Sukses

5 Cara Alami Menjaga Kesehatan Kulit, Bebas Kusam dan Kerutan

Menjaga kesehatan kulit dapat dilakukan dengan mudah dan alami di rumah seperti minum air putih, tidur teratur, berolahraga, dan menggunakan sunscreen.

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara soal kulit menjadi hal yang paling diperhatikan oleh sebagian orang saat ini. Banyak orang melakukan berbagai cara untuk melindungi kulit agar tidak rusak.

Secara medis kulit memiliki fungsi bagi tubuh salah satunya melindungi organ tubuh bagian dalam dari lingkungan ekternal. Selain itu, kulit juga memiliki fungsi mengatur suhu tubuh melalui keringat.

Paparan sinar matahari dan polusi menyebabkan kulit kusam. Bagi sebagian orang memiliki kulit yang kusam adalah sebuah masalah. Mereka akan melakukan perawatan untuk dapat memperoleh tubuh yang sehat. Namun terdapat beberapa cara alami dan mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit yang sehat dan terbebas dari polusi seperti yang dilansir dari Medikaur Skin & Aesthetics, Selasa (14/09/2021) berikut ini.

1. Pakai Sunscreen

Aktivitas sehari-hari dengan paparan sinar matahari UV menyebabkan kerusakan pada kulit. Agar kulit Anda tetap terjaga dari kerusakan tersebut, Anda disarankan untuk menggunakan sunscreen setiap hari.  Tidak hanya ketika cuaca panas, tetapi saat turun hujan Anda tetap disarankan untuk menggunakan sunscreen.

Dengan menggunakan sunscreen kulit Anda akan terlindungi dari Sinar UV yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, sinar matahari juga dapat membuat kulit terbakar, lebih bahaya lagi menyebabkan penyakit kanker kulit. Maka dari itu penting bagi kulit Anda untuk menggunakan sunscreen. Jika Anda pemula maka gunakan sunscreen dengan kandungan SPF sebesar 30.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Banyak Minum Air Putih

Dalam tubuh manusia dewasa mengandung 60 persen air. Air memiliki banyak fungsi bagi kesehatan manusia dan menjaga kondisi tetap fit. Disarankan bagi Anda minum air putih sebanyak dua hingga tiga liter per hari untuk mencegah dehidrasi.

Air putih juga memiliki manfaat bagi kulit seperti menjaga elastisitas kulit dan memberikan cahaya sehat. Selain itu, minum air putih dapat menjaga pori-pori bersih dan menghambat pertumbuhan jerawat.  Dengan mengonsumsi air putih kulit Anda akan terlindungi dari bakteri, polusi, serta kerutan pada kulit.

3 dari 5 halaman

3. Tidur teratur

Orang dengan waktu tidur yang kurang dapat dilihat dari kulitnya. Hal ini ditunjukkan dari lingkar hitam pada mata, kulit pucat, kelompok yang membesar dan sudut mulut yang menurun. Untuk mengatasi hal tersebut maka penting bagi Anda untuk memperbaiki waktu tidur.

Jika Anda terus membiasakan kebiasaan buruk itu maka kulit Anda akan lebih cepat terlihat tua. Selain itu, orang lain akan melihat penampilan Anda yang tidak segar. Tidur membantu membangun kembali kolagen yang membuat kulit menjadi sehat serta memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar matahari.

4 dari 5 halaman

4. Olahraga

Kunci utama mendapatkan kulit yang sehat adalah dengan berolahraga. Olahraga mampu meningkatkan aliran darah yang di pompa oleh jantung. Hal ini berfungsi untuk memberikan kesehatan bagi sel-sel tubuh, salah satunya adalah kulit.

Saat sedang berolahraga Anda disarankan menggunakan pakaian yang menutupi kulit. Ketika Anda berolahraga kulit Anda akan terpapar sinar matahari dan keringat bercucuran menyebabkan sunscreen yang Anda gunakan hilang. Selain itu, jangan penggunaan perhiasan saat berolahraga untuk mengindari penyumbatan pori-pori pada kulit Anda.

5 dari 5 halaman

5. Hindari Paparan Asap Rokok

Tidak banyak orang yang menyadari merokok atau sering terpapar asap rokok juga dapat merusak kulit. Rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan menghambat oksigen serta nutrisi yang masuk ke tubuh. Saat terpapar asap rokok Anda akan kehilangan sel kulit.

Asap rokok mengandung racun yang dapat merusak protein kolagen dan elastin yang berfungsi sebagai penjaga kekencangan dan kelenturan sel kulit. Untuk memperoleh kulit yang sehat, kencang, dan lentur Anda perlu mengurangi kebiasaan merokok atau terpapar asap rokok. Selain itu, merokok juga dapat menghambat penyembuhan bekas luka pada kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.