Sukses

7 Bahan Alami untuk Cerahkan Siku dan Lutut, Wajib Dicoba Sendiri

Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui home remedies yang efektif untuk menghilangkan siku dan lutut yang gelap secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga penampilan dari luar memang sangat penting agar terlihat menarik dan tentunya supaya kita bangga dan bahagia saat melihat diri sendiri. Maka dari itu, tubuh harus benar-benar dirawat dengan baik supaya tidak timbul rasa kurang percaya diri.

Salah satu hal yang sering menjadi permasalahan bagi beberapa orang yaitu siku hitam dan juga lutut terlihat lebih gelap dibandingkan area tubuh lainnya. Meskipun ini sangat wajar, kondisi ini sering kali disebabkan oleh berbagai faktor termasuk gesekan, paparan sinar matahari, dan perawatan kulit yang tidak memadai.

Apalagi kulit di kedua area tersebut secara alami lebih tebal dan memiliki lebih sedikit kelenjar minyak, yang membuatnya lebih rentan terhadap kekeringan dan perubahan warna. Gesekan terus-menerus akibat berbaring di permukaan yang keras, dikombinasikan dengan kebiasaan kurang menggunakan pelembap, dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan menghitamkan seiring waktu.

Meskipun ada banyak produk yang dirancang untuk mengatasi area yang gelap, banyak orang memilih bahan alami yang bisa ditemukan di rumah untuk mencerahkan dan mempercantik area yang sering kali terabaikan ini. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Menghimpun dari beberapa sumber, Rabu (4/9/2024), berikut adalah daftar home remedies yang dapat Anda coba untuk menghilangkan siku dan lutut yang gelap secara alami. Namun, perlu diingat kalau artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan pengganti saran, diagnosis, atau perawatan profesional, ya. 

Selain itu, sebaiknya hentikan perawatan jika Anda mengalami iritasi atau masalah kulit lainnya yang timbul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Siku dan Lutut Berwarna Gelap

Jaringan kulit di lutut dan siku umumnya lebih tipis. Itu sebabnya lebih rentan terhadap kerusakan. Kulit di area tersebut menjadi lebih gelap akibat paparan sinar matahari sehingga mengakibatkan hiperpigmentasi.

Alasan lain di balik lutut dan siku Anda yang gelap bisa jadi karena produksi melanin yang berlebihan, pigmen yang menentukan warna kulit, atau penumpukan sel kulit mati.

Jika Anda mengenakan pakaian ketat, lutut dan siku akan bersentuhan dengan kain, terutama saat duduk atau membungkuk. Hal ini juga bisa menyebabkan lutut dan siku menjadi lebih gelap.

Mengatasi kulit gelap bisa membuat frustasi karena banyak faktor. Namun, hal tersebut tidak perlu bersifat permanen karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan menggunakan beberapa bahan rumahan yang akan kami informasikan di bawah ini.

3 dari 5 halaman

1. Lemon dan Madu

Untuk bahan alami pertama, Anda bisa mencampurkan jus lemon segar dan madu dalam jumlah yang sama. Oleskan campuran ini ke area yang gelap dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Vitamin C dalam jus lemon membantu mengurangi produksi melanin dan sifat menghidrasi madu menjaga kulit Anda tetap lembut dan halus.

2. Baking Soda dan Lemon

Selain menggunakan madu, Anda bisa menggunakan baking soda atau soda kue untuk mencerahkan siku dan lutut yang menghitam. Cara yang bisa dilakukan yaitu ambil satu sendok makan soda kue dan jus lemon, lalu gabungkan hingga membentuk pasta halus.

Pijat lembut pasta ini dengan gerakan memutar selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

4 dari 5 halaman

3. Aloe Vera Gel

Dalam menggunakan lidah buaya untuk mengatasi area yang gelap, ambil gel dari daun lidah buaya segar dan oleskan langsung ke area yang terkena. Biarkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Dengan menggunakan lidah buaya secara teratur dapat meningkatkan warna dan tekstur kulit serta membantu menghilangkan siku dan lutut yang gelap.

4. Minyak Kelapa dan Lemon

Campurkan satu sendok makan minyak kelapa dengan satu sendok teh jus lemon dan oleskan secara merata. Lalu, pijat lembut area tersebut selama beberapa menit, lalu diamkan sekitar 15 menit sebelum dibilas.

Kombinasi ini membantu menutrisi dan mencerahkan kulit, menjadikannya bahan yang efektif untuk siku dan lutut yang gelap.

5. Kunyit dan Susu

Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan susu secukupnya untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Kunyit mengurangi pigmentasi. Sementara susu membantu meregenerasi dan melembapkan kulit.

5 dari 5 halaman

6. Kentang

Cara lain yang bisa dipakai yaitu coba gunakan saja kentang! Sayuran ini memiliki khasiat memutihkan kulit yang membantu mengurangi bekas luka dan flek hitam.

Jadi, untuk menghilangkan lutut dan siku yang gelap, gosokkan irisan kentang atau pijatkan jus kentang ke lutut dan siku Anda. Anda juga bisa mencampurkan jus lemon untuk meningkatkan khasiatnya. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

7. Minyak Zaitun dan Gula

Sering kali, untuk menghilangkan lutut dan siku yang gelap, seseorang harus berusaha mengurangi penumpukan sel kulit mati. Campuran ini berfungsi untuk itu.

Minyak zaitun bantu menghidrasi kulit serta bertindak sebagai penghalang dari gesekan. Di sisi lain, gula mengelupas kulit dan menghilangkan sel kulit mati.

Campurkan satu hingga dua sendok makan minyak zaitun dengan sesendok gula. Oleskan campuran ini pada lutut dan siku yang gelap. Pijat dengan lembut agar tidak melukai kulit Anda. Diamkan selama lima menit, lalu bilas dengan sabun dan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.