Sukses

Berkenalan dengan Moo Deng, Si Bayi Kuda Nil dari Thailand yang Tengah Viral

Seekor bayi kuda nil di Thailand viral tak hanya di media sosial tapi juga di tempat asalnya.

Liputan6.com, Jakarta Seekor bayi kuda nil di Thailand viral tak hanya di media sosial tapi juga di tempat asalnya. Bayi kuda nil tersebut bernama Moo Deng dan Anda pasti sering melihatnya di internet belakangan ini.

Moo Deng - nama yang secara kasar berarti "babi yang gendut" - adalah kuda nil kerdil betina berusia dua bulan yang menjadi viral secara daring dan mengundang antrean di sebuah kebun binatang di dekat kota Pattaya.

Jumlah pengunjung meningkat dua kali lipat sejak kelahirannya pada bulan Juli, menurut Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow.

Namun, direktur kebun binatang tersebut telah mendesak orang-orang untuk berperilaku baik saat mereka datang untuk melihat Moo Deng, setelah muncul video yang menunjukkan pengunjung memperlakukan hewan tersebut dengan buruk.

"Perilaku ini tidak hanya kejam tetapi juga berbahaya," kata Narongwit Chodchoi dalam sebuah pernyataan yang diunggah daring.

"Kita harus melindungi hewan-hewan ini dan memastikan bahwa mereka memiliki lingkungan yang aman dan nyaman."

Video di media sosial menunjukkan beberapa pengunjung melemparkan kerang dan bahkan memercikkan air ke Moo Deng untuk mencoba membujuknya bangun dari tidur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons netizen

Narongwit mengatakan kebun binatang telah memasang kamera CCTV di sekitar kandang dan mengancam tindakan hukum terhadap mereka yang menganiaya bayi kuda nil tersebut. Waktu terbaik untuk mengunjungi Moo Deng adalah saat ia terjaga, imbuhnya.

Pygmy hippos, atau yang dikenal juga sebagai kuda nil kerdil, berasal dari Afrika Barat dan diklasifikasikan sebagai "terancam punah" oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN). Para ahli yakin jumlah mereka di alam liar kurang dari 3.000 ekor. Sosok kuda nil yang mungil dan proporsinya yang gemuk ini telah menginspirasi banyak pengikut di dunia maya.

"Saya terobsesi dengan Moo Deng - saya telah memikirkannya ini sepanjang hari," kata seorang pengguna di X atau Twitter.

Yang lain berkata: "Saya tidak tahu apa pun yang terjadi di dunia saat ini kecuali Moo Deng".

 

3 dari 4 halaman

Kebun binatang tempat Moo Deng tinggal makin terkenal

Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow, yang terletak sekitar 100 km (62 mil) di tenggara Bangkok, tentu saja telah memanfaatkan kehebohan seputar kuda nil selebriti tersebut. Sejak Moo Deng lahir, 128 dari 150 unggahan media sosial terakhir kebun binatang tersebut adalah tentang Moo Deng.

Berbagai barang dagangan - termasuk kombinasi kemeja dan celana panjang yang terinspirasi dari kuda nil - kini tersedia untuk dibeli di kebun binatang dan daring.

Merek lain juga telah mencoba meraup untung. Sebelumnya, pengecer kecantikan Sephora telah memasang iklan dengan serangkaian perona pipi yang terinspirasi dari Moo Deng, yang memungkinkan pelanggan untuk "memakai perona pipi seperti bayi kuda nil."

 

4 dari 4 halaman

Telah tampil di TV

Moo Deng juga telah membuat gebrakan di media. Minggu ini ia membuat debut televisi internasionalnya setelah kru dari All-Nippon News Network, stasiun TV Jepang, mengunjungi kebun binatang tersebut untuk membuat film tentang bintang kuda nil tersebut.

Bahkan Kedutaan Besar Kerajaan Thailand telah menyambut hangat "topik hangat" Moo Deng di saluran media sosialnya. Seperti yang diposting kedutaan di X pada hari Kamis: "Dia sangat energik dan penampilannya yang imut menenangkan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini