Sukses

Bukan Plin-Plan, Bisa Jadi Kamu Alami Analysis Paralysis

Susah menentukan segala sesuatunya? Mungkin kamu bukan plin-plan, tapi kamu memiliki pnalysis paralysis

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Anda, apa yang paling menyebalkan dalam hidup? Ternyata bukanlah menghadiri rapat, cuaca buruk, atau bahkan kena omelan dari atasan.

Jawabannya adalah pengambilan keputusan yang terus-menerus. Pasti Anda memiliki daftar kegiatan di pagi hari, termasuk apa yang akan disantap untuk sarapan hingga makan malam, apa yang mau dipakai ke kantor, mau pulang jam berapa, sampai semuanya tidak terkendali lagi. 

Selanjutnya, Anda harus memutuskan proyek mana yang akan diselesaikan, memilih menu makan malam, memilih sesuatu untuk ditonton di Netflix — dan masih banyak lagi.

Semua pilihan ini dapat mengarah pada situasi yang disebut analysis paralysis, yaitu frasa yang sedang tren di media sosial, TikTok. Itulah cara yang tepat untuk menggambarkan perasaan kewalahan yang seringkali muncul saat Anda harus mengambil keputusan.

Melansir dari Bustle, Selasa (10/9/2024), dalam sebuah video viral, kreator TikTok dan psikiater bersertifikat Sasha Hamdani, dalam akun pribadinya @thepsychdoctormd, menggambarkannya sebagai gangguan fungsi eksekutif atau kemampuan untuk menyelesaikan tugas.

Nah, analysis paralysis dapat terjadi saat otak Anda terlalu terstimulasi atau kewalahan, katanya, dan seringkali bertambah parah saat Anda khawatir akan membuat keputusan yang salah.

Ini adalah sesuatu yang sering memengaruhi orang dengan masalah kesehatan mental tertentu, seperti ADHD dan OCD. Akan tetapi, gangguan ini dapat terjadi pada siapa saja yang mengalami kecemasan, kelelahan, kejenuhan dan stres. 

Kedengarannya familiar? Berikut ini yang perlu Anda ketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Analysis Paralysis

Analysis paralysis pada dasarnya adalah bentuk berpikir berlebihan, tetapi alih-alih hanya mempertimbangkan pro dan kontra, Anda malah terjebak dan tidak melakukan apa pun.

Disebut juga choice paralysis, masalah ini dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk membuat keputusan besar, seperti ke mana harus pindah, pekerjaan mana yang harus diambil, atau mobil mana yang harus dibeli. Namun, kebingungan ini juga dapat terjadi selama pengambilan keputusan kecil sehari-hari, seperti saat Anda perlu mencari tahu apa yang akan disantap untuk makan malam.

"Itu terjadi saat otak kita kewalahan dan stres," kata Anindita Bhaumik, direktur klinis di Boston Evening Therapy Associates.

"Baik karena kecemasan akan keputusan besar dalam hidup atau karena banyaknya pilihan kecil yang harus kita buat setiap hari, analysis paralysis dapat mencegah kita menilai pilihan atau situasi dan melangkah maju," sambungnya.

Perasaan ini sangat umum saat ini karena banyaknya pilihan di setiap kategori. Saat makan malam, Anda mungkin memiliki selusin aplikasi pengiriman makanan di ponsel, lemari es yang penuh dengan bahan-bahan, dua toko makanan di sudut jalan, dan ribuan resep yang disematkan di Pinterest.

"Meskipun secara teori tampak hebat untuk memiliki begitu banyak pilihan, hal itu sebenarnya dapat menyebabkan otak Anda masuk ke shutdown mode," kata Lina Jan, seorang psikolog dan pelatih kehidupan bersertifikat.

"Kebanyakan orang mencoba melakukan banyak hal secara bersamaan daripada yang sehat," katanya kepada Bustle, dan ketika itu terjadi sepanjang hari, respons fight-or-flight atau stres Anda pun terpicu.

