Sukses

5 Tips Move On yang Bikin Kamu Lebih Enjoy Menjalani Masa Single

Melupakan orang yang pernah menjadi bagian dari hidupmu bukan hal yang mudah. Namun, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk move on.

Liputan6.com, Jakarta - Saat putus dengan sang kekasih, kamu akan merasa sedih bahkan berpikir untuk kembali bersamanya lagi. Kamu mencari cara agar hubunganmu dengan dirinya kembali membaik.

Namun, jika kamu adalah orang yang memutuskan untuk tidak berhubungan lagi bersama sang mantan artinya kamu memutuskan untuk menjalani proses move on. Move on merupakan proses melupakan seseorang yang pernah ada dalam hidupmu di masa lalu.

Proses move on bukan hal yang mudah, kamu mungkin akan merindukan sosoknya. Namun, tak perlu khawatir dilansir dari Mbgrelationships, (01/02/2024) terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melupakannya seperti berikut ini

1. Biarkan Perasaanmu

Susah move on terjadi karena dirimu selalu memaksa untuk melupakan mantan. Memaksakan perasaan untuk melupakan justru membuat diri semakin sulit untuk melupakan sang mantan. Hal ini membuat kamu semakin menyedihkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu tidak perlu khawatir untuk menghilangkan kenangan bersamanya secara cepat. Rasakan perasaan yang sedang kamu rasakan. Jika dirimu merasa sedih maka ekspresikan saja, tidak perlu ditutup-tutupi. Ketika dirimu menerima kenyataannya maka kamu akan lebih mudah melanjutkan hidup bahkan melupakannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Fokus pada Diri Sendiri

Agar dirimu dapat melupakan sang mantan, cobalah untuk melakukan aktivitas baru yang belum pernah kamu lakukan. Dengan mencoba hal-hal baru membantu mengurangi perasaan emosional akan kenangan masa lalu. Kamu akan lebih fokus pada diri.

Ketika kamu dapat memfokuskan diri, maka ruang untuk mengingat kembali kenangan dengan mantan akan menjadi sedikit. Pikiranmu akan dipenuhi dengan hal-hal baru menyenangkan. Bahkan kamu akan terfokus dengan kebahagiaan dirimu sendiri. 

3 dari 5 halaman

3. Temukan Diri Anda dengan Versi Terbaru

Setelah putus dari mantan kamu boleh merasakan sedih, tetapi tidak dengan berlebihan. Kamu perlu membangun kembali konsep diri dan memandang dirimu menjadi pribadi yang lebih baik. Mulailah untuk melangkah dan melakukan upgrade diri.

Temukan dirimu dengan memperlihatkan sisi lain yang menarik dari karakter yang kamu punya. Anda dapat mencoba melakukan olahraga seperti yoga yang memberikan ketenangan dalam diri. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri. 

4 dari 5 halaman

4. Terhubung Kembali dengan Sahabat

Tanpa sadar saat kamu menjalin hubungan waktu yang dirimu habiskan hanya untuk bersama dengan sang mantan. Terkadang kamu lupa bahwa di sekeliling mu ada sahabat yang mengisi hidupmu sebelum kenal dengan dirinya. Mungkin kalian merasa rindu akan kebersamaan yang pernah dilakukan.

Coba untuk hubungi sahabatmu kembali dan atur jadwal untuk melakukan pertemuan. Mereka tidak akan menolak pertemuan itu. Mereka akan senang jika diajak bertemu kembali. Bertemu dengan sahabat dan saling berbagi cerita akan membuat dirimu merasa hidup kembali.

5 dari 5 halaman

5. Nikmati Masa Singlemu

Setelah putus kamu tidak perlu terburu-buru membuka hati dan menerima orang baru untuk mengisi kekosongan. Kamu dapat memfokuskan hidupmu kepada diri sendiri. Nikmati dahulu masa singlemu.

Menikmati masa single dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal menyenangkan yang dapat membangkitkan semangat. Kamu dapat mencoba untuk melakukannya solo trip, traveling atau mengikuti kegiatan komunitas yang dapat membawamu pada hal-hal baru dan orang baru. Sehingga, masa single lu membentuk kualitas hidup yang baru dan lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.