Sukses

Kenali Glimmer, Istilah untuk Momen Kebahagiaan dan Perbedaannya dari Trigger

Bisa dikatakan glimmer merupakan momen kecil kegembiraan yang dapat membawa cahaya bahkan pada hari-hari yang paling gelap sekalipun.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah kesibukan dan rasanya waktu yang begitu padat setiap harinya, terkadang kita sedikit lupa tentang momen-momen kecil yang sebenarnya membuat kita nyaman. Sesederhana bisa melihat kilauan cahaya matahari, menyesap secangkir kopi yang nikmat, dan juga bermain bersama hewan peliharaan yang bisa membuat kebahagiaan tersendiri. 

Jika pernah mengalaminya, mungkin inilah glimmer yang Anda dimiliki. Ingin tahu lebih jauh tentang glimmer dan bagaimana hal ini bisa dirasakan sehari-hari dalam kehidupan? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Dilansir dari Very Well Mind, Senin (16/9/2024), bisa dikatakan glimmer (kilauan) berbeda dari trigger atau pemicu masalah kesehatan mental yang mungkin dirasakan oleh seseorang. Di mana glimmer adalah semacam isyarat, baik internal maupun eksternal yang membawa seseorang kembali pada rasa gembira atau aman.

Di dunia kita yang terlalu terstimulasi, glimmer dapat menjadi jawaban untuk mengatur nervous system kita yang kewalahan. Nah, konsep glimmer adalah bagian dari teori Polyvagal.

Dicetuskan oleh behavioral neuroscientist bernama Stephen Porges dan diperkenalkan pada tahun 1995, teori ini menjelaskan bagaimana autonomic nervous system kita (yang mengendalikan tindakan tidak sadar (involuntary actions) seperti bernapas) mencari dan membaca isyarat untuk menentukan apakah isyarat tersebut berbahaya.

Proses ini disebut neuroception, dan vagus nerve, yang mengatur fungsi organ, bertanggung jawab untuk itu.

Namun, istilah glimmer diperkenalkan pada tahun 2018 dalam buku The Polyvagal Theory in Therapy: Engaging the Rhythm of Regulation oleh pekerja sosial klinis berlisensi Deb Dana. Kemudian hal ini dipopulerkan oleh video TikTok yang viral pada bulan Februari 2022 oleh psikolog Dr. Justine Grosso, dalam sebuah video.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Contoh Glimmer dalam Kehidupan Sehari-hari

Masih bingung tentang glimmer dan seperti apa contohnya dalam kehidupan sehari-hari? Tidak usah khawatir dan cemas! 

Nah, apalagi jika Anda masih kesulitan dalam mengindentifikasi apa saja glimmer yang dialami. Bisa jadi Anda sendiri sudah melakukan beberapa di antaranya tapi tidak menyadari hal tersebut.

Berikut ini beberapa glimmer yang sering dibahas secara umum:

  • Merasakan hangatnya sinar matahari
  • Merasakan udara laut yang dingin dan sedikit asin
  • Bau rumput yang dipotong
  • Melihat pelangi selepas hujan
  • Sinar matahari yang berkilauan di atas air
  • Mencium aroma lavender atau aroma lain yang menenangkan
  • Mengelus anjing atau kucing
  • Berada di alam
  • Bertemu orang asing yang tersenyum kepada Anda di depan umum
  • Secangkir kopi yang hangat dan sempurna
3 dari 5 halaman

Memahami Trigger dengan Glimmer

Mari kita lihat apa yang menyebabkan trigger dan apa yang menyebabkan glimmer seperti di bawah ini:

Saat Anda di Posisi Trigger

Saat otak terpicu, ia mengaitkan peristiwa traumatis masa lalu seolah-olah sedang terjadi saat ini, yang menyebabkan otak dan tubuh berada dalam kondisi siaga tinggi. Gejala seperti detak jantung cepat mungkin terjadi di dalam tubuh saat respons fight-or-flight terjadi.

Respons ini membantu tubuh bersiap menghadapi bahaya fisik—berguna saat Anda dikejar harimau. Namun kurang bermanfaat saat Anda dikejar oleh ingatan Anda sendiri.

Saat Anda berada dalam kondisi itu, sympathetic nervous system Anda, yang mengatur respons tubuh terhadap situasi yang menegangkan kemudian diaktifkan. Ini yang meningkatkan detak jantung, dan tekanan darah, serta memompa adrenalin ekstra untuk mempersiapkan Anda menghadapi bahaya.

