Sukses

Di Balik Rasanya yang Pahit, Pare Memiliki 5 Manfaat Ini Bagi Kesehatan Tubuh

Pare memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa penyakit dapat dicegah dengan mengonsumsi sayuran ini seperti diabetes, wasir, hingga sakit yang menyerang pernapasan manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Pare merupakan jenis sayuran dengan rasanya yang pahit. Sebagian orang tidak suka mengonsumi pare karena rasanya itu.

Namun, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa sayuran pare memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan-kandungan di dalamnya mampu mencegah beberapa penyakit mulai dari penyakit dalam hingga penyakit luar yang menjadi masalah sehar-hari.

Untuk mengonsumsi pare ada banyak cara yang dapat dilakukan seperti membuat jus pare, direbus, dicampurkan dengan bahan makanan lainnya dan sebagainya. Dilansir dari netmeds.com, Rabu (29/10/2023) terdapat beberapa manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh ketika Anda mengonsumsinya

1. Mengontrol Diabetes

Sayur kulit hijau dengan rasanya yang pahit memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mengontrol diabetes. Kandungan charntin atau peptida yang menyerupai insulin dan alkaloid pada pare berfungsi mengelola diabetes.

Selain berfungsi mengatur metabolisme, pare juga mampu menjinakkan kadar gula darah dalam tubuh manusia. Pare juga memiliki khasiat sebagai agen hipoglikemik dan kaya akan serat. Sehingga, pare cocok dikonsumsi untuk menderita diabetes untuk mengurangi jumlah gula dalam darah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam pare mampu membantu melawan infeksi pada tubuh. Hal ini memberikan manfaat bagi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu melepaskan senyawa berbahaya dan radikal bebas yang menyerang tubuh.

Senyawa berbahaya dan radikal bebas tersebut juga dapat dihancurkan oleh pare. Bagi mereka yang mengonsumsi pare metabolisme tubuh akan semakin kuat. Tubuh akan melawan penyakit yang masuk seperti jantung, ginjal, dan masalah hati.

3 dari 5 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Sayuran ini juga memiliki manfaat bagi alat pernapasan manusia. Mereka yang memiliki asma, rintis, dan bronkitis disarankan untuk mengonsumsi pare untuk meredakan penyakitnya. Pare memiliki beberapa khasiat yang dapat mengobati penyakit pernapasan manusia.

Khasiatnya seperti antihistamin yang mengobati rinitis saat hidung tersumbat, bersin dan gatal tenggorokan. Selain itu, khasiat lainnya seperti antiradang, antivirus dan ekspektoran. Bagi Anda yang memiliki gangguan pernapasan coba untuk konsumsi pare sebagai pereda sakit pernapasan Anda.

4 dari 5 halaman

4. Pereda Wasir

Pare mampu mengobati sakit wasir  yang membengkak di sekitar anus. Sebab pare memiliki khasiat anti peradangan. Untuk mengobatinya Anda dapat menjadi pare sebagai losion jika wasir terasa mengakibatkan.

Anda dapat membuat pare menjadi pasta untuk pengobatan secara eksternal dengan cara dioleskan. Khasiat yang dirasakan adalah meredakan nyeri dan pendarahan. Cara lebih mudah lagi Anda dapat mengolah pare menjadi jus untuk pengobatan wasir.

5 dari 5 halaman

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Selain untuk mengobatinya penyakit dalam seperti jantung hingga penyakit yang disebabkan oleh virus seperti pernapasan, pare juga memiliki khasiat untuk kecantikan. Dengan mengonsumsi pare dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Pare memiliki khasiat memurnikan darah.

Khasiat tersebut mampu mencegah munculnya jerawat yang membandel pada wajah. Selain itu, pare juga mampu mengobati penyakit kulit seperti infeksi kulit, peradangan kulit, dan psoriasis atau penyakit autoimun pada kulit. Jika Anda memiliki gejala penyakit kulit, mengonsumsi pare adalah salah satu cara pencegahannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.