Sukses

Ujian Sebentar Lagi? Jangan Panik, Lakukan 5 Persiapan Ini Agar Ujianmu Lancar

Jangan khawatir saat ujian tiba, Anda dapat melakukan beberapa persiapan agar ujian berjalan dengan lacar salah satunya datang tepat waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda memiliki jadwal ujian pekan depan, apa yang akan Anda lakukan sebelum harinya tiba? Anda mungkin akan mempersiapkan diri seperti belajar atau bahkan bersantai sejenak untuk menjernihkan pikiran.

Mengikuti ujian bagi sebagian orang adalah hal yang menakutkan dan terkadang membuat pikiran terfokus hanya pada satu titik saja. Namun, tak jarang ditemukan orang-orang yang menyukai ujian.

Bagi Anda yang akan melaksanakan ujian pada waktu mendatang, Anda tidak perlu khawatir dan takut untuk menghadapinya. Anda dapat melakukan beberapa persiapan sebelum ujian seperti yang dilansir dari Harvard Summer School, Kamis (29/09/2022) agar ujian Anda berjalan dengan lancar

1. Belajar Dengan Baik

Anda akan menghadapi ujian dengan waktu yang telah ditentukan, maka tentukan waktu belajar Anda dengan baik. Lakukan belajar Anda jauh sebelum ujian diselenggarakan. Hal ini berfungsi agar Anda dapat memahami dan mengingat materi untuk ujian dengan baik.

Jika Anda mengikuti bimbingan belajar, manfaatkan hal tersebut dan tanyakan kepada mentor Anda tentang materi yang belum Anda pahami. Namun, jika Anda hanya belajar sendiri, buahlah panduan belajar seperti langkah sederhana secara rutin supaya Anda menguasai materi dan siap untuk menjawab saat ujian berlangsung. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Belajar Secukupnya, Jangan Diforsir

Menjelang ujian sebagian besar orang akan melakukan belajar secara ektra. Bahkan tak jarang ditemukan orang-orang yang menghabiskan malamnya hingga pagi hari hanya untuk belajar. Hal tersebut tidak baik bagi kesehatan Anda dan menyebabkan stress.

Selain itu, Anda akan kesulitan mengingat apa yang telah dipelajari karena terlalu memaksakan otak untuk menyimpan banyak informasi. Agar ujianmu dapat berjalan dengan lancar dan apa yang Anda pelajari dapat diserap dengan baik, maka jangan menerapkan belajar dengan keras. Belajarlah dengan baik dan istirahat secara teratur.

3 dari 5 halaman

3. Beri Waktu Tidur yang Baik

Tidur teratur dengan waktu yang cukup mampu membantu Anda berpikir secara jernih saat terbangun pada pagi hari. Tidur yang cukup menjadi faktor pendukung ujian Anda berhasil. Memiliki waktu tidur yang cukup juga dapat mengatasi stress dan cemas saat menghadapi ujian.

Ketika Anda memberikan waktu untuk beristirahat dengan baik, maka apa yang masuk ke dalam otak seperti materi yang Anda pelajari dapat diserap dengan baik. Sebab kebiasaan tidur yang baik mampu memperkuat daya ingat. Hal ini membantu Anda agar siap menghadapi ujian dan mampu menjawab soal dengan baik. 

4 dari 5 halaman

4. Sarapan Pagi

Sebelum melaksanakan ujian ada baiknya Anda memberikan asupan makanan ke tubuh Anda. Ujian dengan perut kosong membuat Anda tidak fokus dan sulit untuk berpikir jernih. Bagi sebagian orang makan pagi dengan keadaan gugup menjelang ujian memang tidak mudah.

Namun, dapat diatasi dengan memperkirakan kapan wakt terbaik untuk Anda sarapan. Anda dapat mengonsumsi makanan yang sehat seperti campuran karbohidrat dan protein seperti gandum, telur, kacang-kacangan dan lainya. Hindari makanan yang mengandung gula untuk menghindari rasa lelah karena energi yang cepat habis. Usahakan untuk minum air putih secara cukup.

5 dari 5 halaman

5. Datang Tepat Waktu

Saat hari menjelang ujian tiba, usahakan untuk datang tepat waktu. Hal ini dilakukan untuk menghindari terlambat saat ujian. Ketika Anda terlambat kemungkinan waktu pengerjaan ujian akan lebih sedikit. Bahkan yang lebih parah jika Anda tidak dipersilahkan untuk mengikuti ujian karena terlambat.

Datang tepat waktu membantu Anda mengurangi rasa stress berlebihan. Anda dapat membaca kembali rangkuman materi yang telah Anda persiapkan dan membahasnya bersama dengan teman. Selain itu, Anda juga dapat mempersipkan diri dan mental sebelum memulai ujian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.