Sukses

Dua Mahasiswa UI Berhasil Raih Medali Emas di PON XXI 2024

Dua mahasiswa UI berhasil meraih medali dari cabang olahraga senam artistik dan polo air.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Indonesia (UI) kembali membuktikan bahwa mahasiswanya memiliki talenta yang unggul. Tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga secara non-akademik. Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang diraih dua mahasiswa UI yang memboyong mendali emas, perak, dan perunggu pada bertandingan Pekan Olahraga Nasional XXI 2024.

Nadia Indah Amalia yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum dan Jeremy Dillon Latuheru mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya. Kedua Mahasiswa Universitas Indonesia ini berhasil meraih medali dari cabang olahraga Senam Artistik dan Olahraga Polo Air.

Nadia berhasil meraih dua medali emas untuk Nomor Beregu Putri dan Perseorangan Serba Bisa dan dan satu medali perak untuk Nomor Palang Bertingkat Putri. Sedangkan, Jeremy berhasil meraih satu emas. Keduanya mengikuti kejuaraan di dua tempat di Aceh dan Sumatera Utara pada 8 – 20 September 2024.

Nadia dan Jeremy mendapat apresiasi dari Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., selaku rektor UI. Beliau mendukung mengembangakan potensi mahasiswa baik secara akademik maupun non-akademik.

“Melalui Kegiatan Unit Mahasiswa, UI memfasilitasi bakat dan minat mahasiswa di berbagai bidang, termasuk olaharaga. Prestasi yang diraih Nadia dan Jeremy membuktikan bahwa UI berpeluang mencetak juara di nasional, bahkan internasional," ujar Ari.

Kedua mahasiswa UI yang berhasil memboyong medali pada PON XXI 2024 ini bertanding untuk mewakili DKI Jakarta. Berkompetisi dengan 13.039 atlet di seluruh Indonesia dalam 65 cabang olahraga dengan total nomor pertandingan sebanyak 1.042.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tekad dan Keberanian yang Membuahkan Hasil Bagi Nadia dan Jeremy

Tidak hanya Nadia dan Jeremy, beberapa mahasiswa UI lainnya juga ikut berkompetisi dalam PON XXI 2024 yang tersebar di beberapa cabang olahraga (cabor). Mahasiswa dari Fakultas Hukum Flora Lareina dalam cabor squash, Ivana Maria Treopolsa Lasama cabor catur, dan Emirshah Aflach Fadhilc mengikuti cabor renang.

Kemudian, dari Fakultas Ilmu Bahasa Fausta Bianda dan Muhammad Naabil Al Manaaf dari fakultas teknik ikut berkompetisi pada cabor golf. Dari Fakultas Ekonomi dan bisnis Keisha Hasna Purnama mengikuti cabor basket dan Jurnalis Nurhakim Baharizki dari Program Pendidikan Vokasi ikut berkompetisi dalam cabor Sepatu roda.

Sebelum PON XXI 2024, Nadia pernah mewakili DKI Jakarta di PON XX 2021 berlokasi di Papua. Saat itu dirinya berhasil meraih tiga medali pada cabang olahraga yang sama yaitu Senam Artistik. Kategori mendali yang ia raih di antaranya medali emas untuk Senam Artistik Beregu Putri All Around, medali perak untuk Senam Artistik Perorangan Peralat Balok Keseimbangan, dan medali perunggu untuk Senam Artistik Perorangan Alat Palang.

 

3 dari 4 halaman

Buah dari keberanian mencoba hal baru

Nadia menganggap bahwa apa yang dirinya raih merupakan buah dari keberanian untuk mencoba hal baru. Baginya tantangan adalah sebuah peluang untuk berkembang dan belajar yang harus dilakukan dengan tekad dan kerja keras secara konsisten.

“Saya sangat bangga atas pencapaian tim dan individu dalam pertandingan PON XXI 2024. Keberhasilan ini adalah hasil kerja keras, dedikasi, dan usaha terbaik yang bisa saya berikan untuk orang tua, pelatih, teman-teman, dan untuk Jakarta. Akhirnya, semua usaha dan latihan yang dilakukan selama ini membuahkan hasil yang membahagiakan,” ungkap Nadia.

 

4 dari 4 halaman

Usaha tak kenal lelah

Bagi Jeremy keberhasilannya pada PON XXI 2024 adalah hasil dari usaha dan persiapan intensif yang dilakukannya selama tujuh bulan sebelum PON XXI 2024 berlangsung. Cita-citanya untuk memperoleh emas pada cabor Polo Air di PON XXI 2024, yang sebelumnya pernah ia dapatkan di Jawa Barat menjadi acuan untuk berlatih dengan disiplin, mengorbankan waktu serta tenanganya.

“Usaha yang tak kenal lelah akhirnya terbayar tuntas ketika kami berhasil meraih medali emas. Saya yakin masih banyak talenta yang dimiliki oleh mahasiswa UI. Tetap semangat bagi teman-teman UI untuk berprestasi dan mengharumkan nama almamater. Tetap berjuang untuk berbagai prestasi di bidang akademik maupun non-akademik, karena setiap perjuangan, kerja keras, dan doa yang kita lakukan akan terbayar dengan hasil yang memuaskan,” ucap Jeremy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini