Sukses

6 Manfaat Meditasi yang Harus Kamu Tahu, Tak Cuma Membantu Atasi Hilangnya Fokus

Ketika Anda rutin melakukan meditasi, banyak manfaat yang dirasakan bagi kesehatan pikiran dan tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda merasa stress berlebihan perasaan takut dan cemas memenuhi seluruh tubuh Anda. Bahkan pikiran Anda hanya terfokus ke hal-hal yang bersifat negatif. Hal ini membuat konsentrasi diri Anda tidak berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi rasa takut dan cemas serta kehilangan fokus, Anda dapat melakukan meditasi. Meditasi merupakan sebuah praktik untuk menenangkan pikiran dengan melakukan beberapa teknik. Hal ini dapat dilakukan secara sendiri di rumah Anda. Dengan melakukan meditasi membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang.

Selain menenangkan diri, ada beberapa manfaat lainnya yang dapat dirasakan ketika rutin melakukan meditasi setiap harinya seperti yang dikutip dari Health Shot, Selasa (21/05/2024) berikut ini

1. Mengurangi Stress

Meditasi memiliki manfaat untuk kesehatan mental seseorang. Jika Anda senang melakukan meditasi maka kecil kemungkinan Anda akan mengalami stress. Stress kronis pada manusia dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya bagi mental seseorang.

Biasanya orang yang mengalami stress berat beresiko terkena serangan kecemasan berlebihan, penyakit kardiovakular seperti serangan jantung hingga stroke, dan depresi. Untuk mengatasi hal tersebut maka Anda perlu melakukan meditasi secara teratur. Meditasi memiliki fungsi menurunkan kortisol atau hormon stress pada manusia. Dengan meditasi Anda telah mengurangi stress berlebihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Insomnia merupakan gangguan tidur yang dialami seseorang saat malam hari. Gejalanya sepeti sulit tidur di malam hari atau terbangun saat sedang tidur dan tetap terjaga sampai pagi. Gangguan insomnia ini dialami oleh 10 sampai 30 persen populasi di dunia.

Berdasarkan penelitian Journal of Family Medicine and Primary Care gangguan tidur atau insomnia salah satu yang mempengaruhi kualitas tidur manusia. Hal ini yang menyebabkan stress dan kelelahan saat beristirahat. Untuk mengatasi kualitas tidur yang lebih baik Anda dapat mencoba untuk memulai meditasi. Ketika Anda melakukan meditasi maka tubuh Anda akan terasa lebih rileks dan pikiran Anda menjadi lebih tenang. Sehingga, saat malam hari pikiran Anda siap untuk tidur.

3 dari 6 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Emosional

Jika Anda rutin melakukan meditasi maka hidup Anda akan teasa lebih positif. Meditasi sering disangkutpautkan dengan pandangan hidup yang optimis dan peningkatan citra diri. Meditasi dapat mengurangi zat kimia sikotin yang dapat mengurangi gejala depresi.

Setelah Anda melakukan meditasi, zat kimia sikotin dilepaskan dengan baik sebagai respons dari stress. Hal ini yang membuat suasana hati menjadi lebih baik dan kesehatan mental Anda tetap terjaga. Sehingga, tingkat kesehatan emosional Anda tetap stabil dan meminimalisir meluapnya emosi akan hal-hal kecil.

4 dari 6 halaman

4. Meningkatkan Konsentrasi

Banyaknya kegiatan sepanjang hari dan tugas-tugas yang harus diselesaikan membuat fokus Anda terkadang terpecah. Bahkan kemungkinan Anda kehilangan fokus karena pikiran yang berlebihan. Hal ini yang membuat tugas-tugas Anda terlewatkan bahkan melewati waktu tenggat.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi fokus dan perhatian, maka Anda perlu mencoba melakukan meditasi. Meditasi dapat meningkatkan ketahan dan kekuatan fokus Anda. Sehingga, pikiran Anda menjadi lebih terkonsentrasi untuk menyelesaikan tugas dari aktivitas sehari-hari.

5 dari 6 halaman

5. Menghindari Perasaan Cemas Berlebihan

Cemas berlebihan membuat seseorang merasa takut, tiba-tiba mual, dan merasa mulas di perut. Hal semacam itu menggangu aktivitas seseorang bahkan dapat menghilangkan fokus. Rasa cemas terjadi karena diri kita mengalami tekanan berlebihan.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat melakukan meditasi. Meditasi dapat meningkatkan relaksasi dan kesadaran tinggi tentang hal-hal yang harus dilewati. Secara signifikan hal ini dapat mengatasi masalah suasana hati dan mengurangi rasa cemas ketika ada pada posisi yang menakutkan diri Anda.

6 dari 6 halaman

6. Menurunkan Tekanan Darah

Meditasi baik untuk kesehatan jantung Anda. Tidak hanya mengurangi stress, meditasi juga dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh. Tekanan darah yang tinggi beresiko menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Menurut penelitian International Journal of Hypertension meditasi membuat sinyal saraf terrelaksasi dan tekanan darah menurun. Meditasi juga membuat koordinasi jantung dan ketegangan pembuluh darah berfungsi dengan baik. Hal ini menunjukan bahwa meditasi membantu dalam kesehatan kardiovakular dan meningkatkan umur yang panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.