Sukses

Kolaborasi Indonesia dengan Novonesis, Wujudkan Manusia dan Planet yang Sehat dengan Biosolutions

Produk biosolution memberikan manfaat bagi kesehatan manusia, pertumbuhan pangan serta kesehatan planet dengan memanfaatkan bahan baku ramah lingkungan berupa enzim dan mikroba.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan global biosolutions terkemuka di dunia dengan pengalaman lebih dari 100 tahun yang bergerak di sektor pertanian hadir di Acara Food and Ingredients (FI) Asia Indonesia 2024, sebagai salah satu eksibitor dan pengisi acara konferensi. Acara ini digelar pada Rabu (04/09/2024) – Jumat (06/09/2024) tepatnya di JiExpo Hall C1, booth K22, Jakarta Utara.

Novonesis merupakan gabungan dari dua perusahaan besar Novozymes dan Chr. Hansen yang bergerak dibidang biosolutions. Dengan menawarkan tiga cara utama untuk meningkatkan kesehatan dan membantu planet bumi.

Tiga cara tersebut diantaranya biosolutions untuk kesehatan manusia, biosolutions untuk makanan dan minuman, serta biosolutions untuk lingkungan.

Pada dasarnya biosolutions adalah produk layanan dan alat yang asalnya dari sumber biologi dengan mengedepankan bio berbasis solutions.

Novonesis juga memberikan solusi berkelanjutan dengan cara mengurangi bahan dasar kimia, fosil, energi, dan air dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini dihadiri oleh Lensey Chen selaku Regional President APAC and SPV Food and Beverage Biosolutions, Frederik Mejlby sebagai Marketing Vice President Food and Beverage Biosolutions Novonesis, dan His Excellency Mr. Sten Frimodt Nielsen selaku Ambassador of Denmark to Indonesia, Malaysia, Timor-Leste, Papuan New Guinea, and ASEAN.

Lebih dari 30 industri tergabung di dalam perusahaan ini untuk mendukung keberlangsungan planet bumi. Dengan jumlah karyawan sebanyak 10.000 orang tersebar di seluruh dunia.

Bahan dasar pengolaan produk ini dengan menggunakan mikroba dan enzim yang di-reduce menjadi sebuah produk makanan yang sehat dan ramah bagi lingkungan.

 “And today biosolutions can already not only product, but a good effect enviroment,’ ujar Lensey dalam Acara Food and Ingredients (FI) Asia Indonesia 2024 di JiExpo, Jakarta Utara.

Hal ini dilakukan melalui tujuan biosolutions yaitu dengan mengubah cara manusia memproduksi, mengonsumsi, dan mejalani hidup dengan dengan memanfaatkan produk reduce biosolutions dari enzim dan mikroba.

Dengan melakukan cara tersebut biosolustions telah meminimalisir sebanyak 4,3 miliar ton emisi karbon di dunia.

Novonesis sudah tersebar di seluruh dunia yang mengedepankan potensi dalam pertumbuhan bio ekonomi yang berfokus pada energi terbaru guna meningkatkan kualitas hidup secara lokal.

Dengan harapan ke depannya dapat me-reduce 30 triliun emisi karbon di dunia. Sesuai dengan moto biosolutions ‘we better the world biotechnology’ yaitu membuat dunia yang lebih baik dengan teknologi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menggunakan Bahan Biologis Menciptakan Produk Menyehatkan Manusia dan Planet.

Novonesis sudah ada dalam kehidupan sehari-hari. Produk yang ditawarkan seperti yougurt, ice cream, kopi, hingga sate.

Uniknya pembuatan produk tersebut menggunakan enzim dan mikroba yang berasal dari pertanian. Seperti pembuatan sate yang biasanya menggunakan daging ayam, tetapi untuk biosolutions memilih  menggunakan bahan nabati seperti kacang-kacangan.

Produk lainnya yaitu kopi dengan sedikit foam yang diolah dari bahan dasar oatmeal yang berasal dari enzim. Kandungan enzim di dalamnya mampu mengurangi kadar gula dalam minuman ini. Sehingga, meminimalisir kadar gula tinggi bagi tubuh manusia.

“Kami menerapkan biosolutions di sektor ini untuk meningkatkan efisiensi manufaktur, meningkatkan hasil produksi, memperkaya rasa dan nutrisi, dan mengurangi limbah,” ujar Frederik.

Dengan menggunakan enzim bahan makanan nabati ini memberikan manfaat secara lokal seperti memanfaatkan lahan perkebunan milik sendiri.

Hasilnya secara ekonomis harga produksi dan harga jual menjadi lebih murah.

Penggunaan biosolutions untuk bahan makanan juga dapat memberikan ketahanan waktu simpan lebih lama atau expired dari produk olahan tersebut serta jaminan kesehatan tubuh dan lingkungan yang  berkelanjutan.

Selama kegiatan berlangsung Novonesis juga mengadakan demo cooking dan seminar inovatif tentang biosolutions bagi para pengunjung untuk dapat memperlajari lebih lanjut pembuatan fermentasi roti dan susu.

3 dari 3 halaman

Novonesis Sebagai Awalan Menuju Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045.

Duta besar Denmark untuk Indonesia, Malaysia, Timor-Leste, Papuan New Guinea, and ASEAN, His Excellency Mr. Sten Frimodt Nielsen sangat senang menjadi tamu undangan untuk menyaksikan bergabungnya Indonesia ke dalam perusahaan Novonesis yang merupakan gabungan dua perusahaan besar di Denmark.

Alasan utama memilih Indonesia untuk menjadi bagian Novonesis yaitu mengingat populasi Indonesia yang besar. Jika dilihat dari populasinya, Indonesia jauh lebih besar dibandingkan dengan Denmark yang hanya mencapai lima hingga enam juta penduduk.

Dengan bergabungnya Indonesia dalam company biosolutions ini diharapkan dapat meneruskan sektor global melalui penawaran solusi keamanan pangan, perubahan iklim dan kesehatan bagi banyak orang.

Melalui kolaborasi ini diharapkan dapat mewujudkan peningkatan produksi pangan dengan tujuan menjadikan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia pada 2045 mendatang.

“Novonesis menjadi kekuatan bahan baku utama Denmark yang menawarkan produk biosolutions berkelanjutan. Di Indonesia solusi ini dapat mendorong pembanguan berkelanjutan di sektor pangan dan pertanian, menciptakan ekonomi sirkular, dan serta energi hijau dan biofuel,” ungkap Mr. Sten Frimodt.

Selain itu kolaborasi ini juga bertujuan mempererat hubungan Indonesai dan Denmark di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini