Sukses

5 Cara Menebalkan Rambut yang Tipis dan Mudah Rontok

Berikut beberapa cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk membuat rambutmu lebih tebal dan bervolume.

Liputan6.com, Jakarta - Rambut seringkali menjadi bagian penting dari penampilan seseorang. Karena itu, banyak individu merasa perlu merawatnya dengan serius. Namun, masalah kerontokan rambut kerap mengganggu kepercayaan diri dan penampilan.

Salah satu penyebab utama kerontokan rambut adalah kesalahan dalam penggunaan sampo serta alat dan bahan perawatan rambut lainnya.

Namun, ada solusi untuk masalah ini! Berikut beberapa cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk membuat rambutmu lebih tebal dan bervolume, seperti dilansir dari Good Housekeeping, pada Jumat (30/8/2024).

1. Pilih Sampo dan Kondisioner untuk Menebalkan Rambut

Kunci utama untuk merawat rambutmu adalah dengan rutin mencuci rambut atau keramas seminggu dua kali. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerontokan pada rambutmu. Jika Anda ingin memiliki rambut yang tebal dan bervolume, gunakan sampo dan kondisioner untuk mencuci rambut.

Gunakan sampo dan kondisioner yang berlabel volumizing atau trickening. Dengan memilih produk sampo dan kondisioner tersebut, Anda akan memperoleh rambut tebal dan bervolume. Kandungan volumizing dan trickeing yang ada di dalamnya juga mampu melindungi rambut dari kerusakan.

2. Gunakan Produk Penebal Rambut

Anda dapat menggunakan produk penebal rambut untuk memberikan kesan volume pada rambutmu. Produk penebal rambut yang dapat Anda gunakan seperti serum dan gel. Serum dan gel dapat membantu melapisi rambut agar tampak bervolume secara cepat dan tahan lama.

Produk ini digunakan setelah Anda keramas yaitu saat rambut dalam keadaan basah. Kemudian, dibiarkan sampai rambut mengering.

Anda juga dapat menggunakan semprotan pengakar rambut. Produk ini biasanya digunakan individu yang berambut lepek. Penggunaan semprotan pengakar rambut dapat memberikan kelenturan dan tekstur bervolume pada akarnya. Sehingga, rambutmu terlihat tebal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut

Kebiasaan mencatok rambut secara terus-menerus tentu dapat merusak rambutmu. Sering mencatok rambut menyebabkan rambut kusut, bercabang, bahkan rontok. Ketika rambut mengalami kerontokan yang akan terjadi adalah rambut menjadi tipis.

Untuk mengatasi hal tersebut, penting bagimu untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut dengan mengurangi penggunaan catokan yang panas secara berlebihan. Anda juga dapat menggunakan semprotan pelindung panas untuk rambut saat mencatok.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kondisioner di bagian kulit kepala dan rambut dengan secukupnya. Serta disarankan untuk tidak sering keramas.

3 dari 4 halaman

4. Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Rambut

Faktor pendukung untuk menghasilkan rambut yang sehat dan tebal adalah dengan mengonsumsi makanan yang membantu menyehatkan rambut.

Nutrisi yang masuk ke tubuh juga dapat menentukan rambut yang sehat dan tebal atau malah rambut rusak. Rambut rusak disebabkan oleh kadar nutrisi dalam darahmu rendah. Selain itu juga karena kekurangan vitamin dan mineral.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein rendah lemak, vitamin B lemak kompleks, zat besi dan asam lemak omega-3.

Makanan seperti ikan salmon, alpukat, kacang tanah, bayam dan telur juga bisa membantu pertumbuhan rambutmu. Dengan mengonsumsi makanan tersebut Anda akan memperoleh rambut yang tebal dan sehat.

4 dari 4 halaman

5. Sesuikan Potongan Rambut

Untuk mendapatkan hasil rambut yang tebal, Anda juga dapat menyesuikan potongan rambut dengan jenis rambutmu.

Membentuk model rambut yang sesuai juga dapat membuat penampilanmu lebih menarik, terutama bagian wajahmu. Hal ini yang membuat seseorang terdorong untuk menentukan gaya potongan rambut yang membuat rambut tebal.

Jika Anda memiliki jenis rambut yang lurus, maka cobalah untuk memotong rambut dengan model sedikit pendek atau bob tumpul. Potongan rambut seperti itu akan menambahkan volume pada rambut lurus yang membuat rambut terlihat tebal.

Namun, jika Anda memiliki rambut yang bertekstur seperti ikal atau bergelombang, cobalah untuk memotong rambut model layer atau segi. Potongan rambut seperti ini untuk jenis rambut bertekstur mampu mengurangi kesan berat pada rambut, tetapi tetap terlihat tebal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.