Sukses

5 Rekomendasi Minuman yang Dapat Menghangatkan Tubuh Saat Turun Hujan

Beberapa minuman yang dapat menghangatkan tubuh Anda seperti cokelat panas, the herbal, air lemon hangat dan sebagainya.

Liputan6.com, Jakarta - Saat cuaca hujan suhu tubuh Anda akan terasa dingin. Bahkan jika Anda tidak kuat menahan rasa dingin tersebut, mungkin tubuh Anda akan terasa seperti menggigil.

Menggigil disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang mengalami peningkatan suhu. Biasanya gejala ini dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti flu, radang tenggorokan, demam berdarah dan sebagainya.

Namun, berbeda dengan menggigil saat turun hujan disebabkan oleh hawa dingin yang menyebabkan hipotamulus yang menyebabkan suhu bereaksi kedinginan. Biasanya mereka yang mengalami kedinginan akan menggunakan selimut atau jaket hangat. Namun, sebagian orang juga mencoba untuk membuat minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Seperti yang dilansir dari NDTV, Senin (03/01/2024) beberapa rekomendasi minuman hangat yang cocok untuk diminum saat tubuh terasa dingin.

1. Teh Herbal

Saat cuaca dingin tubuh Anda dapat menghangatkan tubuh dengan minuman yang dapat menghangatkan. Salah satunya adalah teh herbal. Teh herbal punya khasiat untuk meningkatkan suhu tubuh dan kekebalan tubuh.

Anda dapat membuat teh herbal dengan menggunakan bahan dasar seperti jahe atau mint. Olahan jahe dapat menghangatkan tubuh Anda. Anda dapat merebus jahe dengan campuran gula merah untuk menciptakan rasa manis dan pedas saat meminumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Air lemon hangat

Air lemon hangat memiliki khasiat yang baik bagi tubuh Anda. Tidak hanya menghangatkan, air lemon hangat memiliki beberapa manfaat seperti menghindari dan mendetoksifikasi.

Kandungan vitamin C dalam lemon juga memiliki khasiat mendukung kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit seperti flu. Untuk membuat air lemon hangat Anda sangat mudah.

Anda perlu menyiapkan setengah lemon dan satu gelas air hangat. Kemudian, peras setengah buah lemon tersebut dan masukan ke dalam air hangat yang ada dalam gelas. Air lemon hangat siap untuk diminum.

3 dari 5 halaman

3. Air Kelapa Hangat

Air kelapa mampu menyegarkan tubuh setelah meminumnya. Kandungan elektrolit dan mineral di dalamnya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh yaitu mendukung hidrasi. Biasanya seseorang minum air kelapa saat cuaca sedang panas.

Namun, tak menutup kemungkinan Anda dapat minum air kelapa pada saat cuaca dingin. Anda dapat mengolahnya menjadi air kelapa hangat. Caranya mudah, Anda cukup memanaskan air kelapa dengan menambahkan jeruk nipis untuk menciptakan rasa sehat dan menambah cairan tubuh.

4 dari 5 halaman

4. Teh Hijau Madu

Teh hijau dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit. Teh hijau dapat meredakan jerawat dan mengurangi produksi minyak pada wajah. Teh hijau juga dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi risiko jantung, dan mampu membakar lemak.

Tidak hanya untuk kulit, teh hijau juga dapat dijadikan sebagai minuman yang menghangatkan tubuh. Untuk menambah khasiatnya Anda dapat menambahkan madu. Caranya cukup menyeduh teh hijau ke dalam air panas kemudian menambahkan madu sebanyak satu sendok teh.

5 dari 5 halaman

5. Cokelat Panas

Saat hujan turun, Anda ingin menghangatkan tubuh dengan minuman. Namun, Anda ingin sesuatu yang manis dan menghangatkan. Maka cokelat panas adalah solusinya.

Cokelat dipercaya menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kemampuan kognitif manusia. Untuk menghangatkan tubuh Anda dapat mengolahnya dengan mencampurkan cokelat, susu dan madu ke dalam air mendidih dan tuang ke dalam gelas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.