Sukses

Terungkap Membiasakan Membaca Buku 6 Menit Tiap Hari Bisa Membantumu Mengurangi Stres

Penelitian menunjukkan membiasakan membaca buku 6 menit saja tiap hari dapat mengurangi stres

Liputan6.com, Jakarta Tidakkah Anda ingin mencoba kebiasaan sederhana enam menit setiap hari yang dapat membantu Anda merasa tidak terlalu stres?

Orang-orang zaman sekarang mengaku menyerah di bawah tingkat stres yang belum pernah terjadi sebelumnya, namun seorang ahli menyarankan bahwa praktik membaca yang sederhana mungkin memegang kunci untuk meningkatkan kesejahteraan mental Anda. Dan tidak perlu melahap setumpuk literatur; hanya enam menit membaca setiap hari dapat memberikan keajaiban.

Dalam kecepatan hidup yang sibuk saat ini, di mana aksesibilitas konstan melalui aplikasi perpesanan dan perjuangan untuk benar-benar memutuskan hubungan dapat berdampak besar pada kesehatan mental, orang-orang membutuhkan sedikit waktu istirahat.

Yang mengejutkan, sebuah studi yang dipelopori oleh majalah The People's Friend mengungkapkan bahwa hanya satu dari 10 orang Inggris yang berhasil menyempatkan diri untuk bersantai selama satu jam setiap minggu, bahkan ketika 78 persen mengaku merasa lebih rileks setelah menikmati waktu untuk diri sendiri yang berkualitas.

Menurut laporan Mirorr, Lucy Beresford, seorang ahli kesehatan mental, menyarankan: "Penelitian menunjukkan bahwa membaca hanya selama enam menit sehari dapat memberikan dampak dramatis pada kesehatan seseorang. Meluangkan waktu untuk diri sendiri untuk beristirahat dan beralih ke cerita pendek yang bagus, memberikan dorongan mental yang positif dan mengurangi stres, mengendurkan otot dan ketegangan, serta memberi Anda momen penyegaran yang baik."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hambatan seseorang beristirahat

Menariknya, pandangan Lucy didukung oleh statistik, yang mengungkapkan bahwa 69 persen orang merasa bersemangat setelah membaca - namun, meskipun ada keuntungan yang jelas, hampir dua pertiga orang meninggalkan buku dan beralih ke layar, dan lebih dari sepertiga orang Inggris meninggalkan buku di tengah jalan.

Diketahui, hambatan umum untuk meluangkan waktu istirahat meliputi tugas-tugas rumah tangga (52 persen), komitmen pekerjaan (41 persen), dan mengutamakan kebutuhan orang lain daripada perawatan diri mereka sendiri (33 persen). Jajak pendapat tersebut merupakan bagian dari upaya The People's Friend untuk mengajak orang Inggris menikmati membaca hanya selama enam menit setiap hari, dengan dukungan dari Beresford dan pembawa acara TV Sally Lindsay.

Sally berkata: "Semua orang tahu betapa bermanfaatnya membaca, tetapi orang biasanya hanya punya waktu untuk itu sesekali. Dengan cerita pendek, Anda dapat memahami dan menyelesaikannya secepat Anda menikmati secangkir teh, dan itu mendatangkan rasa puas yang tidak Anda dapatkan di tempat lain."

3 dari 4 halaman

5 Tips Ini Bisa Membantumu Tidur Nyenyak dan Atasi Insomnia

Apakah kamu termasuk seseorang yang memiliki kebiasaan tidur pagi dan bangun siang hari? Tahukah kamu bahwa hal semacam itu sering disebut insomnia.

Insomnia merupakan gangguan waktu tidur yang tidak sehat. Selain mempengaruhi kesehatan, insomnia juga dapat menganggu suasana hati Anda sepanjang hari saat beraktivitas.

 Gejala yang sering dirasakan seseorang yang mengalami insomnia adalah mereka sulit tidur pada malam hari, kesulitan fokus saat bekerja, lelah saat siang hari dan cemas hingga depresi.

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang mengalami insomnia, maka segera atasi insomnia itu. Anda dapat melakukan beberapa cara seperti yang dilansir dari Penn Medicine, Rabu (08/01/2020) berikut ini

1. Buat Jadwal Tidur

Insomnia atau kesulitan tidur dapat diatasi dengan membuat jadwal tidur secara pribadi. Mungkin selama ini Anda selalu terjaga pada malam hari karena Anda belum membuat batasan kapan harus memberikan waktu untuk tubuh beristirahat. Untuk itu mulailah membuat jadwal kapan Anda tidur dan bangun.

Lakukan hal tersebut setiap hari sekalipun saat Anda libur. Dengan melakukan kebiasaan semacam itu Anda akan terhindar dari insomnia. Selain itu, aktivitas Anda akan terlihat lebih produktif karena jam istirahat yang baik. Anda akan siap memulai hari-hari yang baru.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

6 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah pepaya memiliki rasa yang manis dan teksturnya yang lembut dapat dijadikan makanan penutup atau cemilan sehat bagi Anda.

Buah dengan warna kulit oren ini memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang sehat untuk tubuh Anda. Jika Anda mengalami gejala sakit bagian perut Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi buah segar ini.

 Pepaya juga mengandung antioksidan dan enzim papain yang baik untuk pencernaan dan mencegah penyakit kardiovakular masuk ke tubuh Anda.

Selain itu, ditemukan beberapa khasiat lainnya jika Anda rutin mengonsumsi buah pepaya seperti yang dilansir dari Health, (01/05/2024) berikut ini

1. Memperlancar Pencernaan

Buah pepaya dengan rasanya yang manis memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Dengan mengonsumsi buah pepaya Anda telah meminimalisir terjadinya gangguan pencernaan pada tubuh Anda. Kandungan enzim papain yang ada di dalam buah ini mampu meningkatkan pencernaan protein yang masuk ke tubuh Anda.

Protein yang masuk ke dalam tubuh dipecahkan oleh ezim papain sehingga protein dapat dicerna dengan lancar. Selain itu, pepaya juga dapat menurunkan risiko sembelit. Jika Anda mengalami gangguan buang air besar maka mengonsumsi pepaya adalah pilihan yang baik.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.