Sukses

Studi: Orang yang Suka Berkebun Mungkin Memiliki Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Aktivitas fisik di luar ruangan di halaman rumah Anda pada siang hari dapat mengurangi gangguan tidur di malam hari.

Liputan6.com, Jakarta Siapa di sini yang mempunyai hobi berkebun? Mereka yang suka berkebun tahu bahwa aktivitas yang satu ini bukan hanya cara untuk menikmati bunga segar dan hasil sayuran yang ditanam di rumah, tetapi juga hobi yang menyenangkan dan menenangkan yang dapat membantu Anda lebih menikmati momen tertentu.

Melansir dari Real Simple, Senin (16/9/2024) untuk menambah daftar manfaatnya, temuan dari penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Affective Disorders menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan waktu berkebun di luar ruangan mungkin memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

"Kita tahu bahwa tidur yang cukup adalah salah satu dari tiga pilar gaya hidup sehat bersama dengan nutrisi dan olahraga," kata Dr. Fariha Abbasi-Feinberg, M.D., sleep specialist dan juru bicara American Academy of Sleep Medicine (AASM). "Kurang tidur berkontribusi terhadap risiko masalah medis kronis lainnya."

Ketika kita tidak cukup tidur, kita dapat mengalami peningkatan depresi, kecemasan, masalah ingatan, dan tubuh kita lebih rentan sakit. Jadi bisa dikatakan bahwa mendapatkan tidur yang cukup setiap malam penting untuk memungkinkan otak dan tubuh Anda mengisi ulang tenaga dan membantu mengatur metabolisme dan sistem kekebalan tubuh Anda.

Kebersihan tidur yang baik juga dapat membantu mengurangi nyeri kronis dan risiko kanker.

Lalu, bagaimana hubungannya berkebun dengan meningkatkan kualitas tidur? Penasaran jawabannya? Simak penjelasannya lebih lengkap di bawah ini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Temuan Studi dari Hal Itu

Studi nasional tersebut melibatkan hampir 60.000 peserta dari Behavioral Risk Factor Surveillance System (BRFSS) pada tahun 2017, yang menunjukkan bahwa mereka yang berkebun secara teratur memiliki "peluang lebih rendah untuk mengalami berbagai keluhan tidur" seperti durasi tidur yang pendek, sleep apnea, insomnia, dan bahkan kelesuan di sore hari yang dapat membuat Anda lelah dan lesu di siang hari.

"Sebagai dokter tidur dan tukang kebun yang rajin, saya menemukan kegembiraan dalam gagasan bahwa berkebun bermanfaat bagi tidur," katanya.

"Namun, meskipun secara positif dibandingkan dengan tidak berolahraga, data yang saya miliki tidak memiliki cukup detail untuk mengukur kemanjurannya terhadap bentuk aktivitas fisik lainnya. Hal ini sebenarnya menimbulkan lebih banyak pertanyaan, apakah hasilnya disebabkan oleh berada di alam terbuka dibandingkan dengan berhubungan dengan tanah dan tanaman atau aktivitas fisik berkebun."

Apa pun itu, satu hal yang jelas—berada di luar ruangan dan merawat tanaman Anda selalu merupakan ide yang bagus.

3 dari 4 halaman

Apa Hubungan Antara Berkebun dan Tidur?

"Kami memahami bahwa paparan cahaya dan melakukan aktivitas fisik di siang hari dapat meningkatkan kualitas tidur," kata Abbasi-Feinberg. "Oleh karena itu, berkebun dapat bermanfaat untuk tidur. Beberapa penelitian mencatat hubungan yang signifikan antara ruang hijau dan durasi tidur. Penelitian lain menunjukkan manfaat berkebun bagi kesehatan mental dan perbaikan gejala demensia."

Namun, bagaimana dengan berada di luar ruangan saat Anda tidak berkebun?

"Penelitian ini tampaknya menunjukkan bahwa beraktivitas fisik dan berada di alam terbuka dapat membantu kesehatan tidur secara keseluruhan," kata Abbasi-Feinberg.

Meskipun Anda belum menjadi tukang kebun biasa, Anda tetap dapat menikmati manfaat berada di alam terbuka dan mungkin mendapatkan tidur yang lebih baik. Ada banyak manfaat kesehatan dari menghabiskan waktu di alam, yang dapat membantu kita mengurangi stres, bersantai, meningkatkan konsentrasi, dan menjadi lebih hadir.

Selain itu, berada di alam terbuka mendorong Anda untuk lebih aktif secara fisik, cukup dengan berjalan-jalan dan menjelajahi lingkungan sekitar.

4 dari 4 halaman

Panduan Berkebun untuk Memelihara Tidur Anda

Ingin menanam meningkatkan dengan berkebun? Berikut beberapa kiat untuk membantu Anda memulai seperti yang sudah kami himpun dari Earth.com, antara lain:

  • Pilih tanaman yang tepat untuk ditanam

Anda bisa mencari tanaman yang berbau harum seperti lavender, kamomil, atau melati, yang dikenal karena khasiatnya yang menenangkan.

  • Ciptakan suasana yang begitu sensorik

Gabungkan elemen yang melibatkan semua indra, seperti lonceng angin, pencahayaan lembut, dan tempat duduk yang nyaman supaya betah di sana.

  • Berkebun dengan penuh kesadaran

Fokus pada saat ini, perhatikan nuansa tanah, aroma bunga, dan suara alam.

  • Buat jurnal khusus berkebun

Catat pengamatan, pikiran, dan perasaan Anda, yang memungkinkan Anda untuk merenung dan menghilangkan stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.