Sukses

5 Tips Ini Bisa Membantumu Tidur Nyenyak dan Atasi Insomnia

Insomnia dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Untuk mengatasi insomnia anda dapat melakukan berbagai cara seperti menjadwalkan waktu tidur, tidak minum kopi hingga menenangkan pikiran.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu termasuk seseorang yang memiliki kebiasaan tidur pagi dan bangun siang hari? Tahukah kamu bahwa hal semacam itu sering disebut insomnia.

Insomnia merupakan gangguan waktu tidur yang tidak sehat. Selain mempengaruhi kesehatan, insomnia juga dapat menganggu suasana hati Anda sepanjang hari saat beraktivitas.

Gejala yang sering dirasakan seseorang yang mengalami insomnia adalah mereka sulit tidur pada malam hari, kesulitan fokus saat bekerja, lelah saat siang hari dan cemas hingga depresi.

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang mengalami insomnia, maka segera atasi insomnia itu. Anda dapat melakukan beberapa cara seperti yang dilansir dari Penn Medicine, Rabu (08/01/2020) berikut ini

1. Buat Jadwal Tidur

Insomnia atau kesulitan tidur dapat diatasi dengan membuat jadwal tidur secara pribadi. Mungkin selama ini Anda selalu terjaga pada malam hari karena Anda belum membuat batasan kapan harus memberikan waktu untuk tubuh beristirahat. Untuk itu mulailah membuat jadwal kapan Anda tidur dan bangun.

Lakukan hal tersebut setiap hari sekalipun saat Anda libur. Dengan melakukan kebiasaan semacam itu Anda akan terhindar dari insomnia. Selain itu, aktivitas Anda akan terlihat lebih produktif karena jam istirahat yang baik. Anda akan siap memulai hari-hari yang baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Jangan Minum Kopi Menjelang Waktu Tidur

Minum kopi saat siang menjelang sore membuat Anda sulit untuk tidur di malam harinya. Kandungan kafein di dalam kopi mampu bertahan selama enam jam di dalam tubuh. Sehingga, ketika Anda minum kopi pada jam tiga atau empat sore, besar kemungkinan Anda akan mengalami insomnia.

Selain itu, kandungan kafein juga membuat diri Anda bergantung pada minuman tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mengonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung protein dan biji-bijian. Selain itu, Anda juga dapat menggantinya dengan meminum air putih. Selain, mengatasi insomnia tubuh Anda akan menjadi lebih sehat.

3 dari 5 halaman

3. Olahraga Pagi

Olahraga teratur membuat tubuh sehat dan berenergi. Selain itu, dengan berolahraga Anda akan lebih mudah untuk tidur di malam hari setelah seharian beraktivitas. Berkativitas pada siang hari dapat membantu mengurangi stess di malam hari.

Walaupun beraktivitas memiliki manfaat untuk mengatasi stress, tetapi tetap lakukan olahraga pada pagi hari sebelum Anda melakukan aktivitas tersebut. Dengan berolahraga membuat diri Anda lebih rileks dalam menjalani hari dan membuat suhu serta detak jantung stabil. Sehingga, setelah beraktivitas lamanya, tubuh Anda siap untuk tidur tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

 

4 dari 5 halaman

4. Menenangkan Pikiran

Insomnia dapat terjadi karena Anda tidak mencoba untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat melakukan mandi sebelum tidur. Anda juga dapat melakukan meditasi, membaca buku atau sekadar mendengarkan musik untuk menenangkan pikiran setelah berakvitas penuh seharian.

Hal ini membantu Anda agar dapat segera tidur sesuai dengan jadwal yang telah Anda tetapkan. Kegiatan menenangkan pikiran ini juga dapat membantu menetralisir detak jantuk dan tekanan darah. Selain itu, memberikan manfaat mengurangi stress dipikiran yang membuat Anda dapat tertidur tenang tanpa gangguan.

5 dari 5 halaman

5. Jangan Bekerja di Tempat Tidur

Jika Anda memiliki kebiasaan bekerja di tempat tidur, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami insomnia. Misalnya seperti bekerja dengan laptop atau menonton series di laptop Anda. Hal ini terjadi karena otak Anda mengalami asosiasi antara memberikan perintah untuk tidur atau melanjutkan pekerjaan tersebut yang menyebabkan Anda tidak siap untuk tidur dan beristirahat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu membatasi aktivitas seperti membuka laptop baik untuk bekerja atau sekadar hiburan saat waktu menjelang tidur. Anda juga disarankan untuk tidak membuka handphone saat menjelang tidur. Hal ini dilakukan agar hormon melantonin dapat bekerja dengan baik saat hendak tertidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.