Sukses

Takut Memulai Hubungan Baru? Ketahui 5 Alasan Mengapa Hal Ini Terjadi

Pengen punya pasangan tapi takut untuk memulai, ketahuilah alasan mengapa hal terjadi padamu dan coba atasi dengan menyadarkan diri terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu merasa ingin menjalin hubungan, tetapi malah terjebak dalam rasa takut dan kekhawatiran? Jika ya, kamu tidak sendirian. Banyak individu mengalami ketidaknyamanan atau bahkan trauma akibat pengalaman buruk dalam hubungan sebelumnya.

Rasa takut untuk mengulang kesalahan yang sama atau trauma emosional seringkali membuat kita menutup diri dari kesempatan baru dalam cinta.

Ketakutan semacam ini bisa menghambat perkembangan hubungan yang sehat dan positif. Jika kamu merasa sulit untuk jatuh cinta atau mengembangkan hubungan yang ideal, penting untuk memahami penyebabnya dan mencari cara untuk mengatasinya.

 

Untuk mengetahui hal tersebut, kamu perlu mengetahui alasan mengapa dirimu sulit untuk jatuh cinta dan bagaimana mengatasinya, seperti melansir dari Brides, Senin (9/9/2024).

1. Kamu Menyukai Seseorang yang Tidak Menyukaimu Kembali

Pernahkah kamu merasakan kedekatan dengan seseorang, hanya untuk menyadari bahwa hubungan tersebut tidak berlanjut karena orang tersebut tidak merasakan hal yang sama?

Situasi ini sering terjadi ketika seseorang hanya melihatmu sebagai teman, bukan sebagai calon pasangan. Ini bisa menjadi tanda bahwa kamu tertarik pada seseorang yang tidak memenuhi kebutuhan emosionalmu.

Menghadapi kenyataan bahwa seseorang tidak membalas perasaanmu memang bisa menjadi hal yang sulit. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi dan memahami situasi ini agar kamu bisa bergerak maju dengan lebih baik.

Kamu dapat melihatnya melalui gaya keterikatanmu dengan dirinya. Apakah jika bersama denganya kebutuhan emosionalmu dan dirinya dapat saling terpenuhi atau sebaliknya.

Dengan memperhatikan tanda-tanda sebelum melangkah ke hubungan yang lebih jauh akan meningkatkan hubungan yang mendalam serta membuat kamu dan dia untuk saling jatuh cinta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Takut Hubungan yang Gagal

Apakah kamu merasa takut untuk memulai hubungan baru karena pengalaman buruk di masa lalu? Banyak individu yang mengalami kekerasan emosional, pengkhianatan, atau hubungan yang tidak sehat menjadi enggan untuk membuka hati lagi.

Jika kamu merasa demikian, kamu tidak sendirian. Pengalaman negatif ini bisa membuatmu merasa tidak layak untuk menjalin hubungan yang sehat, bahkan jika kamu sebenarnya sangat ingin memulainya.

3 dari 5 halaman

3. Takut Disakiti

Menghadapi kegagalan dalam hubungan sebelumnya memang bisa sangat menantang. Bayangan tentang apa yang terjadi di masa lalu, termasuk tindakan mantan pasangan yang mungkin menyakitkan, bisa membuatmu merasa trauma dan takut untuk membuka hati bagi orang baru. Ketakutan ini seringkali menghambat kita dari menemukan cinta sejati dan mengalami hubungan yang memuaskan.

Namun, jika kamu membiarkan rasa trauma dan ketakutan ini terus menguasai dirimu, hasilnya hanya akan kekosongan dan rasa tidak puas dalam hidup. Kamu mungkin akan terus menghindari kesempatan untuk menjalin hubungan baru, membuat orang-orang yang mencoba mendekatimu sulit untuk benar-benar masuk ke dalam hidupmu.

 

Untuk mengtasi hal tersebut, coba untuk membiarkan orang baru masuk ke hidupmu dan memprcayainya untuk membangun hubungan denganmu. Kamu juga harus meyakini diri bahwa risiko jatuh cinta dengan orang yang tidak tepat akan membuatmu terluka.

4 dari 5 halaman

4. Tidak Menentukan Kriteria Pasangan

Salah satu alasan mengapa sulit untuk jatuh cinta adalah karena ketidakjelasan mengenai kriteria hubungan dan pasangan yang diinginkan. Tanpa pemahaman yang jelas tentang nilai, moral, dan keyakinan yang kamu cari dalam diri seseorang, menemukan cinta sejati bisa menjadi tantangan.

 

Jika kamu menemukan seseorang dan kamu merasa dirinya tidak memenuhi kriteriamu, tetapi ingin bersama dengan si dia, yang harus kamu lakukan adalah jangan memaksa.

Jangan memaksakan keadaan dan si dia untuk berubah hanya karena ingin terus bersama. Hal tersebut akan menjadi sebuah kesalahan bagi hubunganmu dan membuatmu kecewa.

5 dari 5 halaman

5. Menganggap Tidak Pantas Dicintai

Jika kamu merasa tidak layak untuk dicintai, maka kamu mungkin tidak akan pernah merasakan cinta yang tulus dari orang lain. Keyakinan diri yang rendah bisa menghalangi kesempatanmu untuk membangun hubungan yang sehat dan memuaskan.

Ketika kamu tidak percaya pada dirimu sendiri, kamu cenderung menjauhkan diri dari orang-orang yang ingin mendekat dan memulai hubungan denganmu.

Kamu dapat memulai dengan mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Hal ini bermanfaat bagi dirimu agar kamu tahu pola hubungan dan kriteria pasangan seperti apa yang kamu butuhkan. Setelah melakukan hal tersebut, kamu akan menemukan kebahagian diri dan cinta yang positif serta memiliki value diri dari hubunganmu dan pasangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.