Sukses

5 Manfaat Buah Manggis, Mampu Cegah Diabetes Hingga Kontrol Berat Badan

Buah manggis kaya akan berbagai nutrisi penting seperti kalori, protein, lemak sehat, vitamin C, dan serat. Semua kandungan ini berkontribusi pada manfaat kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta - Buah manggis dikenal dengan rasa manisnya yang khas dan sedikit asam. Memiliki bentuk bulat dengan kulit ungu pekat, buah ini tidak hanya menggugah selera tetapi juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Daging buah manggis yang putih dan lembut sangat lezat dan bisa dikonsumsi setiap hari. Buah ini kaya akan berbagai nutrisi penting seperti kalori, protein, lemak sehat, vitamin C, dan serat. Semua kandungan ini berkontribusi pada manfaat kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut beberapa manfaat buah manggis yang bisa Anda rasakan, seperti melansir dari Health, Jumat (6/9/2024):

1. Kaya antioksidan

Buah manggis tidak hanya dikenal karena rasa lezatnya, tetapi juga karena kandungan nutrisinya yang kaya akan manfaat kesehatan. Salah satu keunggulan utama dari buah ini adalah kandungan antioksidannya, yang terdapat terutama di kulit dan bubuk kulit manggis.

Antioksidan berfungsi penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif. Stres oksidatif ini disebabkan oleh faktor-faktor eksternal seperti polusi dan paparan sinar matahari, serta proses alami dalam tubuh.

Ketika stres oksidatif terjadi, sel-sel tubuh dapat mengalami kerusakan, yang berpotensi memicu berbagai penyakit serius seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kanker.

Selain antioksidan, kulit manggis juga mengandung senyawa a-mangostin yang dapat dimanfaatkan untuk meredakan nyeri saraf, melawan tumor, dan efek antidepresan. Dengan mengonsumsi buah manggis Anda telah memcegah penyakit berbahaya yang mencoba untuk masuk ke tubuh.

2. Penangkal peradangan

Peradangan adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh kita yang melawan infeksi dan cedera. Namun, peradangan bisa dibagi menjadi dua jenis: peradangan akut dan peradangan kronis.

Peradangan akut biasanya berlangsung selama sekitar satu minggu, sementara peradangan kronis bisa berlangsung berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Peradangan yang berkepanjangan ini dapat berkontribusi pada berbagai penyakit serius, termasuk penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan penyakit paru-paru.

Untuk membantu mengatasi dan meredakan peradangan, buah manggis bisa menjadi pilihan alami yang efektif. Buah manggis memiliki khasiat meredakan penyakit radang yang mempengaruhi jaringan dan tulang pada gigi. selain itu buah manggis juga dapat menurunkan kadar protein c-reaktif sebagai penanda radang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mengelola kadar gula darah

Insulin adalah hormon penting yang berfungsi untuk membantu sel-sel tubuh menyerap glukosa dari makanan, sehingga dapat digunakan sebagai energi. Namun, ketika sel-sel tubuh tidak dapat merespons insulin dengan baik, penyerapan glukosa menjadi tidak efektif.

Hal ini menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak insulin untuk mencoba mengatasi masalah tersebut, yang pada akhirnya dapat membebani pankreas.

Ketika pankreas tidak mampu mengatasi beban kerja berlebihan ini, kadar gula darah dapat meningkat, berpotensi menyebabkan diabetes. Untuk membantu mengatasi masalah ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi buah manggis sebagai bagian dari pola hidup sehat Anda.

Buah manggis, yang dikenal dengan kulitnya yang berwarna ungu, mengandung ekstrak yang memiliki manfaat luar biasa dalam mengelola kadar gula darah dan peradangan penyebab diabetes.

3 dari 4 halaman

4. Mengontrol Berat Badan

Obesitas menjadi masalah kesehatan yang semakin umum, dan mengelolanya memerlukan pendekatan yang efektif dan berkelanjutan. Salah satu solusi alami yang dapat membantu adalah buah manggis. Buah ini tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, terutama dalam mengatur berat badan.

Kandungan meratrim di dalamnya mampu mengecilkan lemak di perut dan bagian tubuh lainnya seperti lingkar pinggul, meredakan penyakit kolesterol dan trigliserida. Kandungan ini dianggap aman dan efektif secara umum untuk membantu proses diet.

Selain mengonsumsi buah manggis yang memiliki kandungan meratrim, Anda juga dapat melakukan beberapa cara tambahan untuk mempercepat penurunan berat badan yang idel. Dengan cara memberikan asupan berupa konsumsi 2.000 kalori setiap harinya. Anda juga dapat melakukan olahraga berjalan kaki selama 30 menit salama lima hari dalam seminggu.

4 dari 4 halaman

5. Perawatan Wajah

Buah manggis terkenal tidak hanya karena manfaatnya untuk kesehatan tubuh secara umum, tetapi juga karena khasiatnya yang luar biasa dalam merawat kesehatan kulit wajah.

Ekstrak buat manggis mampu mengobati infeksi kulit, menyembuhkan luka, dan mengobati jerawat membandel. Hal ini terjadi karena dorongan dari kandungan a-mangostik yang biasa digunakan untuk perawat kecantikan dalam bentuk gel.

Kulit manggis juga berfungsi untuk memperkuat braket bagi pengguna behel. Kandungan antioksidannya mampu memutihkan ikatan braket atau gigi. Namun, hal ini dapat menyebabkan kekurangan kekuatan kawat gigi yang membuat braket tidak menempel dengan kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.