Sukses

Ubah Pola Pikir, AIA Ajak Masyarakat Lebih Luwes dalam Berperilaku Hidup Sehat

Kampanye ini ingin menunjukkan definisi baru tentang kesehatan yang lebih inklusif dan relevan bagi semua orang.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan laporan Regional Wellness Report dari AIA, terungkap bahwa kebanyakan konsumen di Asia mengaku sulit mencapai target kesehatan yang diinginkan. Sebanyak 80% mengaku merasa tidak sehat sementara 57% gagal membuat perubahan untuk memperbaiki kesehatan.

Di sisi lain, Survei Kesehatan Indonesia 2023 menunjukkan hambatan terbesar orang dewasa di Indonesia dalam mencapai kesehatan kurangnya waktu dengan 67,7% responden menyebutkan hal tersebut sebagai alasan utama tak melakukan aktivitas fisik. 

Hal ini diamini oleh bintang film Dion Wiyoko yang mengaku bahwa meski dirinya aktif berolahraga, namun seringkali waktu menjadi hambatan dirinya untuk menjaga pola hidup sehat. Terlebih bila ia tengah memiliki jadwal yang padat. 

"Sebenarnya seharusnya jangan berpikir langsung ke tujuan yang terlalu besar, tapi bisa dengan melakukan kegiatan olahraga tapi disesuaikan dengan gaya hidup dan preferensi masing-masing," ungkap dia saat ditemui pada acara AIA Rethink Healthy di Jakarta, Senin (9/9/2024).

Untuk diketahui, Rethink Healthy merupakan kampanye terbaru yang diluncurkan oleh PT AIA Financial yang bertujuan mengubah cara masyarakat melihat kesehatan untuk menjadikannya bagian yang lebih besar dari keseharian.

Chief Marketing Officer AIA Kathryn Parapak mengemukakan bahwa kampanye ini ingin menunjukkan definisi baru tentang kesehatan yang lebih inklusif dan relevan bagi semua orang. 

"Hidup sehat bisa diraih lewat aktivitas multi dimensi. Kami percaya, dengan memberi ruang bagi tiap orang untuk mengeksplorasi dan menyesukaikan aktivitas sehat sesuai kebutuhan, orang-orang akan lebih termotivasi untuk mencapai tujuan kesehatan mereka," ujar Kathyrn.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tujuan kesehatan dapat dicapai dengan cara masing-masing

Dalam kampanye ini juga menekankan bahwa tujuan kesehatan dapat dicapai dengan cara yang berbeda-beda karena tiap orang memiliki definisi serta cara unik mereka sendiri untuk hidup sehat. Tiap orang dapat menemukan cara sendiri untuk menemukan tujuan kesehatan mereka, bahkan meski lewat aktivitas sederhana dalam kehidupan sehari-hari, seperti bernyanyi, mendengarkan lagu, relaksasi, atau bahkan terhubung dengan alam.

Musisi Kunto Aji amat menyukai konsep yang dibagikan AIA tersebut. Terlebih, hal tersebut sesuai dengan dirinya yang merupakan penikmat musik sehingga ia bisa mencapai kesehatan dengan cara yang menyenangkan dan sesuai rutinitasnya. 

"Musik adalah cara dan juga bentuk terapi yang membuat saya lebih sehat. Karya musik yang saya tulis juga merupakan bagian dari upaya saya membantu saya, sekaligus penikmat musik untuk memiliki kesehatan mental yang lebih baik," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Pentingnya fokus tak hanya pada satu aspek kesehatan

Di sisi lain, ia juga mengaku memiliki tantangan dalam hidup sehat. "Konsistensi sih hambatan terbesar aku. Kalau lagi ingin makan sehat apalagi kalau lagi keluar kota, mau nyari makanan sehat kadang susah."

Health & Wellness Expert, dr. Sophia Hage, SPKO juga mengklaim pentingnya tidak fokus pada satu aspek kondisi kesehatan seperti kesehatan fisik. Menurutnya, penting bagi masyarakat untuk mengetahui bahwa gaya hidup sehat juga dapat dicapai dengan cara yang unik dan dekat dengan keseharian agar hal tersebut dapat diterapkan secara berkelanjutan.

"Definisi sehat juga bukan cuma nggak sakit, tapi merasa bahagia, merasa cukup dan merasa cukup bugar melakukan kegiatan sehari-hari. Definisi sehat telah berevolusi, bukan cuma fisik tapi juga mental, social dan finansial," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.