Sukses

Guardian Perluas Akses Sanitasi dan Edukasi Kesehatan di Ribuan Sekolah Indonesia

Upaya ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang diinisiasi pemerintah untuk menjamin kehidupan yang sehat dan kesejahteraan bagi semua, termasuk anak-anak dan kaum muda.

Liputan6.com, Jakarta Data dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2022 menunjukkan bahwa lebih dari 293 ribu sekolah di Indonesia masih belum memiliki akses memadai terhadap air minum, sanitasi, dan kebersihan dasar. Menyikapi hal ini, Guardian melalui program berkelanjutannya, Guardiancares, berkomitmen mendukung kesehatan dan kebersihan anak-anak Indonesia.

Upaya ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang diinisiasi pemerintah untuk menjamin kehidupan yang sehat dan kesejahteraan bagi semua, termasuk anak-anak dan kaum muda.

Diluncurkan pada tahun 2022, Guardiancares telah memberikan dampak positif dengan berbagai inisiatif, termasuk penyediaan fasilitas sanitasi dan air bersih di desa Ciapus dan Patrolsari, Bandung, donasi lebih dari 24.000 produk Body Wash Guardian untuk anak-anak dan keluarga di rumah susun, serta edukasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Pada tahun ini, Guardian memperluas komitmennya melalui kerja sama dengan Human Initiative, organisasi yang fokus pada isu pemberdayaan masyarakat dan perlindungan anak.

Dalam kolaborasi ini, sebanyak 24.000 produk Body Wash Guardian disalurkan kepada siswa di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Yogyakarta. Selain itu, program ini juga mencakup pembangunan dan perbaikan fasilitas air bersih di berbagai sekolah.

Acara peluncuran program Guardiancares tahun ini dan peresmian fasilitas sanitasi air bersih dilaksanakan pada 6 September 2024 di SD Negeri Cinagara 02, Bogor. Acara tersebut dihadiri oleh Head of Marketing Guardian Indonesia, Malvin Tarigan; Vice President Operations of Human Initiative, Romi Ardiansyah; dan Kepala Tata Usaha Puskesmas Desa Cinagara, Dudih Budiana, A.Md.Kep.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pentingnya ketersediaan akses air, sanitasi, dan kebersihan

“Ketersediaan akses air, sanitasi, dan kebersihan atau WASH di sekolah adalah fondasi penting bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia,” ujar Malvin Tarigan.

"Seiring dengan perjalanan Guardian selama 34 tahun di Indonesia, kami berkomitmen untuk membantu anak-anak mendapatkan akses kesehatan, terutama di sekolah. Program Guardiancares merupakan bukti nyata dari kepedulian kami terhadap pemenuhan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak Indonesia," lanjutnya.

Dudih Budiana, A.Md.Kep., Kepala Tata Usaha Puskesmas Desa Cinagara, menambahkan, “Adopsi perilaku kebersihan yang tepat dan pelaksanaan program sekolah sehat memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan dan kesejahteraan anak-anak. Meskipun Pemerintah Kabupaten Bogor telah merancang langkah-langkah untuk meningkatkan PHBS di berbagai sekolah, kolaborasi inovatif dengan pihak swasta seperti Guardian sangat dibutuhkan untuk mempercepat pencapaian PHBS."

 

3 dari 3 halaman

Edukasi terhadap puluhan sekolah di Pulau Jawa

Vice President Operations of Human Initiative, Romi Ardiansyah, menegaskan pentingnya program ini. "Kami sangat mengapresiasi dukungan Guardian dalam penyediaan sanitasi di sekolah dan edukasi PHBS. Sinergi ini diharapkan membawa manfaat berkelanjutan bagi anak-anak dan lingkungan sekolah," ujarnya.

Selain itu, Guardian juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat untuk mengadakan edukasi PHBS di lebih dari 40 sekolah di Pulau Jawa. Program ini juga melibatkan relawan dari karyawan Guardian dalam berbagai kegiatan inspiratif yang bertujuan meningkatkan kepedulian terhadap sesama dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini