Sukses

Atasi Flu dengan 5 Cara Mudah Ala Rumahan Ini

Anda dapat melakukan pengobatan rumahan yang dapat meredakan flu yang menyerang tubuh Anda seperti minum air putih secukupnya, beri diri untuk beristirahat dan melakukan uap.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda terserang flu kemudian keadaan memaksa untuk melakukan aktivitas? Apa yang Anda rasakan? Anda pasti merasa terganggu dan tidak dapat mengerjakan aktivitas tersebut secara cepat akibat hidung yang tersumbat dan tenggorokan yang sakit.

Flu disebabkan oleh virus influenza yang menyebar melalui udara dari orang-orang yang terlebih dahulu mengalami gejalanya. Gejala yang dirasakan saat terserang flu adalah batuk, bersin, demam, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, nyeri, hingga menggigil.

Untuk mengobatinya Anda dapat melakukan pemeriksaan dan meminta obat melalui dokter. Namun, ditemukan beberapa cara alami yang dapat membantu meredakan sakit flu yang menyerang tubuh Anda seperti yang dilansir dari WebMD, (09/01/2024) berikut ini

1. Banyak Minum Air Putih

Saat flu menyerang kemungkinan yang akan tubuh Anda rasakan adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Untuk mengobatinya Anda disarankan untuk banyak minum air putih saat sedang flu. Anda dapat minum air putih sebanyak 8 gelas sehari.

Anda juga dapat memberikan asupan minuman seperti jus buah yang sehat dan kaya akan vitamin C. Mungkin Anda akan merasa mual saat meminumnya, tetapi coba untuk tetap meminumnya agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan. Saat sedang flu Anda disarankan untuk tidak minum-minuman berkafein dan alkohol.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Berkumur Air Garam

Anda dapat berkumur dengan air garam saat sedang flu. Berkumur dengan air garam memiliki manfaat untuk membuang lendir yang terkumpul di belakang tenggorokan yang menyebabkan Anda flu. Selain itu, dengan berkumur Anda dapat mengobati telinga yang tersumbat.

Cara yang dapat kamu lakukan adalah melarutkan 1 sdt garam dengan air hangat sebanyak setengah cangkir. Kemudian, aduk garam dan air hangat hingga larut. Setelah larut, Anda dapat langsung berkumur-kumur dengan larutan garam tersebut sebanyak 15 sampai 30 detik.

3 dari 5 halaman

3. Istirahat Sejenak dari Aktivitas

Ketika tubuh terasa tidak enak untuk melakukan aktivitas dan meminta untuk beristirahat, Anda perlu menuruti hal tersebut. Jika tubuh Anda meminta untuk tidur sepanjang hari saat flu, maka baringkan tubuh Anda di atas kasur lalu tidur. Tidur menjadi hal yang penting saat sedang sakit.

Untuk mengobati sakit Anda disarankan untuk tidur dengan cukup. Tidur juga dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi saluran pernapasan seperti gejala flu. Usahakan waktu tidur Anda mencapai durasi ideal yaitu sebanyak 8 jam. Hal ini juga dapat membantu menjaga kekebalan tubuh Anda agar tidak mudah terserang penyakit atau virus.

4 dari 5 halaman

4. Mengonsumsi Sop Panas

Makanan yang terdiri dari sayuran sehat dan segar dengan dipadukan ayam ini menghasilkan kaldu yang enak untuk dimakan. Bagi Anda yang terserang flu, makan sop adalah salah satu cara untuk meredakannya. Berdasarkan penelitian, Chest mengatakan bahwa sop ayam membantu mengobati sakit yang disebabkan oleh saluran infeksi pernapasan salah satunya flu.

Panas kuah sop mampu melegakan tenggorokan dan meminimalisir sakit saat sedang menelan makanan tersebut. Selain itu, saat sedang meneguk sop ayam yang panas, hidung yang menghirup uap mampu memberikan kelegaan dan membuat tubuh Anda menjadi lebih baik. Dengan memakan sop panas Anda telah mengobati flu dan memberikan asupan makanan yang sehat ke dalam tubuh.

5 dari 5 halaman

5. Lakukan Uap

Untuk meredakan sakit flu, Anda dapat mencoba menghirup uap. Uap mampu meredakan rasa sakit tenggorokan dan hidung yang tersumbat. Anda dapat melakukan mandi uap atau dengan cara melakukan uap di panci.

Cara melakukan uap di panci pertama didihkan air di dalam panci. Setelah mendidih, angkat panci dan letakan pada lantai rumah. Selanjutnya, condongkan tubuh anda di atas wadah air dan berikan sedikit jarak. Kemudian, tutup kepala dengan handuk, pejamkan mata, dan lakukan gerakan tarik-buang napas. Anda dapat melakukan kegiatan ini sesering mungkin untuk meredakan hidung yang tersumbat akibat flu. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan sedikit tetesan minyak papaermin atau minyak kayu putih untuk melegakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.