Sukses

PalmCo Distribusikan Komputer dan Internet ke Sekolah Remote Area di Riau

28 komputer beserta paket internet gratis didistribusikan kepada 28 sekolah yang berlokasi di wilayah remote di sekitar perkebunannya di Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Sub Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) PT Perkebunan Nusantara IV PalmCo, mendistribusikan 28 komputer beserta paket internet gratis kepada 28 sekolah yang berlokasi di wilayah remote di sekitar perkebunannya di Riau.

Melalui program Cerdas Bersama Regional III, perusahaan menyalurkan puluhan unit personal computer (PC) lengkap dengan paket internet gratis selama satu tahun kepada 28 sekolah di sekitar perusahaan.

Region Head PTPN IV Regional III, Rurianto menyebutkan melalui program tersebut, perusahaan berupaya membantu sekolah-sekolah di areal terpencil untuk mewujudkan cyber education dan terhubung ke dunia luar melalui jaringan internet yang memadai.

“Perkembangan zaman begitu pesat. Begitu juga dengan proses belajar dan mengajar yang terus mengalami perkembangan. Melalui program ini, kami ingin berkontribusi dalam memperkuat cyber education, baik e-learning, e-teaching, kepada sekolah- sekolah sekitar perusahaan,” ucap Rurianto, dalam keterangannya, Selasa (10/9/2024).

Dia menyampaikan bahwa bantuan perangkat lunak PC dan komputer tersebut sejatinya merupakan kelanjutan dari program yang telah diluncurkan sejak tahun 2021 lalu. Hingga saat ini tercatat lebih dari 78 PC berikut paket internet gratis selama setahun telah disalurkan kepada sekolah-sekolah di yang ada di lokasi terpencil di Riau mulai dari Kampar, Siak, Rokan Hilir, Rokan Hulu, dan Indragiri Hulu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berharap kegiatan belajar mengajar terlaksana dengan baik

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Syahrial M Adri mengaku sangat bersyukur sekolah yang ia pimpin menjadi salah satu penerima bantuan komputer dan paket internet gratis setahun penuh.

Syahrial---sapaan akrabnya mengakui selama ini akses internet dan keberadaan perangkat komputer kerap menjadi hambatan bagi sekolahnya yang berada di pedalaman untuk melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar, terutama untuk mendapatkan bahan ajar dari internet. 

“Kami para guru di daerah terpencil sangat terbantu dengan bantuan ini. Mudah- mudahan dengan adanya komputer dan internet gratis satu tahun penuh, kegiatan belajar dan mengajar dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Terbantu dengan bantuan komputer dan modem internet

Bantuan komputer dan peralatan modem internet selama setahun penuh juga menjadi solusi bagi permasalahan pelaksanaan kegiatan belajar secara daring di SDN 018 Pujud Utara.

Kepala SDN 018, Pujud Utara Darti, mengaku sebuah kebahagiaan bahwa sekolah yang dikategorikan sebagai salah satu sekolah di nun jauh di pedalaman Provinsi Riau itu mendapatkan bantuan tersebut.

“Tentunya bantuan ini memiliki manfaat begitu besar kepada sekolah kami. Yang biasanya kami harus pergi ke kota atau kecamatan untuk mendapatkan materi ajar via internet, sekarang sudah tersedia di sekolah sendiri. Terimakasih PTPN,” harapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.