Jika sistem ini diaktifkan terlalu sering, atau terlalu lama, sistem ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi kronis dan insomnia.

Saat Anda di Posisi Glimmer

Tujuannya adalah untuk mencapai "puncak" tangga—kondisi ventral vagal, yang terhubung dengan keterlibatan sosial dan keamanan. Kondisi ini mengaktifkan parasympathetic nervous system (juga dikenal sebagai rest-and-digest) dan menempatkan tubuh dalam homeostasis.

Lebih banyak waktu dalam kondisi parasympathetic nervous system yang aktif dapat mengurangi risiko penyakit.

4 dari 5 halaman

Cara Kerja Glimmer

Istilah "glimmer" dipopulerkan oleh Deb Dana, LCSW. trigger adalah isyarat—akurat atau tidak—yang menggerakkan tubuh ke dalam kondisi fight-or-flight atau freeze. Glimmers juga merupakan isyarat—tetapi isyarat tersebut adalah isyarat yang menggerakkan tubuh ke dalam perasaan aman dan terhubung serta ke dalam kondisi ventral vagal.

Meskipun sebagian besar aktivitas pada Polyvagal ladder bersifat tidak sadar, Anda dapat mengatur posisi Anda pada tangga tersebut.

Misalnya, sesuatu seperti bernapas dalam-dalam dapat menggerakkan Anda dari fight-or-flight ke kondisi ventral vagal dan mulai menurunkan regulasi Anda.

Namun, jika Anda berada dalam kondisi dorsal (frozen), Anda perlu terlebih dahulu dipindahkan ke kondisi fight-or-flight sebelum pindah ke kondisi ventral vagal.

Cara Menemukan Lebih Banyak Glimmer

Anda mungkin dapat mengidentifikasi trigger dalam hidup Anda dengan relatif cepat. Akan tetapi, glimmer tersebut mungkin lebih sulit diakses.

Oleh karenanya, akan sangat membantu jika Anda berlatih kesadaran penuh atau melakukan semacam aktivitas grounding sebelum mencoba menemukan glimmer tersebut.

Sama seperti trigger yang dapat bersifat internal dan eksternal—mulai dari pikiran tentang situasi traumatis yang muncul secara spontan hingga lagu yang memicu perasaan intens yang terkait dengan suatu situasi—glimmer juga dapat bersifat internal. Faktanya, trigger bagi satu orang mungkin merupakan glimmer bagi orang lain.

5 dari 5 halaman

Mengenali Glimmer yang Anda Miliki

Mencatat perasaan Anda dapat membantu, sama seperti Anda melacak trigger atau pikiran negatif lainnya. Anda dapat melakukannya di jurnal atau di aplikasi catatan di ponsel Anda. Jika Anda butuh bantuan untuk mulai mengenalinya, cobalah latihan berikut:

  • Tutup mata Anda dan bayangkan saat yang damai

Ini bisa berupa tempat yang pernah Anda kunjungi, tempat yang hanya Anda lihat dalam gambar, atau tempat yang hanya Anda lihat dalam imajinasi Anda. Anda mungkin ingin menghabiskan waktu di sana, memiliki gambarnya yang siap sedia, atau membuat gambarnya sendiri.

  • Pikirkan apa yang membuat aman dan diperhatikan saat masih kecil

Jika ada cara untuk mengaksesnya saat dewasa. Jika Anda tidak merasa aman dan diperhatikan saat masih kecil, pikirkan apa yang dapat Anda lakukan yang Anda harapkan saat itu.

Apakah ada seseorang yang dapat memeluk Anda atau dapatkah Anda memberikan sensasi pelukan itu kepada diri sendiri dengan memeluk diri sendiri atau meringkuk di bawah selimut?

  • Pikirkan orang yang Anda cintai

Bayangkan seseorang yang membuat Anda benar-benar rileks dan menjadi diri sendiri. Jika tidak, bayangkan bagaimana rasanya memiliki seseorang seperti itu dalam hidup Anda.

Jika itu seseorang yang Anda kenal, habiskan waktu bersama mereka jika Anda bisa atau hubungi mereka. Kalau itu bukan seseorang yang Anda kenal, tonton film atau dengarkan lagu yang mengingatkan Anda pada seseorang dengan karakteristik ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.