Sukses

Top 3: Posisi Tidur Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Artikel tentang posisi tidur terbaik untuk kesehatan jantung, mending miring ke kiri atau kanan?menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Posisi tidurmu di malam hari bisa memengaruhi kesehatanmu. Misalnya, tidur telentang dengan bantal di bawah punggung bisa membantu mengatasi nyeri punggung, tetapi juga bisa memperburuk gejala sleep apnea.

Tidur miring lebih baik untuk sleep apnea, tetapi Anda mungkin merasa tidur miring bisa menyebabkan nyeri pada tulang belakang.

Jika Anda memiliki kondisi jantung, sebaiknya hindari tidur miring ke kiri karena bisa meningkatkan tekanan pada jantung. Akan tetapi, diperlukan lebih banyak penelitian tentang hal ini.

Meski demikian, para peneliti telah menemukan bahwa kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan penyakit lainnya. Jadi, sebagian besar dokter setuju bahwa posisi tidur terbaik untukmu adalah yang paling nyaman bagimu.

Artikel tentang posisi tidur terbaik untuk kesehatan jantung, mending miring ke kiri atau kanan?menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 4 zodiak yang punya energi positif, bikin orang di sekelilingnya bahagia.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang ikut Paralimpiade, pria tertinggi kedua di dunia terpaksa tidur di lantai usai tak ada kasur yang muat.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Posisi Tidur Terbaik untuk Kesehatan Jantung, Mending Miring ke Kiri atau Kanan?

 

Melansir dari Healthline, Senin (2/9/2024), tidur miring ke kiri bisa membantu individu yang mengalami refluks asam dan penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Sebuah studi tahun 2022 menemukan bahwa tidur miring ke kiri dikaitkan dengan paparan asam yang jauh lebih singkat dan pembersihan esofagus yang lebih cepat daripada tidur miring ke kanan.

Ada juga beberapa bukti bahwa tidur miring ke kiri bisa memiliki beberapa efek pada jantung. Pada tahun 1977, para peneliti pertama kali memperhatikan bahwa tidur miring menyebabkan perubahan nyata pada aktivitas listrik jantung yang diukur dengan elektrokardiogram (EKG).

Para peneliti menemukan efek yang lebih nyata ketika para peserta berbaring miring ke kiri. Dalam studi tahun 2018 yang lebih baru, para peneliti juga menemukan bahwa tidur miring ke kiri dikaitkan dengan perubahan EKG pada peserta yang sehat.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. 4 Zodiak yang Punya Energi Positif, Bikin Orang di Sekelilingnya Bahagia

Setiap zodiak memiliki karakteristik uniknya masing-masing, namun ada beberapa astrologi yang dikenal memiliki energi positif yang menular.

Zodiak-zodiak ini dikenal karena semangat dan sikap optimis mereka, yang membantu mereka menghadapi kehidupan dengan lebih ceria dan penuh energi.

Mereka menunjukkan bahwa menghadapi hidup dengan sikap positif dan semangat yang tinggi tidak hanya membuat hari-hari mereka lebih ceria, tetapi juga mempengaruhi orang di sekitar mereka. Mereka percaya bahwa memiliki pandangan positif adalah kunci untuk meningkatkan suasana hati dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Penasaran siapa saja mereka? Ini dia zodiak yang memancarkan energi positif, seperti melansir dari Pinkvilla, Minggu (1/9/2024).

1. Aries

Aries, yang lahir antara 21 Maret hingga 19 April, dikenal dengan vitalitasnya yang menular. Setiap hari, mereka bangkit dengan semangat baru, siap menghadapi tantangan.

Mereka tidak membiarkan emosi negatif menguasainya, dan lebih memilih untuk menyelesaikan perasaannya dengan cara yang sehat. Dengan fokus pada kebahagiaan pribadi dan tidak membiarkan ekspektasi orang lain mengganggu, pemilik zodiak ini berkomitmen untuk menjalani hidup dengan bahagia dan tanpa kebencian.

2. Capricorn

Capricorn, memiliki sikap optimis yang membangkitkan semangat. Mereka percaya bahwa kebahagiaan berasal dari tempat yang memuaskan dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kemarahan atau kepasrahan.

Sebagai tanda bumi, individu dengan zodiak ini lebih memilih untuk memperbaiki masalah daripada mengeluh tentangnya. Mereka menyadari bahwa perubahan harus dimulai dari diri sendiri, dan ini mendorongnya untuk terus maju dengan penuh energi.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Ikut Paralimpiade, Pria Tertinggi Kedua di Dunia Terpaksa Tidur di Lantai Usai Tak Ada Kasur yang Muat

Juara bola voli duduk Iran - dan pria tertinggi di dunia yang kedua - telah tidur "di lantai", setelah mengetahui bahwa tidak ada tempat tidur khusus yang disediakan untuknya di Desa Paralimpiade di Paris.

Morteza Mehrzadselakjani, bintang tim bola voli duduk Republik Islam Iran, sedang bertanding untuk meraih medali emas ketiganya dan gelar Paralimpiade ke-8 bagi tim tersebut.

Atlet berusia 36 tahun itu memiliki tinggi 2,46 meter, karena kondisi langka yang disebut akromegali yang menyebabkan pertumbuhan berlebih di beberapa bagian tubuh, dan memerlukan tempat tidur khusus yang dibuat untuk mengakomodasi tinggi badannya.

Pelatihnya Hadi Rezaeigarkani mengatakan bahwa ia telah diberi tempat tidur di pertandingan Tokyo 2020, tetapi menemukan bahwa tidak ada tempat tidur yang disediakan untuknya di desa Paralimpiade di Paris. "Ia akan berbaring di lantai," kata Tn. Rezaeigarkani.

Namun, hal ini tidak akan menghalangi Mehrzadselakjani untuk bersaing memperebutkan medali emas, sang pelatih menambahkan.

"Ia tidak memiliki tempat tidur khusus, tetapi ia memiliki tujuan terpenting dalam benaknya. Tidak masalah baginya apakah ia akan berbaring di lantai atau tidak akan memiliki cukup makanan. Dengan cara apa pun, ia memiliki tekad untuk menjadi juara," katanya kepada Olympics.com.

Iran telah mengalahkan Ukraina dan Brasil dalam pertandingan pembuka mereka, dan akan menghadapi Jerman pada hari Selasa.

Mehrzadselakjani melakukan debut Paralimpiade di Rio pada tahun 2016, di mana Iran memenangkan medali emas, setelah berada di urutan kedua pada pertandingan Inggris pada tahun 2012.

Ia dinobatkan sebagai Pemain Paling Berharga dan Spiker Terbaik di Tokyo 2020, dan Spiker Terbaik di kejuaraan dunia 2022.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.