunganmu Sudah Tidak Sehat, Segera Akhiri

Memilih untuk tetap dalam hubungan yang merugikan adalah keputusan yang perlu dipertimbangkan ulang. Terutama jika Anda selalu berada di pihak yang disalahkan dan merasa tidak pernah bahagia.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pasangan merasa terjebak dalam hubungan yang tidak sehat, meski mereka sangat mencintai satu sama lain.

Rasa sayang yang mendalam seringkali membuat seseorang bertahan meskipun mereka tahu hubungan tersebut tidak membawa kebahagiaan. Namun, cinta buta bukanlah alasan yang cukup untuk terus bertahan jika Anda harus menahan rasa sakit yang berkepanjangan.

Memilih untuk tetap dalam hubungan yang merugikan adalah keputusan yang perlu dipertimbangkan ulang. Terutama jika Anda selalu berada di pihak yang disalahkan dan merasa tidak pernah bahagia.

Jika Anda merasa terjebak dalam situasi seperti ini, mungkin sudah saatnya untuk membuka hati dan mencari kesempatan baru. Berikut beberapa tanda bahwa Anda menjalani hubungan tidak sehat, seperti melansir dari Boldsky, Selasa (27/8/2024).

1. Mengatur emosimu

Merasa cemburu dalam sebuah hubungan adalah hal yang wajar dan sering terjadi. Cemburu bisa muncul sebagai reaksi terhadap situasi yang tidak nyaman atau kekhawatiran tentang kepercayaan dalam hubungan.

Namun, cara pasanganmu merespons rasa cemburu ini sangat penting untuk kesejahteraan emosionalmu dan kesehatan hubungan secara keseluruhan.

Jika Anda merasa cemburu dan pasangan Anda tidak hanya gagal menenangkanmu, tetapi malah mengatur dan mengatakan bahwa Anda terlalu dramatis, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan kembali hubunganmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Dibandingkan dengan mantan atau orang lain

Pernahkah pasanganmu membandingkanmu dengan mantan atau orang lain? Jika ini sering terjadi dalam hubunganmu, maka itu adalah tanda yang serius bahwa mungkin sudah saatnya untuk mengevaluasi kembali hubunganmu.

Dibandingkan dengan mantan atau orang lain adalah tanda yang jelas bahwa pasanganmu mungkin tidak sepenuhnya menghargaimu.

Menggunakan orang lain sebagai tolak ukur untuk menilaimu bisa merusak harga diri dan kepercayaan dirimu. Setiap individu unik, dan hubungan yang sehat seharusnya berdasarkan penghargaan dan penerimaan terhadap siapa dirimu sebenarnya.

3 dari 4 halaman

3. Memintamu melakukan sesuatu

Cinta sejati adalah tentang saling menerima dengan tulus, menghargai satu sama lain, dan mendukung dalam setiap keadaan.

Namun, jika pasanganmu memintamu melakukan sesuatu sebagai syarat untuk membuktikan cintamu, terutama jika permintaan tersebut memaksa dan memojokkanmu, maka ini adalah tanda bahwa hubungan tersebut tidak sehat.

4 dari 4 halaman

4. Ketika dia ada masalah, dia selalu menyalahkanmu

Dalam sebuah hubungan, tidak jarang kita menghadapi berbagai tantangan yang menguji kekuatan cinta. Setiap hubungan pasti mengalami masalah, dan seringkali kita berharap semuanya bisa berjalan mulus seperti yang kita bayangkan.

Namun, jika Anda menemukan dirimu terus-menerus mengalah meski tidak salah, ini bisa menjadi sinyal bahwa hubunganmu mungkin memerlukan evaluasi lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.