Sukses

Bolehkah Produk Skincare di Dalam Kulkas? Ini Fakta yang Perlu Diketahui

Menyimpan skincare di tempat yang tepat penting agar produk tersebut berfungsi dengan baik. Nah, haruskah Anda menyimpannya di kulkas?

Liputan6.com, Jakarta - Menyimpan barang di tempat yang aman menjadi hal yang tidak boleh terlupakan dan harus diperhatikan. Termasuk juga skincare yang biasa Anda pakai. 

Apalagi sudah menjadi rahasia umum, bahwa produk skincare memang harus disimpan yang sejuk dan kering. Hal ini bertujuan untuk menjaga efektivitas produk serta tidak cepat kedaluwarsa. 

Nah, terkadang untuk mengakali hal tersebut, akhirnya Anda menaruh beberapa skincare ke dalam kulkas. Selain memberikan efek segar, Anda mungkin berpikir kalau lebih gampang untuk mencarinya. 

Namun, sebenarnya boleh tidak, ya, menyimpan produk kecantikan ke kulkas? Jika masih ragu untuk melakukannya, artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut.

Dilansir dari Health Shots, Rabu (4/9/2024), ini dia seluk-beluk tentang menyimpan skincare di kulkas. Menyimpan produk perawatan kulit di kulkas dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain:

1. Memperpanjang masa simpan

Suhu dingin dapat membantu memperlambat degradasi bahan aktif dalam produk perawatan kulit.

"Hal ini khususnya berlaku untuk produk alami dan organik yang tidak mengandung bahan pengawet," kata dokter kulit Dr. Vijay Singhal.

2. Meningkatkan khasiat

Menggunakan produk seperti eye cream dan under-eye mask untuk perawatan mata? Mereka dapat lebih efektif dalam mengurangi bengkak, meredakan iritasi, dan meredakan kemerahan jika dioleskan dingin.

3. Efek menenangkan

Penggunaan es secara topikal dapat mengurangi peradangan dan nyeri, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Physiology pada tahun 2017.

“Produk perawatan kulit yang disimpan di tempat dingin seperti kulkas juga dapat meredakan kulit yang teriritasi, merah, atau meradang,” kata Dr. Singhal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Skincare yang Bisa Disimpan di Kulkas

Produk perawatan kulit tertentu dapat bermanfaat jika disimpan di kulkas, lho. Apa sajakah itu? Produk-produk tersebut seperti:

1. Krim mata atau eye cream

Krim mata yang didinginkan dapat membantu mengurangi bengkak dan menenangkan mata yang lelah.

"Menyimpannya di kulkas dapat meningkatkan efek ini, dan membuatnya lebih efektif dalam mengurangi bengkak mata dan menenangkan kulit di sekitar mata," kata sang ahli.

2. Masker wajah atau face mask

Siapa yang suka memakai masker wajah ke dalam rutinitas skincare harian Anda? Rupanya, masker berbasis gel atau sheet mask, terutama yang dibuat untuk menghidrasi dan menenangkan kulit, bekerja lebih baik saat dingin.

Suhu dingin membantu mengurangi peradangan dan menyegarkan kulit.

3 dari 6 halaman

3. Serum

“Serum untuk wajah, terutama yang mengandung Vitamin C, sebaiknya disimpan di kulkas karena rentan terhadap oksidasi,” kata sang ahli.

Mendinginkan vitamin C dapat membantu menjaga khasiatnya, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Composition and Analysis pada tahun 2021.

4. Aloe vera gel

Menurut US National Center for Complementary and Integrative Health, gel lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi kulit terbakar, luka, dan kondisi kulit lainnya seperti jerawat. Menyimpannya di kulkas dapat meningkatkan khasiatnya yang menyejukkan dan menenangkan.

5. Semprotan wajah atau face mist

Semprotan wajah yang menyegarkan dapat lebih menyegarkan jika disimpan di tempat yang dingin.

“Semprotan yang didinginkan dapat membantu menyegarkan kulit dan meredakan kemerahan,” kata Dr. Singhal.

Gunakan produk ini segera setelah terasa nyaman di kulit. Biasanya diperlukan waktu sekitar 5 hingga 10 menit.

