Sukses

Atasi Lemak di Perut, Ini 5 Olahraga Ringan dan Mudah yang Bisa Dilakukan

Berolahraga secara rutin tidak hanya membantu mempercepat proses diet Anda, tetapi juga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki berat badan yang berlebih bisa membuat pergerakan menjadi lebih sulit, terutama jika lemaknya terkumpul di perut. Hal ini seringkali membuat aktivitas seperti bangkit dari posisi duduk di lantai menjadi tantangan. Jika Anda mengalami hal ini, Anda mungkin berpikir untuk menurunkan berat badan agar perut bisa mengecil.

Berbagai usaha seperti diet ketat, mengonsumsi makanan sehat, dan menghindari kebiasaan buruk memang sangat penting dalam proses penurunan berat badan. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa olahraga memiliki peran yang sama pentingnya dalam mengecilkan perut.

Berolahraga secara rutin tidak hanya membantu mempercepat proses diet Anda, tetapi juga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Melansir dari Men’s Health, Sabtu (7/9/2024), ada beberapa jenis olahraga yang sangat mudah dilakukan untuk membantu mengecilkan lemak perut, di antaranya:

1. Burpee

Burpee adalah latihan yang menggabungkan gerakan push-up dan lompat, dan merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mengecilkan lemak perut. Jika Anda ingin memiliki tubuh yang lebih ideal dan bugar, rutin melakukan burpee bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Untuk memulai latihan ini Anda perlu berdiri dan membuka kaki selebar bahu. Kemudian, turunkan tubuh Anda seperti melakukan push-up dengan telapak tangan di atas lantai. Lalu angkat tubuh dan melompat dan ulangi gerakan tersebut.

Menurut penelitian American College of Sports Medicine mengatakan bahwa 10 kali melakukan gerakan ini membantu membakar lemak perut lebih cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Lompat Jongkok

Lompat jongkok atau squat jump merupakan salah satu latihan olahraga yang membantu mengecilkan lemak perut. Olahraga ini mampu membakar kalori yang menumpuk di perut. Anda dapat melakukan latihan ini sebanyak 8-10 kali dalam satu set.

Cara melakukanya, pertama posisikan diri Anda dengan berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Kemudian, tekuk pinggul Anda hingga paha sejajar dengan lantai. Lalu, tekan kaki ke bawah dan melompat. Setelah itu, turunkan kembali tubuh Anda dalam posisi jongkok dan melompat kembali.

3 dari 5 halaman

3. Angkat Barbel

Untuk melakukan olahraga mengecilkan lemak di perut, Anda dapat menggunakan alat bantu berupa barbel. Gunakan barbel dengan ukuran kecil agar Anda dapat memadukannya dengan gerakan seperti jongkok dan berdiri.

Olahraga ini tidak hanya mengecilkan perut Anda, tetapi juga melatih otot bagian perut, bahu, lengan dan paha serta melatih kebugaran kardiovakular.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah pengang barbel di tangan kiri dan kanan Anda. Kemudian, tekuk lutut sedikit dan jongkok dengan menjaga posisi kaki yang sejajar bahu. Lalu naik dan luruskan kaki sehingga membentuk posisi berdiri dan angkat barbel di atas kepala.

4 dari 5 halaman

4. Lompat Tali

Anda mungkin sering mendengar lompat tali sebagai mainan tradisional. Namun, lompat tali juga menjadi salah satu olahraga yang dapat mengecilkan lemak di perut. Dalam olahraga lompat tali ini disebut sebagai skipping.

Jika Anda melakukan olahraga ini selama satu jam, maka Anda telah membakar kalori sebanyak sekitar 800 hingga 1000 kalori. Untuk melakukan gerakan ini sangat mudah, Anda hanya perlu memegang pegangan skipping di tangan kanan dan kiri.

Kemudian, posisi tali skipping di bawah tanah dan belakang tubuh Anda. lalu ayunkan skipping ke depan seperti berotasi pada tubuh Anda dan melompat.

5 dari 5 halaman

5. Lari Cepat di Treadmill

Olahraga treadmill membantu Anda menurunkan lemak di perut. Jika dibandingkan dengan lari selama 5 kilometer sehari, lari di atas treadmill lebih cepat membakar kalori. Menurut studi Journal of Strength Conditioning Research lari di atas treadmill lebih cepat membakar kalori sebanyak 30 persen.

Anda dapat memulai latihan ini dengan cara mengatur tingkat kemiringan treadmill dan lari dengan kecepatan penuh sesuai dengan yang telah ditentukan. Jika Anda pemula, lakukan latihan ini sebanyak 15 kali lari cepat untuk satu set selama 20 menit. Anda juga dapat melakukan istirahat selama 40 detik untuk mencegah risiko cedera berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.