Sukses

4 Minuman untuk Kontrol Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

Dengan memilih minuman yang tepat, Anda bisa lebih mudah mengontrol diabetes dan mempertahankan berat badan yang ideal.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi penderita diabetes, apa yang Anda minum sama pentingnya dengan apa yang Anda makan. Sebab, segelas minuman manis bisa memengaruhi kadar gula darah Anda secara signifikan.

Sebab cairan yang mengandung karbohidrat dicerna lebih cepat daripada makanan padat. Akibatnya, minuman manis dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang lebih cepat dan tajam, yang tentunya perlu dihindari.

Jika Anda mengidap diabetes tipe 2, sangat penting untuk menghindari berbagai jenis minuman manis, termasuk soda, minuman ringan, minuman energi, teh manis, serta jus buah. Semua minuman ini dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang tidak diinginkan.

Sebagai alternatif, Anda sebaiknya memilih minuman yang rendah gula, tanpa gula, atau yang rendah kalori. Pilihan-pilihan ini dapat membantu Anda mengontrol kadar gula darah dan menjaga berat badan tetap sehat.

Dengan memilih minuman yang tepat, Anda bisa lebih mudah mengontrol diabetes dan mempertahankan berat badan yang ideal. 

Berikut beberapa minuman yang cocok untuk penderita diabetes, seperti melansir dari Times of India, Minggu (15/9/2024).

 

1. Teh herbal

Bagi Anda yang gemar minum teh, memilih teh tanpa pemanis dalam jumlah sedang bisa menjadi pilihan yang baik. Anda dapat memilih dari berbagai jenis teh seperti teh hijau, hitam, putih, atau oolong. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Sebuah studi kohort yang melibatkan lebih dari setengah juta orang pada tahun 2021 menemukan bahwa konsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Untuk menambahkan sentuhan kesegaran, Anda bisa membuat es teh sendiri di rumah dan menambahkan beberapa iris lemon untuk rasa yang lebih menyegarkan.

Selain itu, teh herbal seperti teh chamomile, kembang sepatu, jahe, dan peppermint juga merupakan pilihan yang sangat baik bagi penderita diabetes. Teh herbal tanpa pemanis bebas dari karbohidrat, kalori, dan gula, serta kaya akan senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Minuman lemon

Membuat minuman lemon bebas gula di rumah sangatlah mudah dan cepat. Dengan beberapa bahan sederhana, Anda bisa membuat minuman rendah karbohidrat yang menyegarkan dan cocok untuk pengidap diabetes.

Untuk menyiapkan minuman ini, campurkan air dingin dengan perasan lemon. Anda bisa menambahkan es untuk menambahkan kesegaran minuman. Jika Anda ingin menambahkan rasa manis, pilihlah pemanis bebas gula sebagai pengganti gula biasa.

Sebagai alternatif, jika Anda lebih suka menggunakan gula, gula merah bisa menjadi pilihan yang lebih baik daripada gula putih. Gula merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dan dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan lebih baik.

3 dari 4 halaman

3. Teh daun salam kayu manis

Untuk membuat minuman penurun gula darah yang sederhana dan efektif, mulailah dengan merebus 4 lembar daun salam, 1 batang kayu manis, dan 2 butir cengkeh dalam 400 ml air. Rebus campuran ini hingga mendidih, dan biarkan mendidih selama 2-3 menit.

Proses ini akan mengeluarkan aroma harum dari rempah-rempah. Setelah itu, angkat panci dari kompor dan saring rebusan rempah-rempah ke dalam wadah atau gelas untuk menghilangkan potongan-potongan rempah yang tidak diinginkan.

Setelah minuman disaring, Anda dapat menambahkan madu secukupnya untuk memberikan rasa manis yang alami. Madu merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan gula putih, karena mengandung nutrisi tambahan dan memiliki efek yang lebih lembut pada kadar gula darah. Namun, jika Anda lebih suka, Anda juga dapat menambahkan gula sedikit saja.

Minuman ini tidak hanya berfungsi sebagai penurun gula darah berkat kandungan kayu manis yang dikenal bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah, tetapi juga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. 

4 dari 4 halaman

4. Jahe kayu manis cengkeh

Untuk menyiapkan minuman sehat ini, mulailah dengan mencuci bersih semua bahan yang akan digunakan. Iris tipis jahe dan serai untuk memudahkan ekstraksi rasa. Rebus 500 ml air dalam panci hingga mendidih.

Setelah air mendidih, masukkan irisan jahe, kayu manis, cengkeh, daun salam, dan serai ke dalam panci. Masak campuran ini selama 5-6 menit untuk memastikan semua aroma dan manfaat dari bahan-bahan tersebut keluar ke dalam air.

Setelah proses memasak selesai, matikan api dan biarkan minuman tersebut hingga tidak terlalu panas. Saring campuran rempah-rempah dan jahe dari air rebusan ke dalam gelas atau wadah.

Terakhir, tambahkan madu secukupnya sesuai selera Anda untuk memberikan rasa manis alami. Madu tidak hanya meningkatkan rasa tetapi juga menawarkan manfaat kesehatan tambahan.

Minuman ini sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai bagian dari rutinitas harian Anda, terutama bagi mereka yang mencari cara alami untuk mendukung kesehatan tubuh dan mengelola kadar gula darah. 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.