Sukses

5 Bahan Alami Ini Ampuh Meredakan Jerawat Membandel di Wajah

Untuk mengatasi jerawat di wajah ada beberapa bahan alami yang dapat membantu meredakan jerawat tersebut seperti anggur, madu, hingga kunyit.

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat di wajah membuat seseorang merasa tidak percaya diri dan ingin cepat-cepat menghilangkannya. Bahkan tak jarang ditemukan seseorang menggunakan acne patch untuk menutupi jerawat.

Penyebab munculnya jerawat karena kelenjar minyak di kulit memproduksi lebih banyak minyak sehingga menyebabkan menggumpalnya sel kulit mati dan kotoran yang membuat terhambatnya folikel rambut.

Untuk mengatasi jerawat kamu dapat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat seperti yang dilansir dari Everyday Health, Selasa (26/03/2024) berikut ini:

1. Anggur

Buah berwarna unggu yang biasanya dijadikan cemilan atau campuran salad ini dapat dijadikan sebagai obat untuk meredakan jerawat. Senyawa antioksidan resveratrolnya pada anggur dapat mencegah tubuhnya bakteri penyebab jerawat. Kamu dapat mengaplikasikannya ke wajahmu dengan cara dioleskan.

Pertama, potong buah anggur menjadi dua sampai tiga bagian. Kemudian, oleskan ke wajahmu dengan cara digosok secara merata di bagian wajah dan lehermu. Tunggu beberapa menit setelah itu bilas dengan air dingin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Madu

Madu yang dikenal sebagai obat sakit tenggorokan juga dapat meredakan jerawat di wajah. Kandungan enzim glucose oxidase dala madu bersifat antibakteria yang menghambat tubuhnya bakteri. Hal ini yang membuat madu dapat mempercepat penyebuhan jerawat pada wajahmu.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Sebelum menggunakan masker madu, kamu harus membilas wajah dengan air hangat. Setelah itu, keringkan wajahmu dengan handuk dan oleskan madu secara merata ke wajah. Kamu dapat menunggu selama 30 menit agar masker madu meresap ke kulit wajahmu. Terakhir, bilaslah wajahmu dengan air hangat.

3 dari 5 halaman

3. Oatmeal

Oatmeal bermanfaat dalam melindungi kulit dan mampu menghidrasi tubuhmu. Sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya mampu meredakan iritasi akibat dermatologis seperti gatal, ruam, dan luka bakar. Namun, secara spesifik oatmeal tidak sepenuhnya menyembuhkan jerawat. Oatmeal hanya dapat meredakan dan menghindari iritasi pada jenis kulit kering yang berjerawatan.

Cara menerapkannya ke wajah yaitu kamu perlu mencampurkan 2 sendok teh oatmeal dan 1 sendok teh baking soda. Setelah itu, campur dengan air hangat hingga membentuk pasta. Jika sudah membentuk pasta maka kamu daoat langsung mengoleskannya ke bagian wajah dan gosokan secara halus seperti dengan melakukan eksfoliasi. Setelah dirasa cukup, kamu dapat membilasnya dengan air bersih.

4 dari 5 halaman

4. Timun

Timun memiliki banyak fungsi baik untuk kesehatan tubuh maupun wajah. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara dimakan langsung atau menempelkanya pada wajah. Kandungan yang terkandung di dalamnya mampu meredakan dan menghidrasi kulit yang berjerawat. Sehingga, timun menjadi salah satu cara alami yang mudah dan praktis untuk kamu jadikan sebagai obat meredakan jerawat di wajahmu.

Pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat masker timun, yaitu siapkan satu hingga dua buah timun sesuai kebutuhan. Kemudian, cuci dan haluskan timun tersebut. Selanjutnya, oles halusan timun tadi ke wajahmu. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dangan air dingin.

5 dari 5 halaman

5. Kunyit

Rempah-rempah yang biasa dijadikan sebagai bumbu masakan ini dapat meredakan jerawat yang membandal di wajahmu. Kandungan antioksidan dan antiradang yang terkandung di dalamnya mampu mengobati jerawatmu. Dengan mengoleskan ke wajah, kunyit akan menenangkan peradangan dan menghambat jerawat yang akan muncul kembali.

Cara yang harus kamu lakukan adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh bubuk kunyit, ½ tepung kacang arab dan minyak almond. Lalu campurkan dengan air sampai menjadi pasta. Setelah itu, oleskan secara merata dan tunggu 5 menit.

Langkah gosokan seperti sedang melakukan eksfoliasi kemudian bilas dengan air dingin. Untuk penggunaan masker kunyit perlu diperhatikan waktu pengaplikasiannya sebab terlalu lama kunyit didiamkan pada wajah Anda, maka akan semakin sulit warna kuning kunyit menghilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.