3 dari 5 halaman

Perasaan Seseorang yang Alami Analysis Paralysis

Menurut Jan, stres dalam mengambil keputusan dapat menyebabkan rentang perhatian dan tingkat energi Anda menyusut hingga tidak ada sama sekali, sehingga semakin sulit untuk membuat keputusan akhir.

Frustrasi dan kewalahan yang diakibatkannya dapat membuat Anda semakin terpuruk hingga ke kondisi "lumpuh." Pada titik itu, Anda mungkin bergantung pada orang lain, seperti teman atau pasangan, untuk membantu Anda mengambil keputusan. Atau, Anda mungkin tidak melakukan apa pun sama sekali.

"Mengambil keputusan dengan cara apa pun secara implisit berarti kita kehilangan pilihan yang tidak kita pilih," kata Jan. "Jadi, ada juga semacam 'kerugian' yang terlibat dalam pengambilan keputusan dengan cara apa pun."

Ketakutan akan kehilangan — dan keinginan untuk membuat pilihan yang tepat — seringkali menyebabkan situasi terasa lebih intens. Misalnya, Anda membuka dan menutup kulkas 100 kali sebelum akhirnya makan malam di tengah malam.

4 dari 5 halaman

Tips Mengatasi Analysis Paralysis

Meskipun keragu-raguan mungkin tidak tampak sebagai masalah besar, analysis paralysis dapat menjadi lingkaran setan.

"Di permukaan, analysis paralysis membuat hidup menjadi sulit karena melibatkan kecemasan, ketidaknyamanan, ketakutan, frustrasi, dan kewalahan," kata Jan. Dan itu sendiri dapat menguras tenaga.

Pada tingkat yang lebih dalam, analysis paralysis dapat menghambat karier Anda atau mencegah Anda mencapai tujuan, dan seiring waktu bahkan dapat menghilangkan kemampuan Anda untuk percaya pada diri sendiri. Untuk keluar dari kebiasaan, ada baiknya mencari beberapa solusi.

1. Batasi pilihan Anda

Di TikTok, Hamdani menyarankan untuk membatasi pilihan Anda sebanyak mungkin. Daripada melihat 20 ide makan malam yang berbeda, cobalah untuk mempersempitnya menjadi tiga atau empat. Analysis paralysis selalu lebih buruk ketika Anda memiliki banyak pilihan di hadapan Anda.

2. Tetapkan batas waktu

Untuk mempercepat prosesnya, berikan diri Anda batas waktu, seperti 15 menit atau tiga hari, untuk menentukan pilihan, lalu buatlah pilihan itu dan lanjutkan hidup Anda. Hamdani mencatat bahwa otak Anda cenderung bekerja lebih baik di bawah tekanan batas waktu.

5 dari 5 halaman

3. Renungkan di tempat yang tenang

Saat otak Anda terlalu terstimulasi, sulit untuk mengambil kesimpulan dan mencari tahu apa yang terbaik untuk Anda. Itulah sebabnya Hamdani menyarankan untuk merenung di tempat yang tenang sehingga Anda dapat berpikir lebih jernih.

Mungkin juga membantu untuk menyadari bahwa mungkin tidak ada jawaban yang "tepat."

4. Tarik napas

Jika Anda tidak dapat menjauh saat Anda bimbang di antara beberapa pilihan, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam. Menurut Bhaumik, hal itu akan membantu meredakan perasaan stres dan panik serta mengeluarkan Anda dari situasi fight-or-flight.

5. Bicaralah dengan terapis

Jika analysis paralysis memengaruhi Anda setiap hari, Bhaumik menyarankan untuk mengatasi akar penyebab masalahnya, apakah itu ADHD, kecemasan, stres, dll. Terapis dapat membantu Anda menentukan alasan mengapa Anda terlalu banyak berpikir atau mengalami kebuntuan. Lalu membantu Anda keluar dari kebuntuan tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.