Sukses

5 Tanda Pasangan Tak Dewasa Secara Emosional, Salah Satunya Sulit Memahamimu

Mereka yang bersikap childish akan sulit untuk menjalin hubungan sebab tidak bisa memahami pasangannya secara mendalam.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah hubungan kedewasaan emosional satu sama lain penting untuk membangun hubungan yang harmonis. Selain itu, hal ini berfungsi untuk mempertahakan hubungan ketika konflik muncul.

Namun, terkadang ditemukan mereka yang menjalin hubungan tetapi tidak memiliki kematangan secara emosional atau disebut childish. Childish merupakan sikap atau tindakan seperti anak-anak. Munculnya sikap childish membuat hubungan tidak berjalan dengan baik.

Jika kamu merasa bahwa dalam hubungan, pasanganmu tidak bersikap dewasa maka dapat dikatakan dirinya adalah seseorang yang childish. Untuk mengetahui lebih dalam lagi, kamu dapat melihat tanda-tanda berikut ini seperti yang dilansir dari Psychology Today, Sabtu (20/04/2024)

1. Tidak Menunjukan Empati

Seseorang yang belum dewasa secara emosional sulit menunjukan sikap empati kepada orang lain. Jika pasanganmu tidak menunjukan sikap tersebut artinya dia tidak memiliki sikap kedewasaan secara emosional. Hal ini dapat menjadi tanda bahaya bagi hubunganmu. Kurangnya rasa empati menunjukan bahwa dirinya adalah seseorang yang childish.

Mereka yang tidak memiliki kedewasaan secara emosional terkadang kurang memahami orang lain. Mereka tidak dapat mempengaruhi orang lain sebab mereka hanya memikirkan dirinya sendiri. Mereka akan menganggap dirinya sebagai korban atau orang yang dirugikan ketika terjadi masalah dalam hubungan. Orang-orang yang bersikap childish tidak akan menyadari perbuatannya dan tidak merasa harus mempertanggungjawabkan hal tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tidak Menghormati Batasan

Seseorang yang tidak memiliki kedewasaan secara emosional akan bertindak di luar batasan pasangannya. Seperti melarang bermain dengan lawan jenis, terlalu posesif, sampai dirinya tidak mengizinkan kamu menyimpan kontan lawan jenis sekalipun itu teman dekatmu. Jika pasanganmu bertindak demikian, maka coba untuk merenungkan kembali apa yang telah terjadi di dalam huunganmu.

Mereka yang memiliki sikap childish menganggap bahwa batasan pribadi adalah sebuah serangan yang membuat dirinya tersinggung atau merasa terancam posisinya. Hal ini yang mendorong pasanganmu untuk bertidak dengan batasan privasimu. Kamu akan merasa seperti dikekang dan batasan privasimu tidak dihormati.

3 dari 5 halaman

3. Tidak Memahamimu Lebih Dalam

Jika pasanganmu tidak mampu memahami atau mengertimu secara mendalam, maka dapat dikatakan bahwa dirinya tidak memiliki kedewasaan secara emosional. Mereka yang memiliki sikap childish selalu berbuat demikian seperti sulit mengerti tentang pasangannya. Sikap semacam itu membuat mereka yang memiliki pasangan childish merasa lelah bahkan frustasi dalam hubungan tersebut.

Jika kamu adalah salah satunya mungkin kamu berusaha untuk mempelajari pasanganmu lebih dalam agar hubunganmu dengan dia semakin mendalam. Namun, jika pasanganmu adalah seseorang yang tidak memiliki kedewasaan secara matang, maka usahamu akan sia-sia. Hal ini terjadi karena tidak adanya timbal balik dari pasanganmu itu. Beberapa faktor yang membuat seseorang sulit untuk mendalami orang lain yaitu karena trauma hingga budaya.

4 dari 5 halaman

4. Sulit Mengendalikan Emosi

Mereka yang memiliki sikap childish terkadang sulit untuk mengendalikan emosinya. Ketika mereka dihadapkan pada suatu hal yang membuat emosinya meningkat, besar kemungkinan orang disekelilinya akan menjadi tempat untuk melampiaskan kemarahannya. Mereka akan bertindak seperti mendiamkan orang lain, yang membuat orang lain bingung bahkan bertanya-tanya.

Ketika pasanganmu mengalami suatu masalah dan sering meluapkannya padamu, maka besar kemungkinan dirinya tidak memiliki kematangan secara emosional. Hal ini yang membuat hubunganmu dan pasanganmu tidak sehat. Buruknya lagi jika dampaknya mungkin membuat dirimu merasa menjadi seperti penyebab atas masalah yang bahkan tidak kamu ketahui.

5 dari 5 halaman

5. Tidak Mempertahankan Hubungan

Dalam sebuah hubungan konflik adalah hal yang biasa terjadi. Jika konflik muncul yang biasanya dilakukan oleh pasangan pada umumnya adalah mencoba untuk meredakan diri masing-masing, kemudian mencari solusi terbaik secara bersama. Sehingga, hubungan dapat berjalan dengan baik kembali.

Namun, berbeda dengan orang-orang yang tidak memiliki kematangan emosional atau childish. Ketika dihadapkan pada konflik hubungan, mereka tidak akan memperbaiki hubungan tersebut. Sekadar berkomunkasi mereka tidak ingin memulai dan bahkan membiarkan masalah tersebut berlarut. Hal ini yang membuat hubungannya berakhir karena dirinya tidak mencoba untuk mempertahankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.