4 dari 6 halaman

Skincare yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Selain skincare yang bisa disimpan di kulkas, ternyata ada juga yang tidak boleh disimpan di sana, lho. Sebab, produk tersebut dapat rusak karena suhu dingin. Beberapa skincare itu meliputi:

1. Sunscreen

Menyimpan sunscreen di kulkas dapat menyebabkannya menjadi terlalu kental dan formulanya dapat rusak. Jadi, akan sulit untuk mengoleskannya secara merata pada kulit, dan dapat membahayakan kemampuan produk untuk melindungi dari sinar ultraviolet.

2. Produk berbahan dasar minyak atau oil

Minyak dapat menjadi keruh atau mengeras saat disimpan di kulkas. Hal ini tidak serta-merta merusak produk skincare, tetapi dapat mengubah teksturnya, sehingga lebih sulit diaplikasikan.

3. Lotion

Suhu dingin dapat menyebabkan bahan-bahan lotion terpisah. Hal ini dapat merusak tekstur serta efektivitas produk perawatan kulit. Jadi, simpanlah pada suhu ruangan saja.

4. Produk parfum

Parfum, minyak esensial, dan produk lain yang mengandung banyak wewangian dapat kehilangan aromanya jika terkena suhu rendah. Suhu dingin dapat mengubah keseimbangan senyawa aromatik yang rapuh.

5. Clay-based product

Masker clay dan produk perawatan kulit berbahan dasar clay lainnya dapat mengering lebih cepat jika disimpan di kulkas. Hal ini dapat menyebabkan perubahan konsistensi sehingga sulit diaplikasikan.

5 dari 6 halaman

Suhu Kulkas yang Optimal untuk Skincare

Suhu ideal untuk menyimpan produk perawatan kulit di kulkas adalah sekitar 40 derajat Fahrenheit hingga 50 derajat Fahrenheit atau 4 sampai 5 derajat Celcius.

"Suhu tersebut cukup dingin untuk memperpanjang masa simpan produk dan meningkatkan efek pendinginannya tanpa terlalu dingin hingga merusak konsistensi produk," kata Dr. Singhal.

Meskipun kulkas khusus skincare tidak sepenuhnya diperlukan, kulkas tersebut dapat bermanfaat. Kulkas khusus skincare biasanya lebih kecil dan dirancang untuk mempertahankan suhu yang konsisten.

Menggunakan kulkas dapur tidak masalah, tetapi penting untuk menyimpan produk di area khusus yang tidak akan terkena partikel makanan atau suhu yang berfluktuasi akibat seringnya membuka dan menutup pintu kulkas.

6 dari 6 halaman

Cara Menyimpan Skincare yang Aman

Untuk memastikan produk skincare Anda tetap efektif dan aman, lakukan hal berikut:

  • Udara dan kelembapan dapat merusak banyak produk skincare, jadi pastikan tutupnya selalu tertutup rapat setelah digunakan.
  • Kelembapan dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan degradasi produk. Jika Anda tidak menggunakan kulkas, simpan produk di tempat yang kering dan sejuk, yang berarti jauh dari sinar matahari langsung.
  • Gunakan tangan atau alat yang bersih saat mengaplikasikan produk untuk menghindari masuknya bakteri ke dalam wadah.
  • Bahkan saat didinginkan, produk skincare memiliki masa simpan. Selalu periksa tanggal kedaluwarsa dan perhatikan perubahan warna, bau, atau konsistensi, yang dapat mengindikasikan bahwa produk tersebut rusak.
  • Jika Anda menggunakan kulkas dapur, simpan produk skincare di bagian terpisah untuk menghindari kontaminasi dan paparan bau makanan yang kuat, yang dapat mengubah aroma produk Anda.

Menyimpan produk skincare di kulkas mungkin bermanfaat bagi kulit dan barang-barang tersebut. Menyimpannya di kulkas dapat memaksimalkan masa simpan dan efektivitas produk skincare Anda.

Namun, membeli kulkas skincare bukanlah suatu keharusan. Anda hanya perlu menyimpannya di ruangan yang terhindar dari sinar matahari langsung dan kelembapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.