Sukses

Dorong Inovasi Pemuda, Kemenpora Gelar Kreativesia 2024

Program ini bertujuan untuk memfasilitasi para pemuda agar dapat mengembangkan keunikan, ciri khas, dan kecerdasan yang mereka miliki.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI terus menggalakkan pengembangan kreativitas generasi muda melalui program Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (Kreativesia) 2024. Program ini bertujuan untuk memfasilitasi para pemuda agar dapat mengembangkan keunikan, ciri khas, dan kecerdasan yang mereka miliki.

"Pekan Kreativesia ini merupakan upaya untuk mengembangkan dan menghidupkan kreativitas generasi muda di berbagai bidang. Setiap anak muda dilahirkan dengan keunikan dan kehebatan serta kecerdasan yang beragam. Semua anak muda itu unik dan berbakat hebat, yang harus kita kembangkan dengan berbagai pendekatan,” ungkap Asrorun Ni'am Sholeh, 

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, yang mewakili Menpora Dito Ariotedjo saat membuka acara tersebut. Pekan Kreativesia 2024 ini diikuti oleh ratusan pemuda dari seluruh Indonesia dan berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru, pada Jumat malam (30/8/2024).

Sholeh menjelaskan, tujuan dari Pekan Kreativesia 2024 adalah untuk memberi ruang bagi para pemuda Indonesia dalam berbagi ide, pengalaman, dan karya inovatif. 

Program ini juga diharapkan mampu meningkatkan kreativitas, kolaborasi, dan kemampuan mereka untuk menemukan solusi atas berbagai tantangan yang ada di masyarakat, baik di tingkat lokal, nasional, maupun global.

“Kreativitas dan inovasi yang diapresiasi dalam Kreativesia 2024 ini membuktikan bahwa sumber daya manusia unggul, terutama yang ada di kalangan pemuda, sangat kompetitif di persaingan global,” jelas Sholeh.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pentingnya pemuda untuk terus berinovasi

Roy Rizali Anwar, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan yang mewakili Gubernur, menyambut baik inisiatif tersebut. Ia menekankan bahwa saat ini generasi muda menghadapi tantangan besar di era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat. 

Oleh karena itu, pemuda harus terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas agar mampu bersaing di tingkat internasional.

“Kreativesia adalah salah satu langkah pemerintah Indonesia untuk mendorong pemuda lebih berinovasi dan kreatif dalam menghadapi tantangan masa depan. Kami berharap forum ini tidak hanya menjadikan pemuda sebagai penonton, tetapi juga sebagai pelaku aktif dalam pembangunan dan perubahan di Indonesia,” kata Roy.

 

3 dari 3 halaman

Pembuktian pemuda Indonesia mampu jadi agen perubahan

Roy juga mengingatkan para peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin, demi meningkatkan kreativitas, konektivitas, kolaborasi, dan kemampuan dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada.

“Kita berkumpul di sini bukan hanya untuk bersaing dan menunjukkan karya, tetapi juga untuk saling mendukung, menginspirasi, demi tujuan yang sama, yaitu membangun Indonesia yang lebih baik,” tegas Roy.

Ia pun menambahkan, “Mari kita jadikan Kreativesia 2024 sebagai momentum pembuktian kepada dunia bahwa pemuda Indonesia mampu menjadi penggerak perubahan dan agen inovasi.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini